Cara Cek Surat Asli atau Palsu

kherysuryawan.id - CARA MENGECEK KEASLIAN SURAT DARI KEMENDIKBUD
Apabila anda adalah seorang yang bekerja di bidang Pendidikan, maka tentunya pernah melihat beberapa jenis surat yang di edarkan baik melalui media social dalam bentuk WhatsApp maupun dalam bentuk facebook atau dalam bentuk media lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini bukan hanya berita dalam bentuk artikel saja yang banyak menampilkan kebohongan alias HOAX namun isi surat pun saat ini banyak yang tidak asli alais palsu sehingga mau tidak mau kita sebagai seorang pendidik harus dapat berhati-hati dalam menerima surat yang kita yakini belum tentu benar.

Oleh sebab itulah apabila anda menemukan sebuah surat yang masih belum di ketahui kejelasannya maka hendaknya anda harus mencari tahu kebenaran dari surat tersebut untuk bisa memastikan apakah jenis surat tersebut ASLI atau PALSU.

Bagaimana cara untuk mengetahui atau mengecek bahwa surat tersebut ASLI atau PALSU???
Nah, pada postingan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai cara mudah dalam mengecek keaslian sebuah surat apakah surat yang kita temui tersebut merupakan surat asli atau surat palsu dengan menggunakan aplikasi perkantoran elektronik.

Sebelum saya memberikan penjelasan mengenai cara mudah untuk mengetahui dan mengecek bentuk surat asli dan surat palsu maka saya ingin bercerita sedikit mengenai kejadian yang banyak dialami oleh beberapa orang yang ada hubungannya dengan keaslian sebuah surat.

Dalam dunia Pendidikan banyak sekali jenis surat yang muncul dan mengatas namakan surat dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan meskipun surat tersebut belum tentu asli kebenarannya.
Dalam beberapa peristiwa banyak surat yang meminta sekolah untuk melakukan pendataan tentang nama-nama dan identitas peserta didik untuk di kirimkan ke alamat tertentu yang maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan bantuan dalam bentuk program Indonesia pintar bagi peserta didik yang berprestasi. Tanpa di sadari ternyata jenis permintaan data dari surat tersebut adalah HOAX yang artinya bahwa surat tersebut merupakan surat palsu yang hanya dapat meresahkan pihak sekolah, namun karena kurangnya pengetahuan tentang cara untuk mengecek keaslian sebuah surat maka banyak sekolah yang tertipu dengan surat tersebut sehingga ada beberapa sekolah yang sudah terlanjur mengirimkan permintaan data tersebut.

Kejadian seperti penjelasan di atas perlu di waspadai sebab ada oknum-oknum tertentu yang bisa saja memanfaatkan pihak sekolah dengan meminta data sekolah untuk dikirimkan kepada oknum tersebut yang dapat merugikan sekolah itu sendiri.

Sebenarnya masih banyak lagi kasus lainnya yang berhubungan dengan surat yang harus di waspadai kebenarannya agar kita yang akan menanggapi surat tersebut dapat mengetahui apakah surat tersebut asli atau palsu sehingga kita tidak terjebak denga nisi surat yang tidak di ketahui keasliannya.

Biasanya surat yang banyak beredar dan dipalsukan merupakan surat yang mengatasnamakan pihak dari kemendikbud sehingga melalui kemendikbud saat ini ada sebuah link yang di terbitkan dengan tujuan untuk dapat membantu semua orang dalam mengetahui dan mengecek keaslian sebuah surat yang mengatas namakan surat dari kemendikbud.

Baiklah, Berikut ini cara mudah dalam mengecek keaslian sebuah surat apakah surat tersebut merupakan surat yang benar-benar asli atau merupakan surat yang palsu.
  • Langkah pertama silahkan anda klik link di bawah ini :
          https://persuratan.kemdikbud.go.id/login/

  •  Apabila sudah terbuka maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini
  • Selanjutnya silahkan anda klik tulisan “ CEK SURAT” seperti pada gambar di bawah ini

  • Kemudian isilah kolom yang telah di siapkan. Panduan mengisinya lihat penjelasan di bawah ini.

  1. Pada Kolom Nomor 1, silahkan masukkan nomor surat yang akan anda cek keasliannya
  2. Pada Kolom Nomor 2, silahkan masukkan nomor kode captcha / kode pengaman sesuai kode yang di tampilkan
  3. Pada Nomor 3, silahkan klik "Cek Surat Keluar"
Apabila surat yang akan di cek merupakan surat asli maka akan ada pemberitahuan ketika anda mengklik "cek surat keluar' namun jika ternyata surat tersebut palsu maka akan ada pemberitahuan bahwa "Tidak ada surat keluar dengan nomor tersebut" seperti pada penjelasan di bawah ini :
  • Berikut ini contoh pemberitahuan jika surat dinyatakan ASLI



  • Berikut ini contoh pemberitahuan jika surat dinyatakan PALSU



Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah dalam mengecek keaslian sebuah surat untuk bisa mengetahui apakah jenis surat tersebut asli atau palsu.
Semoga dengan postingan kali ini dapat membantu anda yang sedang bingung memikirkan mengenai keaslian surat yang anda terima dan kiranya dengan cara yang telah saya jelaskan d atas dapat memberikan solusi dari masalah yang anda sedang alami khususnya dalam mengecek keaslian sebuah surat.

0 Response to "Cara Cek Surat Asli atau Palsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->