-->

Cara Mengatasi Lupa Kode Regristrasi Dapodik

SOLUSI LUPA KODE REGISTRASI DAPODIK

Salam Satu Data,
Sesuai dengan postingan kali ini maka postingan ini tentunya sangat erat hubungannya dengan tugas yang diemban oleh seorang operator dapodik sekolah.
Dapodik merupakan tugas utama bagi seorang operator sekolah, melalui aplikasi dapodiklah maka seluruh data-data sekolah mulai dari data peserta didik, data guru dan tenaga kependidikan, data sarana prasarana, serta data sekolah lainnya di entry dan di input kedalam aplikasi dapodik.
Ada beberapa persyaratan yang harus di ingat dan di miliki oleh seorang operator dapodik sekolah dalam melakukan tugas mengerjakan aplikasi dapodik, diantaranya yaitu, harus memiliki username, password dan kode registrasi.

Ketiga komponen tersebut sangat penting untuk di miliki dan diingat oleh operator dapodik, khususnya kode registrasi dapodik.
Mengapa kode registrasi dapodik sangat penting ????
Kode registrasi dapodik menjadi kunci untuk bisa mengambil data sekolah yang tersimpan sebagai prefill dapodik.
Pada postingan sebelumnya saya juga telah membagikan tutorial untuk mengatasi lupa password dapodik, dan apabila anda belum mengetahuinya maka anda bisa membaca tutorialnya di postingan yang telah saya bagikan di blog ini.

Apabila kode registrasi dapodik anda hilang atau pun lupa maka hal itu sangat membahayakan sebab anda tidak dapat lagi melakukan pengambilan data berupa prefill dapodik sehingga data sekolah yang paling terakhir tersimpan ketika anda melakukan syncronisasi tidak dapat anda unduh kembali jika anda lupa dengan kode registrasi dapodik, sebab untuk bisa mendownload prefil data sekolah harus memasukkan kode registrasi dapodik sekolah.

salah satu jalan yang bisanya di tempuh oleh pihak sekolah yang dalam hal ini adalah operator dapodik ketika lupa dengan kode registrasi dapodiknya adalah mengadu ke pihak operator dapodik dinas pendidikan yang menangani masalah data dapodik untuk bisa mendapatkan kembali kode registrasi dapodik.

Melalui postingan ini, saya ingin memberikan cara untuk mengatasi jika anda lupa dengan koge registrasi dapodik sekolah anda, sehingga jika anda lupa ataupun koge registrasi dapodik anda hilang dari arsip yang telah anda simpan maka anda tidak perlu lagi untuk jauh-jauh meminta reset pergantian kode registrasi dapodik ke operator dinas melainkan anda cukup mengikuti tahapan yang akan saya jelaskan di postingan ini.

Hal yang perlu anda pahami untuk bisa mengetahui kembali nomor kode registrasi dapodik yang anda lupa yaitu anda cukup melakukan sesuai dengan yang akan saya jelaskan di bawah ini namun dengan catatan anda dapat melakukannya di laptop yang sudah terinstal aplikasi dapodik.

Baiklah berikut ini cara untuk mengetahui kode registrasi dapodik yang anda lupa sehingga anda dapat menemukannya kembali dan melalui penjelasan yang akan saya berikan kali ini akan saya tampilkan beserta dengan gambar sehingga anda akan mudah untuk memahaminya.

1.   Silahkan anda buka menu “File Explorer” yang ada di computer anda.



2.   Kemudian silahkan anda klik “Local Disc (C)”



3.   Silahkan anda cari tulisan “program file” seperti pada gambar di bawah ini



4.   Kemudian silhkan anda pilih folder “Dapodik” dan klik 2x untuk membuak folder tersebut



5.   Setelah itu cari folder dengan tulisan “Webserver” dan klik 2x tulisan tersebut untuk membukanya



6.   Selanjutnya silahkan anda cari folder dengan tulisan ‘Logs” dan klik 2x untuk membukanya



7.   Kemudian klik 2x pada tulisan “Access.log”



8.   Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini



9.   Lalu silahkan anda munculkan menu pencarian dengan cara mengetikkan tulisan “CTRL+F” pada keyboard laptop anda untuk memunculkan menu pencarian di dalam tampilan tersebut, seperti pada gambar di bawah ini



10. Pada kolom “Find what” silahkan anda tulis “sekolah?kode_registrasi” lalu tekan tombol “Find next” yang tujuannya untuk mencari kode registrasi dapodik

11. Setelah itu akan terlihat kode registrasi dapodik anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini

Apabila anda melakukan seluruh tahapan di atas dengan benar, maka saya pastikan anda akan mengetahui dan melihat kode registrasi dapodik sekolah anda dan anda tidak perlu lagi khawatir jika kode registrasi dapodik anda hilang atau lupa.

Demikianlah postingan mengenai cara mengatasi lupa kode regristrasi dapodik, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya khususnya bagi setiap operator dapodik sekolah sehingga postingan ini dapat menjadi informasi yang penting untuk bisa di ketahui oleh seorang operator dapodik sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel