CARA LOGIN PMP UNTUK MENGISI KUESIONER RESPONDEN PTK,SISWA,DAN KOMITE

Kherysuryawan.id - Cara mengatasi gagal Login Aplikasi PMP offline versi 2019.11 menggunakan login siswa, login PTK dan login komite.
Pada tulisan kali ini saya akan memberikan solusi dari permasalahan yang banyak di hadapi oleh para operator PMP khususnya dalam hal gagal melakukan login ke dalam aplikasi PMP dengan menggunakan login siswa,PTK dan komite. Pemberitahuan gagal login yang sering muncul ketika akan melakukan login PMP bisanya tertulis "pengguna tidak di temukan atau password salah,mohon cek kembali informasi pengguna anda".Nah untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus dapat memahami beberapa hal penting yang akan di jadikan sebagai dasar untuk login ke dalam aplikasi PMP sehingga login dapat berhasil.

Sebagai seorang operator sekolah pasti mengenal nama aplikasi yang satu ini, yaitu aplikasi PMP atau aplikasi tentang penjaminan mutu pendidikan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang harus diisi oleh beberapa responden diantaranya kepala sekolah,PTK,siswa dan komite sekolah.
Jika pada aplikasi PMP sebelumnya pengawas sekolah juga ikut melakukan pengisian pada aplikasi PMP yang ada di masing-masing sekolah, maka berbeda dengan aplikasi PMP yang saat ini yaitu di mana pengawas sudah tidak lagi melakukan pengisian pada aplikasi PMP sekolah.

Aplikasi PMP merupakan aplikasi yang wajib diisi di setiap tahun dengan tujuan untuk melihat hasil mutu pendidikan di sekolah masing-masing. Dari tahun ke tahun aplikasi ini selalu mengalami perubahan baik dari jenis instrument pengisiannya dan juga jumlah responden yang harus mengisi.
Untuk jumlah minimal yang harus di isi oleh masing-masing responden pada aplikasi PMP versi 2019.11 yaitu:
  1. Jumlah responden siswa masing-masing tingkat/kelas minimal mengisi sebanyak 5 orang jadi total yang harus mengisi dalam 1 sekolah yaitu minimal 15 orang.
  2. Jumlah responden PTK yang harus mengisi minimal 10 orang
  3. JUmlah responden Komite yang harus mengisi minimal 3 orang
Adapun jumlah kuesioner yang akan diisi jumlahnya lebih sedikit jika di bandingkan dengan kuesioner pada pengisian aplikasi PMP di tahun-tahun sebelumnya. Adapun hal yang berbeda pada proses pengisian aplikasi PMP 2019.11 ini yaitu sekolah harus mengunduh aplikasi EDS Dikdasmen PMP offline beserta dengan prefillnya, jadi prosesnya hampir sama dengan aplikasi dapodik.

Jika di sekolah anda telah memiliki laboratorium computer maka pastilah sudah terintegrasi dengan jaringan LAN (local area network ). Dengan bantuan jaringan LAN maka pengerjaan aplikasi PMP ini akan lebih cepat untuk dilakukan karena dapat di gunakan untuk mengisi kuesioner PMP dengan menggunakan banyak computer dan dapat dilakukan secara bersama-sama tanpa menggunakan jaringan internet.

Namun jika disekolah anda belum memiliki jaringan LAN maka anda juga masih dapat melakukan pengisian kuesioner PMP secara bersama-sama dengan menggunakan banyak computer dengan syarat harus terhubung dengan jaringan internet.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi informasi mengenai cara login ke aplikasi PMP agar bisa mengerjakan kuesioner PTK,SISWA dan KOMITE.
Berbeda dengan login kepala sekolah dimana jika kita ingin mengisi kuesioner kepala sekolah maka cukup login dengan menggunakan username dan password operator dapodik,karena jika kita login menggunakan akun operator dapodik maka secara otomatis kuesioner yang ditampilkan pada aplikasi PMP tersebut merupakan kuesioner yang harus diisi oleh kepala sekolah.
Lain halnya jika kita ingin login untuk mengisi kuesiner PTK,SISWA,PENGAWAS dan KOMITE maka caranya akan saya jelaskan pada bagian di bawah ini.

1. LOGIN SEBAGAI PTK

Untuk bisa login PTK di aplikasi PMP versi 2019.11 maka pada kolom “username” diisi dengan menggunakan email yang sudah terdaftar di dalam aplikasi dapodik kemudian untuk kolom “password” diisi dengan menggunakan nomor/kode password sesuai dengan password akun PTK masing2 yang ada di dapodik.

2. LOGIN SEBAGAI SISWA ATAU PESERTA DIDIK
Untuk bisa login sebagai siswa di aplikasi PMP versi 2019.11 maka pada kolom “username” diisi dengan menggunakan gabungan antara nomor NISN,nomor NPSN dan kode lainnya kemudian untuk kolom “password” diisi dengan tahun-bulan-tanggal lahir. 
(Sebagai contoh jika NISN siswa adalah 12345678 dan NPSN sekolah adalah 20202043 serta tanggal lahir siswa tersebut adalah 2 april 2009.
maka username siswa tersebut adalah : 12345678@20202043.pd.id
passwordnya adalah 2009-04-02)

3. LOGIN SEBAGAI PENGAWAS SEKOLAH
Karena pada aplikasi PMP versi 2019.11 sudah tidak lagi menyediakan pengisian responden untuk pengawas sekolah, maka tidak perlu lagi membuat akun pengawas dan tidak perlu lagi login sebagai pengawas sekolah sebab pengawas sekolah juga memiliki pengisian PMP pada aplikasi PMP tersendiri.

4. LOGIN SEBAGAI KOMITE SEKOLAH
Untuk bisa login sebagai Komite sekolah di aplikasi PMP versi 2019.11 Maka terlebih dahulu harus membuat/menambahkan akun komite dengan jumlah minimal responden komite yaitu 3 orang. pada menu tambah komite terdapat isian username dan password sehingga untuk bisa login sebagai komite maka pada username dan passwordnya di isi dengan menggunakan email dan password yang di gunakan ketika melakukan tambah akun komite di aplikasi PMP 2019.11


Demikianlah penjelasan mengenai cara login PMP menggunakan akun masing-masing responden, semoga apa yang telah saya paparkan pada postingan kali ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai cara login PMP untuk mengisi kuesioner PTK,SISWA, dan KOMITE SEKOLAH, sehingga anda dapat berhasil mengerjakan pengisian kuesioner di aplikasi PMP dengan baik.

2 Responses to "CARA LOGIN PMP UNTUK MENGISI KUESIONER RESPONDEN PTK,SISWA,DAN KOMITE"

  1. terima kasih atas bantuannya Pak, saya sangat terbantu sekali dengan perangkat yang Pak bagikan ini. Namun instrumen soalnya yang tidak ada Pak, di kolom RPPnya terlampir tetapi tidak ada Pak. mohon bantuannya Pak. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->