15 Tips Menjadi Bendahara Bos Agar Profesional

Menjadi seorang yang di beri jabatan sebagai bendahara bos memanglah tidak mudah, karena harus bergelut dengan tantangan yang berat apalagi hampir setiap saat harus berhadapan dengan persoalan dana yang terkadang acap kali berdampak buruk apabila di salah gunakan.
Tugas menjadi seorang bendahara memang sangat lekat dengan cibiran yang negative dan hal itu dapat menjadi kenyataan apabila anda tidak melakukan tugas sebagai seorang bendahara dengan benar.
Tugas sebagai bendahara banyak di minati oleh sebagian orang namun apabila pekerjaan tersebut di salah gunakan maka tentunya juga akan berdampak buruk terhadap diri kita sendiri.


Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips yang kiranya tips ini dapat menjadikan anda sebagai seorang bendahara yang profesional di bidang perbendaharaan sehingga anda dapat melakukan pekerjaan ini dengan penuh kesadaran diri dan penuh tanggung jawab.

Ada 15 tips yang dapat saya berikan pada kesempatan ini, dan untuk mengetahuimya silahkan anda simak pada penjabaran tips untuk menjadi seorang bendahara yang professional di bawah ini :

1.   Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum beraktivitas, Dalam setiap melakukan aktivitas selalulah ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar apa yang akan anda kerjakan dapat di ridhoi dan di berkati.
2.   Lakukan pekerjaan sebagai bendahara bos dengan ikhlas, apabila anda bekerja dengan penuh keikhlasan maka apapun yang akan anda kerjakan pastinya akan menghasilkan kepuasan tersendiri dalam hidup anda.
3.   Perdalam pengetahuan anda tentang penggunaan Microsoft office exel, sebab dalam melakukan tugas sebagai bendahara maka mau tidak mau harus mahir dalam menjalankan Microsoft office exel untuk tujuan penginputan data yang berhubungan dengan angka-angka dan rupiah.
4.   Berusahalah untuk jujur dalam melakukan tugas yang mulia ini, sebab jika anda berlaku jujur maka nama baik anda akan terus terjaga dan kelak anda akan menjadi orang yang dapat di percaya dalam segala hal
5.   Jangan sombong, sebagai seorang bendahara hendaklah selalu rendah hati dan tidak sombong agar anda benar-benar dapat menjadi orang yang dapat melayani siapapun dengan sikap rendah hati.
6.   Teliti dan tekun. Jadilah pribadi yang teliti dan tekun karena Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menanggulangi atau mencegah jangan sampai anda salah dalam menghitung keuangan sekolah yang akhirnya akan merugikan diri kita sendiri.
7.   Buatlah rincian pengeluaran dana sesuai dengan data yang sebenarnya, dengan melakukan penginputan sesuai dengan data yang sebenarnya maka akan menjauhkan anda dari sikap korupsi yang hanya dapat merugikan negara dan diri sendiri sebab jika anda ketahuan memanipulasi data keuangan maka tentunya anda juga akan tersandung masalah di kemudian hari
8.   Sabar dalam mengemban tugas sebagai seorang bendahara. Menjadi bendahara BOS adalah salah satu jabatan yang sangat enak bagi sebagian orang namun juga akan menjadi sangat tidak enak bagi mereka yang tidak menyukai pekerjaan ini. Sabar merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal, apabila hal itu dapat di terapkan ketika anda menjadi seorang bendahara bos maka anda akan senang dalam menjalani tugas ini.
9.   Disiplin, jadilah pribadi yang disiplin dalam melakukan tugas sebagai bendahara bos agar anda dapat mengatur pekerjaan dengan baik.
10.   Loyal kepada atasan, dalam hal ini mau tidak mau anda harus loyal kepada pimpinan atau atasan anda agar anda punya kepercayaan yang baik namun loyal dalam hal ini adalah tunduk sesuai dengan aturan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Apabila atasan anda menyuruh anda untuk melakukan hal yang sifatnya menyalahi aturan maka anda juga berhak untuk menolak suruhan tersebut demi kebaikan dan menjaga nama baik anda.
11.   Buatlah RAB untuk mengontrol dan mempermudah pelaporan dana BOS, dengan membuat RAB maka anda akan mudah dalam mengatur urusan keuangan anda sebagai seorang bendahara BOS
12.    Lengkapi Buku Administrasi Keuangan BOS. Memang sangat merepotkan, tetapi bila dikerjakan akan membawa manfaaat yang sangat baik sebab Laporan keuangan kita akan lebih akuntabel.
13.     Percaya pada diri sendiri, dalam hal ini anda harus memiliki kepercayaan pada diri anda sendiri yang dapat meyakinkan bahwa anda mampu dan siap dalam melakukan tugas sebagai seorang bendahara BOS, agar anda dapat berhasil dalam mengelola keuangan sekolah dengan baik dan sesuai prosedur
14.     Pintarlah untuk belajar mengatur keuangan, agar anda tidak mencampur adukkan antara keuangan pribadi dengan keuangan milik sekolah karena hal ini akan berbahaya jika anda tida pintar dalam mengatur keuangan tersebut
15. Selalu aktif dalam mengikuti BIMTEK bendahara BOS, tujuannya agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai aturan-aturan yang di perbolehkan dan tidak di perbolehkan dalam penggunaan anggaran dana bos selain itu dengan aktif dalam kegian bimtek maka akan menambah teman dan kenalan yang dapat di jadikan sebagai partner dalam persoalan tanya jawab dalam hubungannya dengan persoalan yang berhubungan dengan tugas sebagai bendahara bos.

Demikianlah beberapa tips yang dapat saya berikan kepada anda yang saat ini bertugas sebagai seorang bendahara BOS, semoga dengan beberapa tips tersebut dapat membuat anda menjadi lebih professional dalam melakukan tugas sebagai seorang yang di beri mandat sebagai bendahara bos.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel