-->

CARA CEK DAN MELIHAT DAFTAR NAMA PENERIMA PIP SMP TAHUN 2020

Kherysuryawan.id - langkah-langkah mengecek nama penerima bantuan PIP terbaru Tahun 2020.
PIP Merupakan suatu program pemerintah yang di beri nama Program Indonesia pintar yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa atau peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Untuk bias mendapatkan bantuan PIP bagi siswa jenjang SMP maka syarat utamanya adalah harus memiliki kartu KIP atau sering di sebut sebagai kartu Indonesia pintar. Dengan memiliki kartu KIP maka peserta didik akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai yang di berikan oleh pemerintah dan di salurkan kepada peserta didik yang kurang mampu dengan syarat harus memiliki kartu KIP.
Uang tunai yang diberikan tersebut di salurkan melalui bank yang telah di tetapkan dan hanya dapat di ambil oleh peserta didik yang bersangkutan atau boleh di ambil atau di wakilkan oleh pihak sekolah secara kolektif apabila tempat dan jarak Bank dari tempat asal di rasa sangat jauh dan merepotkan.
Jumlah uang yang di berikan oleh masing-masing penerima bantuan PIP jenjang SMP adalah sebesar Rp. 375.000 per semester atau sebesar Rp. 750.000 selama satu tahun. Uang tersebut di gunakan untuk dapat membantu peserta didik dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya seperti membeli alat tulis berupa buku, polpen, atau membeli seragam sekolah serta berbagai kelengkapan sekolah yang berhubungan dengan keperluan sekolah.

Di setiap satuan pendidikan khususnya pada jenjang SMP, tentunya kepala sekoalah akan menunjuk salah seorang pegawainya untuk menangani urusan yang berhubungan dengan penerimaan bantuan PIP. Biasanya hal ini di tangani oleh operator sekolah ataupun bendahara sekolah.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya untuk dapat mengetahui nama-nama daftar penerima bantuan PIP SMP hanya dapat dilakukan secara manual dengan melihat daftar nama penerima bantuan PIP yang di keluarkan oleh pihak dinas kabupaten atau provinsi, maka pada tahun 2019 ini cara untuk melihat daftar nama-nama penerima PIP SMP dapat dilakukan langsung secara online sehingga pihak sekolah dapat memantaunya dengan mudah di setiap saat.

Pada postingan artikel saya kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengecek atau melihat atau cara untuk mengetahui daftar nama-nama penerima bantuan PIP SMP secara online. Oleh sebab itu berikut ini penjelasannya yang akan saya jabarkan secara lengkap dan mendetail serta di tampilkan dengan bentk gambar agar mudah untuk di pahami.

Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
Kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah ini
Agar bisa login silahkan simak keterangan berikut:
1. isi kolom “username” menggunakan nomor NPSN sekolah anda
2. isi “password” menggunakan nomor registrasi aplikasi dapodik sekolah anda
3. jika semua kolom telah diisi lanjutkan dengan mengklik “sign in
Setelah berhasil login maka akan tampil menu dashboard seperti pada gambar di bawah ini
Untuk melakukan pengecekkan silahkan klik tulisan “siswa” seperti pada gambar yang saya lingkari pada tanda panah di atas, sehingga akan tampil seperti pada gambar berikut
Nah kini saatnya anda mengecek nama-nama siswa penerima bantuan PIP.
Untuk penjelasan pengisiannya berikut keterangannya.
1. pada kolom “Tahun” silahkan pilih tahun sesuai dengan tahun yang ingin kita gunakan untuk melakukan pengecekkan
2. pada kolom “Tahap” silahkan isi sesuai tahap pencairan PIP yang anda ingin cek
3. pada kolom “Status Pencairan” silahkan pilih sesuai status yang anda inginkan, dalam hal ini ada 3 jenis status yaitu : Cair, Belum Cair, atau Semua( data yang sudah cair dan yang belum cair)
Jika semua kolom telah diisi sesuai pilihan, maka untuk melihat hasil datanya silahkan klik tulisan “search” seperti pada gambar di bawah ini
Berikut ini contoh tampilan nama-nama siswa yang telah berhasil di cek ( data sengaja saya samarkan)
Untuk mengunduh atau mendownload daftar nama-nama penerima bantuan PIP SMP tersebut, maka silahkan anda klik tulisan download seperti pada gambar di bawah ini :
Apabila anda ingin mengetahui cara dan syarat untuk bisa mencairkan bantuan PIP dengan mudah secara mandiri ataupun secara kolektif, maka silahkan baca tutorial dan penjelasannya DISINI
Demikianlah penjelasan menganai cara mengetahui daftar nama-nama penerima bantuan PIP SMP tahun 2019, semoga artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel