-->

5 Cara Mengambil Data Dari Dapodik Ke Dalam Aplikasi Erapor SMP Tahun 2019/2020

Aplikasi erapor untuk jenjang SMP terbaru yang saat ini digunakan yaitu erapor versi 2.0 dan aplikasi erapor tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi dapodik versi 2020 sehingga ketika anda menggunakan aplikasi erapor versi 2.0 maka anda dapat dengan mudah mengambil atau memindahkan data-data yang ada di dalam aplikasi dapodik versi 2020 agar dapat secara otomatis masuk kedalam aplikasi erapor.

Bagi sekolah yang tahun-tahun sebelumnya sudah menggunakan aplikasi erapor versi lama seperti versi 1.2 maka dapat langsung melakukan update ke aplikasi erapor versi 2.0 namun bagi anda yang sekolahnya belum pernah menggunakan aplikasi erapor sebelumnya maka di sarankan untuk langsung mengunduh dan menggunakan aplikasi erapor versi 2.0
Pada artikel saya sebelumnya saya telah banyak membahas mengenai masalah erapor dan membagikan aplikasi terbarunya sehinnga bagi anda yang membutuhkannya maka anda dapat memperoleh informasinya melalui postingan saya sebelumnya yang ada di blog kherysuryawan.id

Aplikasi erapor dirancang untuk memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pengolahan nilai. Seperti yang kita ketahui bahwa pada kurikulum 2013 banyak sekali aspek yang harus dinilai dari setiap peserta didik mulai dari aspek penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Pada aplikasi erapor maka setiap guru tinggal mengisi kolom nilai sesuai dengan hasil yang telah di peroleh peserta didik dalam setiap kompetensi dasar yang meliputi nilai harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester. Untuk dapat menghasilkan nilai akhir maka aplikasi erapor sudah memiliki rumus tersendiri yang nantinya seluruh nilai akan terakumulasi sesuai dengan pengaturan yang ada di dalam aplikasi tersebut sehingga guru hanya perlu melakukan penginputan nilai saja tanpa lagi harus membuat rumus.

Bagi anda yang sekolahnya baru pertama kali menggunakan aplikasi erapor, maka tentunya masih agak bingung dalam menggunakannya, namun jika anda telah membaca buku panduan penggunaan erapor maka tentunya lambat laun anda akan mengerti cara untuk menggunakan aplikasi erapor tersebut.
Buku panduan erapor telah saya bagikan pada artikel sebelumnya dan untuk mendapatkannya anda dapat mencarinya pada postingan terdahulu.
Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa aplikasi erapor versi 2.0 sudah terintegrasi dengan aplikasi dapodik versi 2020 sehingga jika anda membutuhkan data baik berupa data guru, data peserta didik, data pembelajaran, serta data lainnya yang berhubungan dengan penginputan erapor maka anda dapat dengan mudah mengambil data tersebut agar dapat langsung masuk kedalam aplikasi erapor.

Pada postingan ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa mengambil data dapodik agar dapat di masukkan ke dalam aplikasi erapor.

Berikut ini penjelasan mengenai 5 cara menarik data dapodik kedalam aplikasi erapor :
1.   Silahkan anda download aplikasi erapor versi 2.0 atau aplikasi updater versi 2.0 bagi yang telah menggunakan erapor sebelumnya
2.   Install aplikasi erapor tersebut dan jangan lupa bahwa aplikasi dapodik juga sudah harus terinstal di laptop yang anda gunakan untuk menginstal erapor
3.   Silahkan anda login dengan menggunakan akun “ADMIN” dan gunakan nama penguna sebagai “admin” dengan  kata sandinya adalah “admin123456” untuk bisa login menggunakan akun admin
4.   Pada dashboard sebelah kiri aplikasi erapor terdapat beberapa menu, dan silahkan anda pilih menu “Ambil Data Dapodik”
5.   Setelah itu akan tampil beberapa jenis data yang harus anda Tarik dari dapodik agar dapat di gunakan pada aplikasi erapor.
Caranya yaitu silahkan anda klik tulisan “syncron data sekolah” , “syncron data semester” , “syncron data program pengajaran” , “syncron data mapel” , “syncron data guru” , “syncron data siswa” , “syncron data rombel” , “syncron data anggota kelas” , “syncron data pembelajaran”  atau untuk lebih mudahnya anda dapat lansung melakukan semuanya hanya dengan satu klik saja yaitu dengan mengklik ““syncron semua data” yang terdapat pada bagian ujung sebelah kanan.

Apabila anda telah berhasil melakukan proses penarikan data tersebut maka secara otomatis seluruh data yang telah di Tarik dari dapodik akan secara otomatis masuk kedalam aplikasi erapor. Apabila masih ada data yang ingin anda rubah di dalam aplikasi dapodik maka untuk bisa mengambil data terbarunya maka anda harus melakukan syncronisasi dapodik terlebih dahulu agar perubahan data tersebut dapat masuk kedalam aplikasi erapor ketika anda akan menarik data dari dapodik.

Dan perlu anda ketahui bahwa apabila sebelumnya anda sudah menggunakan aplikasi erapor pada tahun pelajaran 2018/2019 maka anda tidak dapat langsung untuk bisa melihat pilihan semester yang berlaku saat ini ketika pertama kali login ke aplikasi erapor sebelum anda menarik data terlebih dahulu dari aplikasi dapodik kemudian logout dari aplikasi erapor dan selanjutnya silahkan anda login kembali agar anda dapat melihat pilihan semester sesuai dengan semester saat ini.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah untuk bisa mengambil data dari aplikasi dapodik agar dapat masuk ke aplikasi erapor, semoga melalui postingan ini anda yang baru saja menggunakan erapor dapat mudah dalam memahaminya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel