PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA K13 KELAS 9 SMP REVISI 2021/2022

Sebelumnya saya telah membagikan beberapa jenis perangkat pembelajaran untuk semua mata pelajaran mulai dari kelas 7, kelas 8 hingga kelas 9 SMP. Perangkat pembelajaran tersebut telah terintegrasi dengan pedoman yang di tetapkan pada kurikulum 2013.
Kembali lagi pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang perangkat pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas 9 SMP versi kurikulum 2013 revisi terbaru.

Perangkat pembelajaran yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini antara lain berupa silabus, rencana pelaksaan pembelajaran (RPP), program tahunan (PROTA),program semester (PROSEM) dan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ke lima jenis perangkat pembelajaran ini sangat di butuhkan dan sangat banyak di cari oleh para pendidik dalam mempersiapkan perangkat pembelajarannya di sekolah.

Silabus merupakan perangkat yang paling penting dalam perangkat pembelajaran karena silabus merupakan sumber yang di jadikan sebagai pedoman dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp, sedangkan rpp merupakan rencana yang akan di tempuh saat melakukan kegiatan pembelajaran yang mana di dalam rpp telah terdapat beberapa rencana kegiatan mulai dari materi yang akan di ajarakan, tujuan yang harus di hasilkan,metode yang akan di gunakan serta sumber belajar dan teknik penilaian yang akan di gunakan dalam kegiatan pembelajaran nantinya.

Program tahunan dan program semester juga merupakan suatu perangkat yang wajib di buat oleh seorang guru sebab dengan membuat program tersebut maka seorang guru dapat mengetahui alokasi waktu yang akan digunakan serta materi yang akan di ajarkan selama 1 tahun atau 2 semester.
Selain itu kriteria ketuntasan minimal juga sangat penting bagi masing-masing guru mata pelajaran agar dapat mengetahui batas kemampuan siswa dan kelengkapan sarana yang menjadi pedoman dalam memberikan batasan nilai sebagai penentu siswa dalam memperoleh pencapaian hasil belajarnya.
Pada kurikulum 2013 terdapat beberapa perbedaan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum sebelumnya, bahkan saat ini bisa dikatakan bahwa kurikulum 2013 kini sudah dapat dikatakan sebagai kurikulum nasional karena hampir semua sekolah yang ada di seluruh wilayah Indonesia sudah menerapkan dan menggunakan kurikulum 2013.

Ada 5 jenis perangkat pembelajaran yang akan saya share pada postingan ini yaitu berupa SILABUS, RPP, PROTA, PROSEM dan KKM. Ke lima jenis peangkat tersebut dapat anda miliki di bawah ini :

  • Silabus Bhs. Indinonesia kelas 9 (disini
  • RPP Bhs. Indonesia kelas 9 semester 1 (disini)
  • RPP Bhs. Indonesia kelas 9 semester 2 (disini)
  • PROTA Bhs. Indonesia kelas 9 (disini)
  • PROMES Bhs. Indonesia kelas 9 (disini)
  • KKM Bhs. Indonesia kelas 9 (disini)
Demikianlah jenis perangkat pembelajaran untuk mapel bahasa indonesia kelas 9 yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah saya bagikan pada postingan ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.
Salam pendidikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel