Daftar Nama Dan Nomor Kode Provinsi Se Indonesia Untuk Penulisan Ijazah

Postingan kali ini sebenarnya sengaja saya buat untuk menjadi arsip khususnya bagi pribadi saya sebab saya sering mengalami masalah ketika akan melakukan penginputan data nomor kode propinsi yang ada di ijazah kedalam aplikasi dapodik dan ternyata ijazah yang akan saya input nomorny tersebut tidak memiliki kode provinsinya sehingga mau tak mau saya harus mencari kode provisi setiap daerah yang ada di seluruh Indonesia untuk bisa memastikan bahwa kode yang akan saya inputkan sudah sesuai dengan nomor kode propinsi yang di gunakan dalam melakukan penginputan nomor kode propinsi di ijazah.

Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa di dalam ijazah terdapat beberapa nomor kode yang terletak pada setiap nomor peserta ujian di masing-masing ijazah peserta didik. Nomor tersebut terdiri dari beberapa arti dan maknanya sehingga kita harus mengetahui ap aarti dan makna dari setiap nomor kode yang terdapat di ijazah tersebut.

Sebagai bahan informasi bahwa saat ini ada perubahan nomor kode pada penulisan ijazah baik untuk jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA maupun di jenjang SMK.
Jika pada tahun 2018 jumlah nomor kode peserta ujian pada masing-masing peserta didik memiliki jumlah nomor kode sebanyak 14 digit maka berbeda halnya dengan jumlah nomor kode peserta ujian di tahun 2019,2020,dan tahun selanjutnya yang mana jumlah kode pada nomor peserta ujian sudah bukan lagi berjumlah 14 digit melainkan bertambah menjadi 16 digit.

Untuk memahami arti dari kode yang terdapat pada nomor peserta ujian yang lama dan yang baru, maka berikut ini penjelasannya :

ARTI NOMOR KODE UJIAN NASIONAL YANG LAMA ( JUMLAH 14 DIGIT)
  • Digit Pertama         => kode tahun  ( 1 DIGIT)
  • Digit ke dua           => kode tahun  ( 2 DIGIT)
  • 2 Digit ke tiga         => kode provinsi  ( 2 DIGIT)
  • 2 Digit ke empat      => kode kota/kab  ( 2 DIGIT)
  • 3 Digit ke lima        => kode sekolah  ( 3 DIGIT)
  • 3 Digit ke enam       => kode siswa  ( 3 DIGIT)
  • 1 Digit ke tujuh       => kode Validasi  ( 1 DIGIT)
ARTI NOMOR KODE UJIAN NASIONAL YANG BARU ( JUMLAH 16 DIGIT)
  • Digit Pertama         => kode tahun  ( 1 DIGIT)
  • Digit ke dua           => kode tahun  ( 2 DIGIT)
  • 2 Digit ke tiga         => kode provinsi  ( 2 DIGIT)
  • 2 Digit ke empat      => kode kota/kab  ( 2 DIGIT)
  • 3 Digit ke lima        => kode sekolah  ( 4 DIGIT)
  • 3 Digit ke enam       => kode siswa  ( 4 DIGIT)
  • 1 Digit ke tujuh       => kode Validasi  ( 1 DIGIT)
Adapun perbedaan yang dapat kita ketahui khususnya pada kode jenjang sekolah maka berikut ini penjelasannya :
  1. UNTUK JENJANG SD MAKA KODE JENJANGNYA ADALAH ANGKA 1
  2. UNTUK JENJANG SMP MAKA KODE JENJANGNYA ADALAH ANGKA 2
  3. UNTUK JENJANG SMA MAKA KODE JENJANGNYA ADALAH ANGKA 3
  4. UNTUK JENJANG SMK MAKA KODE JENJANGNYA ADALAH ANGKA 4
Sedangkan untuk mengetahui nomor kode provinsi yang terdapat pada setiap ijazah maka nomor itu di peroleh dari masing-masing kode di setiap provinsi tempat peserta didik tersebut bersekolah, yang artinya bahwa nomor kode provinsi yang tertulis di setiap ijazah akan berbeda-beda sesuai dengan provinsi yang mereka tempati saat bersekolah.

Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa saat ini di Indonesia terdapat 34 nama provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat di simpulkan bahwa dalam menuliskan kode provinsi pada setiap ijazah harus mengetahui nomor kode yang terdapat pada masing-masing provinsi tersebut.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui nama provinsi beserta dengan nomor kode masing-masing provinsi yang di gunakan sebagai acuan dalam menuliskan kode provinsi di dalam ijazah, maka berikut ini saya akan memberikan file berupa nama-nama provinsi di seluruh Indonesia lengkap dengan kode provinsinya masing-masing, yang kiranya file yang akan saya bagikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari nomor kode provinsi di setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Sebelum saya membagikan file nama-nama provinsi yang ada di seluruh Indonesia lengkap dengan nomor kode masing-masing provinsi yang berjumlah 34 provinsi, maka berikut ini tampilan dari nama-nama dan kode provinsi di seluruh Indonesia.


Bagi anda yang membutuhkan file nama-nama dan nomor kode provinsi terbaru yang dapat di gunakan sebagai acuan dalam menuliskan nomor kode provinsi di dalam ijazah, maka anda dapat memiliki filenya dengan mudah yang telah saya siapkan di bawah ini :

  • Daftar Nama Propinsi Seindonesia Beserta Kodenya (disini)
Semoga melalui postingan yang saya bagikan kali ini yaitu mengenai daftar nama-nama provinsi yang ada di seluruh Indonesia yang di lengkapi dengan nomor kode dari masing-masing provinsi tersebut dapat membantu anda yang sedang mencar informasi mengenai nama dan nomor kode provinsi yang ada di setiap Indonesia.

Demkianlah postingan kali ini, semoga dapat menjadi bahan informasi yang dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Terimakasih.

0 Response to "Daftar Nama Dan Nomor Kode Provinsi Se Indonesia Untuk Penulisan Ijazah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->