√Cara Membuat/Memasang File Ads.txt Di Blogger/Blogspot Terbaru Tahun 2019

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara mudah dalam membuat file ads.txt.
Apa itu file ads.txt ?
Menurut informasi dari layanan google tentang adsense file ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa dengan membuat file ads.txt maka seluruh iklan yang akan tayang di blog anda akan terverifikasi kebenarannya sehingga hanya iklan yang di izinkan saja yang dapat tayang di blog sesuai dengan keinginan pemilik blog dan dengan hal tersebut maka akan memberikan control sepenuhnya kepada si pemilik blog untuk mengizinkan siapa saja yang berhak untuk menjual iklan di situsnya.

Bagi anda yang bekerja sama dengan pihak google adsense maka anda harus membuat file ads.txt dan apabila anda belum membuatnya maka saya sarankan agar segera membuatnya agar pendapatan anda tidak berisiko dan penayangan iklan anda juga tidak terganggu.

Ada banyak kasus yang terjadi apabila anda tidak memasang file ads.txt didalam blog anda, salah satunya adalah penayangan iklan adsense di blog anda akan menjadi blank atau tidak muncul padahal anda masih tetap bisa menayangkan iklan adsense.

Baru-baru ini di tahun 2019 google melakukan update info terbarunya yang di tampilkan pada dashboard adsense dimana pada setiap blog yang bekerja sama dengan pihak google edsense di berikan suatu pemberitahuan yang berisi bahwa blog yang belum memiliki file ads.txt di beri kesempatan untuk bisa memasukkan file ads.txt kedalam blog masing-masing agar iklan dapat tayang dengan normal kembali dan bagi blog yang telah memasang file ads.txt juga dapat melakukan update pemasangan file ads.txt

Berikut ini contoh tampilan pemberitahuan apabila anda belum memasang file ads.txt pada blog anda jika anda bekerjasama dengan pihak google adsense.



Gambar tampilan di atas akan muncul pada dashboard adsense jika anda belum memasang file ads.txt namun jika anda telah memasangnya maka pemberitahuan tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam.
Jadi bagi anda yang mendapatkan notifikasi seperti gambar di atas maka segera lakukan pembuatan file ads.txt agar adsense anda tidak bermasalah dan pendapatan anda juga tidak beresiko.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial lengkap cara membuat file ads.txt untuk pengguna blogger atau blogspot.

1.   Langkah pertama silahkan anda masuk ke blog anda

2.   Kemudian klik menu “setelan/setting”


3.   Setelah itu pilih tulisan “preferensi penelusuran”


4.   Kemudian silahkan scroll kebawah menggunakan mouse anda dan temukan tulisan MONETISASI dan klik menu “edit”


5.   Pada peringatan aktifkan konten ads.txt silahkan anda pilih “YA” kemudian masukkan teks file ads.txt anda kedalam kotak yang di sediakan.



6.   Untuk mengetahui teks yang akan di masukkan kedalam kotak tersebut ikuti format di bawah ini dan ganti tulisan pub-0000000000000000 dengan angka ID penayang adsense anda.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

7.   Jika sudah maka silahkan klik “simpan perubahan”



Mudah bukan, kini anda telah berhasil membuat dan memasang file ads.txt kedalam blog anda.

Jika anda ingin memeriksa atau melihat isi file ads.txt Anda, maka silahkan anda buka alamat berikut ini di browser anda dan ganti tulisan yang berwarna biru dengan nama blog anda.
 http://<alamat blog Anda>/ads.txt
Apabila anda telah melakukannya maka akan terlihat isi file dari Ads.txt anda, seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini





Demikianlah tutorial yang dapat saya berikan pada postingan ini mengenai cara mudah dalam memasang dan mambuat file ads.txt ke dalam blog semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

2 Responses to "√Cara Membuat/Memasang File Ads.txt Di Blogger/Blogspot Terbaru Tahun 2019"

  1. awalnya saya sempat bingung dengan notifikasi tersebut, tapi setelah membaca tutorial ini, saya jadi paham cara mengatasinya, terima kasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, syukurlah kalo masalahnya telah teratasi melalui tutorial ini, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi banyak orang

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel