-->

5 Tips Cara Melihat Jumlah Penerima Kartu KIP,KKS,KPS di Sekolah

Peserta didik yang telah menerima kartu indononesia pintar merupakan orang-orang yang masuk sebagai sasaran penerima bantuan PIP atau program Indonesia pintar. Tidak semua peserta didik memiliki kartu KIP melainkan hanya peserta didik tertentu saja yang dapat memperoleh kartu Indonesia pintar (KIP).
Selain kartu Indonesia pintar (KIP) ada juga kartu lainnya yang memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama untuk bisa mendapatkan bantuan pendidikan dari program Indonesia pintar yaitu katu keluarga sejahtera (KKS), program keluarga harapan (PKH), kartu perlindungan sosial (KPS).

Bagi peserta didik yang memiliki salah satu dari beberapa jenis kartu yang telah saya sebutkan diatas maka peserta didik tersebut dapat memperoleh bantuan berupa uang tunai dari program Indonesia pintar (PIP). Namun jika masih ada terdapat siswa yang telah memiliki kartu tersebut namun masih juga belum memperoleh bantuan PIP maka dapat di sebabkan oleh adanya prosedur yang tidak di penuhi.

Sebagai contoh misalkan jika ada peserta didik yang memiliki kartu PKH,KKS,KIP atau KPS namun tidak menyerahkan kartu tersebut ke pada pihak sekolah untuk dilakukan registrasi atau pendataan melalui aplikasi dapodik maka dapat dipastikan peserta didik tersebut tidak akan memperoleh bantuan PIP sebab kartu yang dimiliki tidak di registrasi. Selain itu penyebab lain yang sering di alami sehingga tidak dapat menerimakan bantuan PIP meskipun telah memiliki kartu yaitu peserta didik yang bersangkutan sudah tidak aktif atau dianggap sudah tidak terdaftar pada satuan pendidikan.

Pemegang kartu PKH,KKS,KIP dan KPS dapat memperoleh bantuan PIP mulai dari jenjang SD, SMP,SMA/SMK hingga masuk di perguruan tinggi. Besaran dana yang diperolah dari bantuan PIP juga berbeda-beda sesuai dengan jenjang sekolahnya masing-masing.
Pada satuan pendidikan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam mengetahui siswa yang memiliki kartu KIP,KKS dan KPS yaitu operator dapodik sekolah sebab melalui operator dapodik sekolah maka setiap penerima kartu tersebut harus melakukan verifikasi data nomor kartu agar di registrasi kedalam aplikasi dapodik sekolah.

Pihak sekolah harus mengetahui berapa jumlah peserta didiknya yang memiliki kartu KIP,KKS maupun KPS sehingga ketika ada pendataan tentang jumlah penerima bantuan PIP maka sekolah sudah memiliki data-data siswa yang memiliki kartu sebagai bukti calon penerima bantuan PIP.
Tidak di pungkiri masih banyak juga pihak sekolah yang tidak mengetahui berapa jumlah peserta didiknya yang telah memiliki kartu KIP,KKS,dan KPS sehingga mau tidak mau untuk bisa mengetahuinya terkadang pihak sekolah harus kembali menanyakan kepada masing-masing peserta didik penerima kartu tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara termudah dan cepat untuk bisa mengetahui berapa jumlah siswa atau peserta didik penerima kartu KIP,KKS,dan KPS yang berada di sekolah anda. Cara ini hanya bisa anda lakukan melalui bantuan operator dapodik sekolah anda.
Mengapa melalui operator dapodik sekolah? Sebab data penerima kartu KIP,KKS dan KPS tentunya sudah pernah di entri oleh operator dapodik sekolah anda kedalam aplikasi dapodik sekolah sehingga untuk melihat jumlahnya sangat mudah untuk dilakukan melalui aplikasi dapodik.

Sebagai seorang operator dapodik sekolah ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara untuk bisa melihat jumlah peserta didiknya yang telah memiliki kartu KIP,KKS dan KPS maka oleh sebab itu melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasannya.

Berikut ini 5 Tips cara untuk mengetahui jumlah peserta didik penerima kartu KIP,KKS,dan KPS di sekolah baik di sekolah SD,SMP,SMA/SMK.
1.   Silahkan anda buka aplikasi dapodik sekolah anda
2.   Setelah itu silahkan anda Masuk pada menu peserta didik
3.   Dibawah nama-nama peserta didik tersebut terdapat menu “Unduh” dan pilih “Daftar PD”
4.   Secara otomatis system akan melakukan proses pengunduhan data peserta didik tersebut dan silahkan anda simpan hasil unduhannya pada drive yang anda tentukan.
5.   Setelah itu silahkan anda buka hasil unduhan tersebut dan silahkan anda filter judul penerima KIP, KKS dan juga penerima KPS maka nantinya anda akan mengetahui berapa jumlah siswa di sekolah anda yang memiliki kartu KIP,KKS maupun kartu KPS.

Demikianlah penjelasan mengenai Tips bagaimana cara untuk bisa melihat dan mengetahui jumlah penerima kartu KIP,KKS maupun KPS di sekolah. Semoga dengan penjelasan ini anda yang tadinya tidak mengetahui cara untuk melihat jumlah peserta didik anda yang memiliki kartu KIP,KKS maupun KPS maka dapat dengan mudah untuk bisa mengetahuinya.
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel