√ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan

Salam pendidikan,
NUPTK merupakan Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap pendidik dan tenaga kependidikan yang bertugas di satuan pendidikan baik di jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA maupun SMK.

Dengan memiliki NUPTK maka pendidik akan mendapatkan informasi yang akurat bahwa data diri mereka telah tercatat pada aplikasi dapodik sebagai pegawai di satuan pendidikan baik negeri maupun swasta.
memiliki NUPTK merupakan kebutuhan setiap pendidik, sebab dengan memiliki NUPTK maka akan memiliki peluang dan kesempatan yang besar dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.


Meskipun seseorang pernah memiliki NUPTK namun apabila ia telah lama meninggalkan pekerjaannya serta tidak pernah melakukan pembeharuan data di aplikasi dapodik dan tidak pernah melakukan verval data GTK secara online maka dapat menyebabkan NUPTK mereka menjadi tidak aktif atau di bekukan oleh pihak kementerian pendidikan.

Bagi anda yang pada kesempatan ini sedang membutuhkan informasi untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pengecekan NUPTK apakah masih aktif atau sudah mati/di non aktifkan, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk cek NUPTK apakah masih aktif atau sudah tidak aktif secara online. 

Penjelasan yang akan saya berikan pada postingan ini akan saya sertakan dengan gambar agar mudah untuk di pahami.
Baiklah untuk lebih jelasnya menganai cara dalam mengecek NUPTK aktif atau non aktif maka berikut ini penjelasannya dan keterangannya :

1.   Pertama-tama silahkan anda kunjungi link di bawah ini :

2.   Setelah tampil seperti pada gambar di bawah ini, maka silahkan anda pilih “Status NUPTK”


3.   Selanjutnya silahkan anda masukkan nomor NUPTK anda kedalam kotak yang telah di sediakan jika sudah kemudian lanjutkan dengan mengklik logo pencarian seperti pada gambar di bawah ini

4.   Apabila langkah diatas telah anda lakukan dengan benar maka akan tampil status NUPTK anda saat ini apakah aktif atau sudah tidak aktif.

Berikut ini contoh gambar status NUPTK yang masih berstatus aktif, seperti yang terlihat pada tampilan gambar di bawah ini


Apabila ketika anda memasukkan nomor NUPTK anda pada kolom pencarian dan tidak di temukan hasilnya, maka dapat dipastikan Nomor NUPTK anda telah mati atau telah di bekukan (di nonaktifkan)

Apabila anda pernah memiliki Nomor NUPTK namun sudah tidak aktif, maka anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara anda membuat surat keterangan di atas kertas bermaterai yang di tanda tangani oleh kepala satuan pendidikan tempat anda bekerja yang dalam hal ini adalah kepala sekolah dan kemudian meminta bantuan kepada pihak Dinas terkait untuk memberikan surat keterangan permohonan untuk dapat mengaktifkan kembali Nomor NUPTK anda.

Demikianlah cara mudah untuk bisa melakukan pengecekan apakah data Nomor NUPTK yang anda miliki masih aktif atau sudah di non aktifkan. Semoga degan postingan yang saya buat ini dapat membantu anda yang sedang akan melakukan pengecekan Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan (NUPTK).

2 Responses to "√ Cara Cek Status NUPTK Aktif Atau Non aktif/Dibekukan"

  1. Assalamu'alaikum
    maaf mau tanya,dulu tahun 2008 saya pernah mengajar di SD Kab.jepara selama 4 th dan mendapatkan NUPTK.namun setelah saya punya anak saya off mengajar dan kuliah lagi.lalu tahun 2015 sy baru ngajar lagi sampai sekarang.apakah NUPTK saya yg dulu bisa saya aktifkan kembali apa sudah tidak bisa ya kak??
    mohon penverahannya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Coba dicek aja mbak.. masukkan no NUPTK klo aktif pasti keluar klo tidak keluar berarti dibekukan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->