Cara Menambah dan Mengurangi Menu "Baca Juga" Di Dalam Blog

Salam Blogger !
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar dunia blog yang menjadi hoby bagi sebagian orang terutama mereka yang suka dengan dunia tulis menulis dan suka dalam membagikan informasi yang sekiranya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Berbicara seputar dunia blog maka bagi setiap orang yang ingin membuat sebuah blog tentunya harus memilki sebuah pengalaman atau minimal telah mempelajari tentang bagaimana cara untuk membuat blog itu sendiri. Ada beberapa jenis blog yang dapat anda pilih di antaranya yaitu blogger ataupun wordpress.

Selain itu dalam membuat blog juga terdapat beberapa pilihan yang dapat anda pilih sesuai dengan selera yaitu anda dapat membuat blog secara gratis ataupun dengan cara yang menggunakan uang alias berbayar. Bagi anda yang ingin membuat blogger gratis maka anda dapat menggunakan domain blogspot, sedangkan jika anda ingin membuat blog yang lebih terlihat keren atau professional maka anda perlu untuk mengeluarkan budget untuk dapat membeli sebuah domain agar blog anda terlihat lebih oke.

Bagi anda yang telah memiliki sebuah blog maka tentunya anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatur blog yang telah anda miliki tersebut agar terlihat lebih menarik dan lebih asyik untuk di pandang. Salah satunya adalah dengan menempatkan beberapa jenis widget yang kiranya dapat menarik perhatian pengunjung.

Yang tak kalah pentingnya juga ialah jika anda telah memiliki blog maka tentunya anda akan senang jika anda melihat blog yang anda miliki tersebut di sukai oleh banyak orang atau banyak di kunjungi oleh penggemar blog anda. Nah untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung di dalam blog anda maka anda tentunya harus dapat membuat artikel yang menarik dan dapat bermanfaat serta di barengi dengan memberikan beberapa link judul yang berhubungan dengan apa yang sedang di baca oleh pengunjung ketika membuka artikel di dalam blog anda tersebut.

Salah satu hal yang terpenting yang harus ada di dalam blog anda adalah menu “Baca Juga” yang merupakan menu untuk menampilkan beberapa jenis artikel menarik yang ada di dalam blog anda, sehingga ketika pengunjung akan membuka salah satu dari artikel yang telah anda buat di dalam blog, maka menu “Baca Juga” tersebut akan sangat membantu dalam memberikan beberapa jenis postingan yang berhubungan dengan artikel yang sedang di baca oleh pengunjung blog.

Jika anda pernah melihat blog yang mamiliki menu “Baca Juga” maka di situ anda akan melihat beberapa jenis judul artikel yang di tawarkan untuk bisa di klik dan di kunjungi oleh pembaca atau pengunjung blog. Nah yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara untuk mengatur jumlah judul atau link artikel yang dapat muncul dan terlihat pada menu “Baca Juga” di dalam artikel blog.

Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara untuk bisa menambah dan mengurangi jumlah judul artikel pada menu “Baca Juga” yang terdapat di dalam postingan blog.
Untuk mengetahui caranya, maka berikut ini penjelasannya :
  • Pertama silahkan anda masuk atau login terlebih dahulu kedalam blog anda 
  • setelah itu pada dashboard blog anda pilih menu "Tema"

  • kemudian pilih tulisan "Edit HTML"
  • Selanjutnya Cari menggunakan tombol CTRL+F kode dibawah ini
<script type='text/javascript'>var jumlahbacajuga=4;removeRelatedDuplicates();printRelatedLabels("<data:post.url/>");</script>
  • Angka 4 yang ada dalam Script diatas merupakan jumlah artikel yang ada di fitur “BACA JUGA”, Sehingga untuk menambah atau mengurangi jumlah artikel pada menu "Baca Juga" Caranya tinggal ganti saja jumlah angkanya sesuai dengan keiinginan anda.
  • Langka Terakhir Save dan lihat hasilnya.
Cara tersebut di atas dapat dilakukan apabila anda ingin mengurangi dan menambah jumlah postingan yang akan di tampilkan pada menu "Baca Juga" yang muncul pada postingan sebuah blog.


Apabila seluruh tahapan di atas dapat anda lakukan dengan benar, maka saya dapat pastikan kini blog anda akan menampilkan jumlah postingan pada menu "Baca Juga" sesuai dengan keinginan anda.

Namun perlu anda ketahui juga bahwa untuk melakukan setting jumlah postingan yang akan di tampilkan pada menu "Baca Juga" maka anda juga harus menyesuaikan dengan jumlah postingan yang ada di dalam blog anda. Artinya bahwa jangan sampai anda membuat setingan dengan jumlah postingan pada menu "Baca Juga" sebanyak 6 yang akan di tampilkan namun ternyata anda tidak memiliki jumlah postingan sebanyak 6, oleh sebab itu kiranya hal tersebut dapat di sesuaikan dengan jumlah postingan yang sesuai dengan yang ada di dalam blog anda masing-masing.

Cara di atas telah saya coba dan saya buktikan dengan menggunakan template viomaqz dan bagi anda yang akan mencobanya, maka silahkan anda lakukan percobaan tersebut, dan semoga berhasil.

2 Responses to "Cara Menambah dan Mengurangi Menu "Baca Juga" Di Dalam Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel