-->

KKM K13 BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP REVISI TERBARU

KKM atau yang di sebut sebagai kriteria ketuntasan minimal adalah salah satu faktor penentu yang dapat menjadi alat ukur untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam melakukan kegiatn pembelajaran dalam waktu tertentu.
Pada artikel saya kali ini kembali saya akan membagikan perangkat pembelajaran KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP kurikulum 3013.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi dasar dalam menentukan ketuntasan seorang peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajarannya yang di sajikan dalam sebuah nilai .

KKM di tentukan dengan melihat beberapa aspek penilaian diantaranya kompleksitas, daya dukung dan intake. Penilaian Kompleksitas di lihat dari tingkat kesukaran materi pada setiap kompetensi dasar, daya dukung meliputi penilaian keadaan dan kelenkapan sarana dan prasarana yang di miliki oleh suatu satuan pendidikan, sedangkan penilaian intake yaitu meliputi penilaian kemampuan yang di miliki oleh peserta didik dalam memecahkan masalah yang di pelajari di sekolah.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) biasanya di tetapkan pada awal tahun pelajaran. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) di tetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah setiap guru mata pelajaran.
KKM dinyatakan dalam sebuah angka yang biasanya di tulis dalam suatu bilangan bulat dengan rentang antara 0 - 100.
Dalam buku laporan hasil belajar siswa tentunya kita akan melihat nilai KKM yang merupakan nilai batas dari setiap mata pelajaran, apabila seorang peserta didik memiliki nilai di bawah dari kkm yang telah di tetapkan maka peserta didik tersebut dinyatakan belum berhasil dan perlu perbaikan.

Nilai KKM dapat di jadikan sebagai persentase tingkat pencapaian kompetensi sesuai dengan target yang di harapkan oleh satuan pendidikan khusunya guru mata pelajaran.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan suatu acuan bersama yaitu antara guru dalam hal ini sebagai pendidik, peserta didik (siswa) dan juga orang tua/wali peserta didik.
seluruh pihak yang terlibat dalam hal tersebut memiliki hak dalam memperoleh informasi mengenai nilai kkm yang di tetapkan khususnya peserta didik dan orang tua peserta didik yang memperoleh hasil laporan hasil belajar sehingga dapat menjadi gambaran dalam usaha untuk mencapai hasil kkm yang telah di tetapkan.
dimana Pada kesempatan kali ini  saya akan membagikan file perangkat pembelajaran kkm Bahasa Indonesia k13 kelas 9 SMP. File ini akan saya bagikan secara gratis, dan berikut ini filenya.

  • KKM bahasa indonesia kelas 9 (disini)
Demikianlah perangkat pembelajaran kkm Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 yang dapat saya bagikan. kiranya dapat di gunakan dengan sebaik-baiknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel