-->

CARA MEMBUAT TANDA $ ( DOLAR ) DI EXEL DENGAN MUDAH

Bagi anda yang sering bergelut dengan data yang berupa angka-angka di dalam computer pastinya kenal dengan yang namanya Microsoft office exel. Untuk menginput data dalam bentuk nilai atau angka maka exel merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam pekerjaan tersebut.

Artikel kali ini saya akan membahas mengenai salah satu permasalahan yang sering di alami oleh seorang pendidik dalam tugasnya menginput nilai para peserta didiknya. Apalagi ketika peserta didik sudah memasuki tahapan ulangan atau semester maka guru memiliki pekerjaan yang cukup berat dalam mengolah data nilai peserta didiknya.



Sebelum saya memposting artikel ini saya memiiki sebuah pengalaman yang pada akhirnya dari pengalaman tersebutlah yang membuat keputusan untuk membuat artikel ini dengan maksud agar jika suatu saat saya lupa dengan rumus yang saya gunakan di exel tersebut maka saya dapat melihat arsip di blog ini, selain itu melalui postingan ini juga saya ingin berbagi pengalaman agar kiranya ada seseorang yang mengalami kasus yang sama dengan yang saya alami ini maka ia dapat memperoleh solusinya melalui artikel ini.

Pengalaman yang saya alami ketika itu adalah dimana pada saat mendekati penerimaan raport saya sering kelelahan dalam menentukan peringkat peserta didik. Meskipun pada pembelajaran kurikulum 2013 sudah tidak ada lagi pemberian peringkat kepada peserta didik namun kita sebagai guru atau wali kelas dapat membuatnya sendiri dengan cara menentukan nilai rata-rata tertinggi hingga terendah dan dari data tersebut maka kita dapat menentukan hasil peringkat masing-masing yang akan di peroleh peserta didik.

Awalnya untuk mendapatkan hasil peringkat saya harus membuatnya secara manual tanpa bantuan Microsoft office exel, sehingga cara satu-satunya adalah dengan cara mengurutkan satu persatu dari jumlah nilai yang di peroleh masing-masing peserta didik mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar dan dari cara tersebutlah maka kita dapat menentukan hasil peringkat dari masing-masing peserta didik .
Setelah saya mencoba membuka-buka informasi melalui google ternyata ada cara yang sangat mudah dalam menentukan peringkat kelas tanpa harus mencari dan mengurutkan satu persatu seperti cara manual yang saya telah jelaskan di atas.

Jika anda ingin mudah dalam melakukan persoalan seperti pada cerita saya di atas maka anda dapat menggunakan bantuan Microsoft office exel.
Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bahwa jika anda ingin membuat daftar peringkat menggunakan bantuan Microsoft office exel maka anda harus paham dengan rumus-rumus yang akan di gunakan.
Dalam menentukan peringkat salah satu rumus yang di gunakan harus memuat symbol dolar ( $ ) sehingga mau tidak mau anda harus mengetahui bagaimana cara membuat tanda  symbol dolar ( $ ) tersebut di dalam exel.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat symbol dolar ( $ ) di Microsoft office exel. Cara yang akan saya berikan ini merupakan cara yang sangat mudah namun sering di lupakan oleh banyak orang dalam penerapannya.
Baiklah berikut ini saya akan menjelaskan cara membuat symbol dolar ( $ ) di Microsoft office exel.
Sebagai contohnya saya akan sajikan dalam bentuk gambar dan tulisan agar dapat dengan mudah untuk di pahami.
1.   Silahkan anda buka Microsoft office exel.
2.   Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini
3.   Pada gambar di atas agar tulisan pada cell “C3” dapat berubah dan memiliki symbol dolar maka cukup dengan anda tambahkan dengan mengklik F4 setelah anda menuliskan “C3” tersebut, sehingga akan menghasilkan bentuk seperti pada gambar di bawah ini
Ternyata untuk bisa menambahkan symbol dolar ( $ ) di Microsoft office exel sangatlah mudah namun terkadang kita enggan untuk mencari tahu bagaimana caranya, dan semoga melalui postingan ini bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara membuat symbol dolar ( $ ) di Microsoft office exel kiranya postingan ini dapat bermanfaat.
Apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya yang tak kalah menarik berupa postingan tutorial,office,pendidikan dan lain sebagainya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu maka silahkan anda kunjungi blog kherysuryawan.id sebab di dalam blog tersebut saya telah banyak membagikan artikel-artikel yang kiranya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel