[ LENGKAP ] 2 Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Versi Terbaru

Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan,
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial penting mengenai cara terbaru dalam mengecek SKTP yang akan saya berikan dengan menggunakan 2 cara namun kedua cara tersebut memiliki tujuan yang sama.
Dari kedua cara yang akan saya berikan tersebut anda dapat memilih salah satunya yang menurut anda lebih mudah untuk anda gunakan dalam mengecek status SKTP sertifikasi anda masing-masing.

Kedua cara yang akan saya berikan pada postingan ini mengenai cara mengecek SKTP dapat anda lakukan baik menggunakan HP android maupun menggunakan laptop atau komputer.
Cara cek SKTP yang pertama yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan layanan infoGTK sedangkan cara yang kedua dalam mengecek SKTP yaitu dengan menggunakan layanan simPKB.

Bagi bapak dan ibu guru yang sudah bersertifikasi tentunya sudah mahir dalam menggunakan fasilitas teknologi yang mana setidaknya minimal telah mampu dalam mengakses internet terutama dalam hal mencari informasi seputar Pendidikan dan hubungannya dengan karir sebagai seorang guru.

Namun disisi lain masih banyak juga para guru yang sudah bersertifikasi masih mengandalkan dan mengharapkan bantuan dari orang lain hanya untuk bisa mengakses internet padahal seharusnya dengan jaman yang semakin modern saat ini guru harus memiliki kemampuan dalam menjalankan tugasnya dengan menggunakan bantuan teknologi.

Seperti hal nya untuk bisa melihat status data sertifikasi secara online masih banyak juga guru yang belum mengetahui bagaimana cara untuk bisa mengakses informasi mengenai cara mengetahui apakah data sertifikasinya telah valid atau belum valid.

Operator sekolah merupakan orang yang mengendalikan data – data sekolah termasuk data guru-guru di sekolah namun bukan berarti bahwa semua data yang sudah di input oleh seorang operator sekolah akan semuanya benar sebab operator sekolah juga manusia biasa yang tidak luput dari yang Namanya kesalahan.

Artikel ini sengaja saya buat untuk membantu bapak dan ibu guru khususnya yang sudah bersertifikasi agar bisa menggunakan kemampuannya dalam mengecek dan melihat sendiri data sertifikasinya apakah sudah benar dan valid atau masih ada yang perlu di perbaiki sehingga belum valid.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya untuk bisa mengakses data SKTP ( Surat Keputusan Tunjangan Profesi )  dapat dilakukan menggunakan link info GTK, maka Saat ini untuk mengecek data SKTP hanya dapat di lakukan melalui link Sim PKB yang hanya dapat di akses oleh guru yang bersangkutan. Selain guru yang sudah bersertifikasi guru yang belum bersertifikasi pun dapat mengakses link simPKB tersebut untuk melihat keakuratan data pribadi yang berhubungan dengan kepentingan sekolahnya masing-masing.

Baiklah untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengecek SKTP sertifikasi apakah SKTP sudah terbit atau belum bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik maka berikut ini adalah penjelasannya yang akan saya berikan dengan menggunakan 2 cara.

Hal – Hal yang perlu di persiapkan sebelum malakukan pengecekan data SKTP sertifikasi yaitu :

a. Accaount / email akun simPKB anda beserta passwordnya.
b. Accaount / email akun dapodik anda beserta passwordnya. ( dalam hal ini silahkan anda minta pada operator dapaodik di sekolah anda masing-masing )

Jika hal-hal tersebut telah di persiapkan maka saatnya anda melakukan pengecekkan dengan 2 cara seperti berikut ini.


CARA 1

Cara pertama ini merupakan cara untuk mengecek SKTP menggunakan login di link infoGTK.
Berikut ini penjelasannya:
  • Langkah pertama silahkan anda kunjungi link website untuk dapat mengecek SKTP anda pada link yang saya bagikan di bawah ini 
http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini




  • Untuk bisa login dan melihat data SKTP anda maka silahkan anda isi kolom yang tersedia, dan untuk melakukan login anda dapat melakukannya dengan 2 pilihan yaitu bisa dengan menggunakan nomor NUPTK atau bisa juga dengan menggunakan Account PTK yang ada di dapodik.
Langkah 1 (dengan menggunakan NUPTK)


  • Silahkan klik tulisan NUPTK sesuai dengan tampilan gambar di bawah ini



  • Pada kolom pertama isi dengan nomor NUPTK, pada kolom kedua isi dengan tanggal bulan dan tahun lahir anda, pada kolom ketiga pilih dan sesuaikan dengan tahun pelajaran saat ini, dan kolom keempat masukkan kode capcha yang tertulis pada gambar yang telah di sediakan dan langkah terakhir klik login


Langkah 2 (dengan menggunakan Account PTK)
  • Silahkan klik tulisan "Account PTK" seperti pada tampilan gambar di bawah ini

  • Pada kolom pertama isi dengan email anda yang ada pada dapodik, pada kolom kedua isi dengan password yang ada pada akun PTK anda di dapodik , pada kolom ketiga pilih dan sesuaikan dengan tahun pelajaran saat ini, dan kolom keempat masukkan kode capcha yang tertulis pada gambar yang telah di sediakan dan langkah terakhir klik login



  • Apabila anda telah berhasil login, maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini

  • Selanjutnya silahkan anda pilih " Status data kelulusan sertifikasi pendidik"



  • Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :



Apabila data anda sudah terlihat seperti pada gambar diatas dan sudah tertulis bahwa "Sudah terbit SKTP " seperti yang saya lingkari di atas, maka itu artinya bahwa SKTP anda telah di terbitkan dan anda tinggal menunggu pencairannya yang akan masuk melalui rekening masing-masing.




CARA 2

Cara kedua ini memiliki tujuan yang sama dengan cara yang pertama hanya saja jalannya yang berbeda.
Berikut ini penjelasan mengenai cara mengecek SKTP menggunakan cara login di simPKB

1. Silahkan kunjungi alamat di bawah ini
Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :


2. Setelah itu silahkan masukkan email dan kata sandi yang telah anda miliki di akun simPKB anda, kemudian klik “Login”



3. Setelah itu silahkan anda cari fitur “Layanan Info GTK” kemudian klik gambar fitur tersebut, seperti pada gambar yang saya beri tanda di bawah ini


4. Setelah itu akan muncul seperti pada gambar di bawah ini



5. Kemudian silahkan isi kolom account PTK pada dapodik dengan menggunakan email yang anda miliki pada aplikasi dapodik. Begitu juga dengan password nya silahkan anda isi sesuai dengan password email yang ada pada aplikasi dapodik. 
Jika sudah lanjutkan dengan menginputkan kode angka yang telah di sediakan pada halaman tersebut seperti pada gambar di bawah ini, dan langkah terakhir klik “Login”



6. Apabila data anda telah tertulis “ VALID” seperti pada gambar di bawah ini, maka itu artinya data anda telah aman dan siap untuk dapat menerima tunjangan sertifikasi.




7. Apabila data anda tertulis “ BELUM VALID” seperti pada gambar di bawah ini, maka itu artinya data anda belum aman atau masih ada yang perlu untuk di perbaiki agar data dapat menjadi VALID.







Dan untuk melihat status SKTP anda maka silahkan anda pilih menu " Status data kelulusan sertifikasi pendidik", seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :



Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :



Apabila data anda sudah terlihat seperti pada gambar diatas dan sudah tertulis bahwa "Sudah terbit SKTP " seperti yang saya lingkari di atas, maka itu artinya bahwa SKTP anda telah di terbitkan dan anda tinggal menunggu pencairannya yang akan masuk melalui rekening masing-masing.

Demikianlah tutorial mengenai 2 cara terbaru cek SKTP Sertifikasi melalui simPKB maupun melalui ingoGTK tahun 2019/2020, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat bapak dan ibu guru yang akan melihat data sertifikasinya.

0 Response to "[ LENGKAP ] 2 Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Versi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->