-->

Cara Cetak Kartu NUPTK 2019/2020

Kherysuryawan.id pada kesempatan kali ini akan memberikan solusi bagi banyak guru-guru yang mempertanyakan tentang bagaimana cara untuk bisa mencetak nomor NUPTK agar dapat digunakan sebagai bukti dalam melakukan pemberkasan yang mengharuskan guru-guru untuk dapat melakukan cetak nomor NUPTK.

NUPTK merupakan sebuah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, NUPTK merupakan nomor unik atau nomor induk yang dapat dimiliki oleh masing-masing guru atau oleh tenaga kependidikan. Setiap pendidik dan tenaga kependidikan wajib memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan tersebut sebagai penanda bahwa GTK tersebut telah memiliki nomor identitas yang resmi dari kementerian Pendidikan sehingga ketika akan mengikuti program Pendidikan yang mengharuskan GTK memiliki NUPTK maka GTK tersebut dapat mengikuti kegiatan tersebut tanpa ada rintangan.



NUPTK hanya boleh dimiliki oleh masing-masing GTK yang sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk bisa di terbitkan nomor NUPTKnya. Artinya bahwa tidak semua GTK dapat langsung memiliki NUPTK melainkan harus melalui prosedur yang telah ditentukan oleh kementerian Pendidikan yang dalam hal ini  tertuang dalam surat direktur jenderal GTK.

Nomor NUPTK dapat dimiliki oleh seluruh GTK baik yang sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun Non pegawai negeri sipil (Non PNS). Apabila GTK telah memiliki NUPTK maka GTK tersebut dapat mengikuti seluruh program Pendidikan yang dikeluarkan oleh kementerian Pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Sebagai salah satu contoh ketika seorang guru akan mengikuti program Pendidikan profesi guru (PPG) maka dalam aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh GTK untuk bisa mengikuti program pendidikan tersebut ialah guru harus memiliki nomor NUPTK, sehingga bagi mereka yang belum memiliki nomor NUPTK tidak dapat mengikuti program Pendidikan tersebut.

Bagi anda yang telah memiliki nomor NUPTK namun belum menghafal nomor NUPTK yang di miliki maka anda dapat melihatnya melalui aplikasi dapodik sekolah yaitu dengan bantuan operator dapodik sekolah agar dapat dilakukan pengecekan nomor NUPTK.
Nomor NUPTK terdiri dari 16 angka yang mana ke enambelas angka tersebut merupakan nomor unik dan tetap sehingga tidak ada nomor NUPTK yang ganda yang dapat dimiliki oleh lebih dari 1 orang.

Dalam beberapa kasus, ketika GTK akan melakukan suatau pemberkasan yang mengahruskan GTK untuk melakukan cetak nomor atau kartu NUPTK maka banyak GTK yang tidak bisa melakukan hal tersebut sebab saat ini aplikasi pencetak kartu NUPTK sudah tidak lagi disediakan oleh pihak pengembang aplikasi informasi NUPTK sehingga banyak GTK yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cetak nomor NUPTK.

Pada postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan cara mudah agar anda yang kesulitan dalam mencetak nomor NUPTK dapat dengan mudah untuk melakukan cetak NUPTK yaitu dengan membaca secara seksama artikel ini sebab pada artikel ini saya akan memberikan tutorial singkat tentang bagaimana cara mudah untuk melakukan cetak NUPTK.

Untuk dapat melakukan cetak NUPTK maka terlebih dahulu anda harus menghafal nomor NUPTK anda masing-masing dan untuk mencetak nomor NUPTK dapat dilakukan secara online. Selain itu dengan cara melakukan cetak NUPTK ini maka anda juga dapat melihat apakah nomor NUPTK yang anda miliki masih aktif atau sudah di non aktifkan. Apabila nomor NUPTK anda masih aktif maka anda dapat menggunakannya untuk keperluan dalam pemberkasan yang berhubungan dengan dunia Pendidikan dalam hal peningkatan mutu Pendidikan.

Baiklah berikut ini cara mudah agar anda dapat melakukan cetak nomor NUPTK secara online.
Pertama silahkan anda kunjungi alamat di bawah ini
Selanjutnya silahkan anda masukkan nomor NUPTK anda pada kolom yang telah di sediakan, lalu klik icon pencarian



kemudian akan muncul seluruh data yang terdapat di dalam NUPTK anda.
Dan untuk melakukan cetak data NUPTK tersebut, maka anda dapat melakukan crop pada gambar tersebut, lalu anda pastekan pada Microsoft office word kemudian anda dapat melakukan cetak NUPTK tersebut dengan mudah.



Berikut ini contoh tampilan cetak kartu NUPTK yang telah berhasil di cetak melalui Microsoft office word.



Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan cetak nomor NUPTK secara online, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi setiap GTK yang ingin melakukan cetak nomor NUPTK dan juga dapat menyimpan hasil cetak NUPTK tersebut sebagai bukti fisik dalam setiap pemberkasan yang mengahruskan untuk melampirkan data NUPTK selain itu hasil cetakan tersebut juga dapat dijadikan sebagai arsip untuk keperluan pribadi setiap individu GTK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel