-->

12 Langkah – Langkah Pembuatan LKPD Pada Pembelajaran K13

Jika anda berprofesi sebagai seorang guru tentunya anda pernah mendengar tentang LKPD atau yang sering di sebut dengan lembar kerja peserta didik. LKPD merupakan salah satu media yang sangat penting dalam pembelajaran kurikulum 2013.

Pada kurikulum 2013 ada banyak media pembelajaran yang dapat di manfaatkan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah media LKPD yang dapat membuat peserta didik menjadi aktif dalam bekerja sama dan lebih memacu kreatifitas peserta didik dalam memecahkan masalah yang terdapat di dalam Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) tersebut.


Pada artikel saya sebelumya saya telah membagikan postingan mengenai manfaat yang dapat di peroleh bagi guru dan bagi peserta didik dalam menggunakan LKPD dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pada artikel saya kali ini saya akan kembali membahas mengenai langkah-langkah yang harus di terapkan dalam pembuatan atau penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ).

Mengapa LKPD itu penting ????
Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) sangat penting sebab dengan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) maka pembelajaran dapat menjadi lebih efisien. Selain itu pembelajaran menjadi lebih terpusat kepada siswa sehingga guru dalam hal ini hanya sebagai fasilitator dan motivator dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.

Dalam membuat LKPD seorang guru harus mengetahui langkah-langkah yang tepat sehingga LKPD benar-benar berfungsi dengan baik bagi peserta didik.

Berikut ini langkah – langkah yang dapat di terapkan dalam pembuatan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )

1.   Pertama-tama anda harus terlebih dahulu menyiapkan judul yang akan di tulis pada LKPD tersebut, judul yang di ambil harus sesuai dengan materi pokok yang akan di ajarkan pada pembelajaran nantinya.

2.   Menuliskan kompetensi dasar yang akan di capai pada pembelajaran tersebut pada LKPD ( memuat kompetensi dasar pengetahuan dan kompetensi dasar keterampilan )

3.   Menuliskan indikator pencampaian kompetensi ( IPK ), dimana indikator yang di tulis akan lebih baik jika memuat 2 indikator pencapaian kompetensi pada masing-masing KD ( kompetensi dasar )

4.   Menuliskan tujuan pembelajaran yang harus di capai oleh peserta didik dalam pembelajaran dengan media LKPD.
Untuk tujuan pembelajaran harus memuat aspek ABCD ( audience, behavior, condition dan degree ).
Jika anda masih belum memahami tentang cara membuat dan menentukan tujuan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan kurikulum 2013 maka silahkan anda kunjungi postingan yang membahas hal tersebut pada postingan saya sebelumnya, sebab di dalam blog ini saya telah banyak membahas mengenai cara menentukan tujuan pembelajaran yang memuat unsur ABCD beserta contoh-contoh penerapannya dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP).

5.   Menuliskan waktu penyelesaian LKPD.
Tujuannya adalah agar LKPD yang di kerjakan dapat sesuai dengan waktu yang telah di tentukan sehingga peserta didik dapat benar-benar memaksimalkan waktu yang telah di tetapkan.

6.   Menentukan Teknik penilaian yang akan di gunakan dalam proses pengerjaan lembar kerja peserta didik (LKPD).

7.   Menuliskan petunjuk penggunaan LKPD.
Tujuannya agar peserta didik dapat memhami cara menggunakan dan mengerjakan kegiatan yang ada di dalam lember kerja peserta didik tersebut.

8.   Menentukan alat dan bahan yang akan di gunakan dalam penyelesaian LKPD.
Tujuannya adalah membantu peserta didik dalam mempersiapkan alat dan bahan sehingga semua peralatan yang di butuhkan dalam pengerjaan LKPD nantinya dapat terlengkapi dengan baik sehingga proses pengerjaan LKPD dapat lebih efektif.

9.   Menuliskan langkah-langkah kegiatan yang akan di kerjakan pada LKPD.
Biasanya di dalam LKPD akan memuat atau berisikan beberapa kegiatan yang harus di selesaikan oleh peserta didik sesuai dengan materi yang di pelajari pada saat itu dan di selesaikan sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan.
Langkah – langkah kegiatan yang harus di susun di dalam LKPD yang akan di buat harus jelas, sebab kegiatan di dalam LKPD tersebut merupakan kunci atau kegiatan inti dalam pembelajaran menggunakan media LKPD.
Di dalam langkah-langkah kegiatan LKPD siswa harus di bimbing agar pembelajaran benar-benar berlangsung dengan baik dan di harapkan peserta didik dapat memecahkan masalah dengan kerja keras dan saling bekerja sama dengan baik.

10. Mempersiapkan waktu untuk mempersentasikan pengerjaan LKPD bagi tiap-tiap kelompok.

11. Memberikan kesempatan kepada peserta ddidik untuk menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah berlangsung.

12. Guru memberikan penguatan berupa umpan balik sehingga tujuan pembelajaran dapat benar-benar tercapai.

Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat di terapkan dalam pembuatan LKPD, apabila anda dapat membuat Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan baik maka keberhasilan peserta didik dalam menggunakannya juga akan lebih baik.
Semoga postingan yang dapat saya sajikan pada artikel kali ini dapat menambah wawasan kita Bersama khususnya dalam memajukan Pendidikan yang lebih berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel