-->

√ Cara Mengatasi Lupa Username Email Dapodik

CARA MUDAH MELIHAT USERNAME DAPODIK YANG DI LUPA

Salam Satu Data,
Melalui Blog kherysuryawan.id saya telah banyak membagikan tutorial seputar dunia dapodik. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua sekolah di seluruh wilayah indonesia telah menggunakan aplikasi dapodik, mulai dari jenjang SD, SMP,SMA hingga SMK.

Aplikasi dapodik merupakan sebuah aplikasi yang dirancang oleh pihak kementerian pendidikan untuk dapat di gunakan oleh setiap satuan pendidikan sebagai alat untuk mengirim data berupa data -data sekolah yang meliputi data peserta didik, guru, sarana prasarana, surat-surat sekolah dan data sekolah lainnya.
Pihak sekolah dalam melakukan tugas pendataan tentunya akan menunjuk salah seorang yang akan di tugaskan sebagai operator dapodik sekolah yang tujuannya untuk melakukan pengentrian data-data sekolah sehingga seluruh data sekolah dapat di kirim dengan baik oleh seorang operator sekolah.

Sebagai seorang operator dapodik sekolah maka ia harus dapat memiliki ingatan yang kuat dalam menghafal dan mengingat kode-kode yang di perlukan untuk bisa login ke dalam aplikasi dapodik.
Namun sebagai manusia biasa maka tentunya ada kalanya seorang operator dapodik lupa akan kod-kode yang harus di miliki untuk bisa melakukan login ke dalam aplikasi dapodik.

Dengan banyaknya beban yang harus di ingat dan di kerjakan maka terkadang wajar jika seorang operator dapodik sekolah mengalami kelupaan akan kode-kode yang di butuhkan untuk keperluan dalam penggunaan aplikasi dapodik.

Ada 3 jenis kode yang sangat penting dalam menjalankan program aplikasi dapodik diantaranya adalah Kode regristrasi dapodik, username dapodik, dan password dapodik.
ketiga kode tersebut sangat penting untuk di miliki oleh seorang operator dapodik sekolah sebab jika ada salah satu dari kode tersebut yang di lupa maka proses pengerjaan aplikasi dapodik tentunya akan terhambat.

Pada postingan saya sebelumnya saya telah memberikan tutorial mengenai cara untuk mengatasi apabila seorang operator dapodik lupa akan kode registrasi dapodiknya serta lupa akan password dapodiknya. Apabila anda belum mengetahui cara untuk bisa mendapatkan kode registrasi dan password dapodik yang di lupa maka untuk mengetahui penjelasannya maka anda dapat mengunjungi postingan yang membahas persoalan tersebut

Pada postingan ini saya akan kembali memberikan tutorial berupa penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi jika seorang operator dapodik mengalami lupa akan username dapodiknya sehingga tidak bisa lagi melakukan login kedalam aplikasi dapodik.
Seperti yang kita ketahui bahwa username dapodik merupakan sebuah email yang di gunakan untuk melakukan login kedalam aplikasi dapodik.
Untuk mengetahui cara mangatasi masalah lupa username dapodik maka berikut ini penjelasannya yang saya sediakan lengkap dengan gambarnya :

1.   Silahkan anda buka menu “File Explorer” yang ada di computer anda.


2.   Kemudian silahkan anda klik “Local Disc (C)”


3.   Silahkan anda cari tulisan “program file” seperti pada gambar di bawah ini

4.   Kemudian silhkan anda pilih folder “Dapodik” dan klik 2x untuk membuak folder tersebut

5.   Setelah itu cari folder dengan tulisan “Webserver” dan klik 2x tulisan tersebut untuk membukanya

6.   Selanjutnya silahkan anda cari folder dengan tulisan ‘Logs” dan klik 2x untuk membukanya

7.   Kemudian klik 2x pada tulisan “Access.log”

8.   Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini

9.   Lalu silahkan anda munculkan menu pencarian dengan cara mengetikkan tulisan “CTRL+F” pada keyboard laptop anda untuk memunculkan menu pencarian di dalam tampilan tersebut, seperti pada gambar di bawah ini

10. Pada kolom “Find what” silahkan anda tulis “&username” lalu tekan tombol “Find next” yang tujuannya untuk mencari kode username berupa email dapodik

11. Setelah itu akan terlihat username dapodik anda yang berupa email yang di gunakan untuk login di aplikasi dapodik, seperti terlihat pada gambar di bawah ini


Demikianlah cara mudah dalam melihat username dapodik yang di lupa sehingga anda dapat mengetahuinya kembali.
Semoga melalui postingan ini apa yang telah saya berikan dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi para operator dapodik yang sedang mengalami kasus lupa akan username email dapodiknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel