-->

POS UN Tahun 2020 dan Kisi-Kisi UN 2020

Kherysuryawan.id - Download POS UN/UNBK Tahun Palajaran 2019/2020 beserta Kisi-Kisi ujian nasional tahun 2020.
Tidak lama lagi kegiatan ujian nasional jenjang SMP, SMA dan SMK akan berlangsung tepatnya pada bulan maret dan april tahun 2020. Sekolah-sekolah yang akan terlibat dalam pelaksanaan ujian nasional baik yang masih menggunakan system ujian nasional berbasis kertas dan pensil(UNKP) maupun sekolah yang telah menggunakan system ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maka harus mengetahui dan memahami aturan yang telah di tetapkan dalam melaksanakan dan menyelenggarakan ujian nasional.

Pada tahun pelajaran 2019/2020 ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Peraturan tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) beserta dengan kisi-kisi ujian nasional tahun pelajaran 2019/2020 yang mana di dalamPOS UN telah memuat tentang aturan penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan ujian nasional sedangkan pada kisi-kisi ujian nasional yakni di dalamnya memuat materi inti dari setiap jenis mata pelajaran yang akan di ujiankan.

Sekolah yang menyelenggarakan UN/UNBK wajib untuk memiliki file POS UN sebagai pedoman bagi sekolah dalam memahami peraturan dan prosedur dalam menyelenggarakan UN/UNBK. Begitu juga dengan kisi-kisi ujian nasional sekolah harus dapat menyampaikan kepada setiap guru mata pelajaran yang mengampu bidang study yang di UN kan sehingga guru dapat memiliki persiapan untuk memberikan latihan soal-soal UN kepada peserta didiknya sehingga peserta didik memiliki bekal berupa persiapan yang baik dan matang ketika akan mengikuti ujian nasional dan dapat mengerjakan soal UN/UNBK dengan lancar.

Di dalam POS UN terdapat beberapa garis-garis besar yang sangat penting dan harus di pahami oleh pihak sekolah yang dalam hal ini sebagai penyelenggara UN/UNBK. Adapun hal penting yang harus di pahami yakni meliputi tentang pengertian tentang apa itu POS UN, peraturan tentang peserta ujian nasional yang meliputi tentang persyaratan pendaftaran dan hak serta kewajiban yang harus di penuhi oleh peserta ujian nasional, peraturan tentang penyelenggara dan pelaksana ujian nasional, aturan penyiapan UN yang meliputi kisi-kisi dan kerahasiaan soal UN, penyiapan penggandaan dan pendistribusian bahan UN, dan bagi sekolah yang mengadakan ujian berbasis UNBK maka harus memahami aturan penyelenggaraannya yang juga telah di jelaskan di dalam POS UN tahun 2019/2020.
Selain itu masih banyak lagi hal-hal penting lainnya yang sekolah harus pahami dalam menyelanggarakan pelaksanaan UN/UNBK dan untuk lebih jelasnya maka dapat membaca POS UN dengan cermat agar mudah untuk di pahami.

Bagi guru yang mengajar bidang study yang di ujiankan juga sangat perlu untuk bisa memahami tentang kisi-kisi UN yang menjadi panduan dalam mengetahui jenis soal yang nantinya akan muncul ketika ujian nasional telah tiba. Kisi-kisi UN/UNBK dapat menjadi tolak ukur bagi keberhasilan peserta didik. Dengan memahami kisi-kisi UN maka peserta didik tentunya akan memiliki peluang yang besar untuk bisa mengetahui model dan jenis soal yang nantinya akan muncul pada saat ujian sehingga kisi-kisi UN sangat penting untuk di jadikan sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mempelajari bentuk-bentuk soal yang sekiranya akan muncul nantinya ketika pelaksanaan ujian dilaksanakan.

Bagi sekolah dalam hal ini bapak dan ibu guru  yang belum memiliki file POS UN tahun pelajaran 2019/2020 serta belum memiliki kisi -kisi UN/UNBK tahun 2020 maka pada postingan ini penulis akan membagikan filenya secara gratis serta anda dapat memilikinya dengan mudah untuk bisa menjadi pegangan bagi anda dalam memahami pentingnya POS UN dalam menyelenggarakan ujian nasional di setiap tahunnya.
Bagi anda yang membutuhkan file nya maka silahkan anda download pada judul di bawah ini.
  • POS UN/UNBK Tahun Pelajaran 2019/2020 (Disini)
  • Kisi - Kisi UN/UNBK Gabungan Tahun 2020 (Disini)
Semoga dengan anda memiliki file POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 dan KISI-KISI UN Tahun 2020 tersebut maka dapat membantu anda dalam memahami prosedur dalam menyelenggarakan pelaksanaan ujian nasional yang baik dan benar di sekolah anda masing-maising serta harapan agar siswa anda dapat lulus 100% dapat terealisasi dengan baik sehingga sekolah anda memiliki kualitas Pendidikan yang mantap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel