-->

10 Langkah Membuat Page Layout Potrait dan Lanscape Dalam 1 File di MS Word

kherysuryawan.id - Cara Membuat Halaman di Word Menjadi Lanscape dan Potrait dalam satu file.
Microsoft office word merupakan salah satu alat/aplikasi yang sangat membantu banyak orang dalam membuat catatan ataupun tulisan yang dapat disimpan dalam bentuk file. Bagi anda yang sering bergelut dengan komputer maka tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan Microsoft office word.
Banyak manfaat yang dapat di peroleh dalam membuat catatan ataupun tulisan pada word salah satunya ialah dapat menulis kata-kata sebanyak mungkin bahkan tak terbatas dan juga dapat merubah jenis atau bentuk tulisan menjadi gaya tulisan yang sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai seorang pekerja kantoran ataupun sebagai anak sekolahan maka word menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Dengan semakin berkembangnya zaman maka kita pun di tuntut untuk dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu proses pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Pegawai kantor sering membuat laporan – laporan yang biasanya di tulis dalam sebuah halaman di word sehingga nantinya laporan tersebut langsung dapat di cetak ataupun di simpan dalam bantuk file sehingga word sangat membantu pekerjaan khususnya bagi pekerja kantoran. Tidak hanya itu saat ini anak sekolahan pun juga telah banyak mengerjakan tugas sekolah dengan menggunakan aplikasi word. Biasanya anak sekolah ketika membuat tugas baik dalam bentuk cerita maupun dalam bentuk makalah maka mereka tentunya akan memanfaatkan word sebagai alat tulis yang dapat menyimpan sebuah catatan untuk dijadikan dalam bentuk file yang dapat di simpan dan di cetak serta dapat dijadikan sebagai sebuah arsip.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam word kita dapat membuat halaman menjadi 2 bentuk yang mungkin selama ini banyak orang yang hanya mengira bahwa jika akan menulis di word hanya bisa mengatur jenis halaman menjadi 1 bentuk saja padahal sebenarnya dalam 1 halaman tersebut kita dapat membuat 2 jenis atau 2 bentuk layout di word (Potrait & Lanscape).
Pada saat kita akan membuat sebuah tulisan ataupun sebuah laporan, maka biasanya kita akan di hadapkan pada data yang harus di buat dalam bentuk format halaman tegak (Potrait) ataupun dalam bentuk halaman memanjang (Lanscape). Jika kita akan membuka word dan mengatur halaman yang akan digunakan ke dalam bentuk portrait maka secara otomatis seluruh halaman akan menjadi bentuk Potrait dan begitu juga sebaliknya apabila kita mengatur page layout halaman word menjadi bentuk Lanscape maka secara otomatis seluruh halaman yang terbuka akan menjadi berbentuk landscape.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika kita akan membuat page layout dalam 1 dokumen menjadi 2 jenis yakni berbentuk landscape dan juga berbentuk portrait, apakah hal tersebut dapat dilakukan??? Jawabannya ialah BISA dilakukan.
Untuk dapat melakukan hal tersebut maka pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk menjadikan 1 halaman word dapat menampilkan page layout dalam bentuk portrait dan landscape.

Biasanya banyak orang yang akan menulis di lembar kerja word dengan berbagai bentuk tulisan yang juga di dalamnya memuat gambar ataupun tabel sehingga terkadang jika hanya menggunakan halaman portrait saja maka ada gambar ataupun tabel yang tidak muat pada halaman tersebut sehingga membutuhkan jenis halaman yang lebih luas dan lebar dan salah satu caranya ialah menjadikan halaman word tersebut menjadi 2 bentuk yaitu dalam bentuk portrait dan landscape dalam satu file.

Baiklah berikut ini penjelasan mengenai cara untuk membuat page layout portrait dan landscape dalam satu file di MS Word dengan 10 langkah berikut ini
1.   Pertama, silahkan anda buka halaman dokumen Ms word
2.   Selanjutnya apabila anda telah menggunakan format halaman portrait dan selanjutnya akan membuat halaman landscape di bawahnya maka silahkan anda letakkan kursor mouse pada halaman akhir dimana pada halaman berikutnya akan anda rubah menjadi bentuk landscape
3.   Selanjutnya silahkan anda pilih menu “page layout” atau “layout” pada menu bar di word tersebut
4.   Kemudian Pada group page setup pilih breaks, dan pada saat kita klik breaks maka akan muncul jendela breaks, lalu silahkan anda pilih next page pada section breaks.
5.   Kemudian akan muncul halaman baru yang berada dibawah halaman sebelumnya.
6.   Lalu Letakkan kursor anda pada halaman tersebut kemudian silahkan anda ubah pengaturan orientationnya
7.   Klik menu orientation pada group page setup kemudian pilih lanscape.
8.   Maka anda akan melihat halaman atas dalam bentuk portrait dan halaman bawah dalam bentuk landscape
9.   Apabila anda akan kembali membuat halaman di bawah landscape tersebut kembali menjadi portrait maka anda dapat melakukan caranya sama seperti langkah-langkah di atas dan anda hanya perlu mengganti jenis orientationnya sesuai dengan yang anda inginkan.
10.  Selesai.

Bagaimana mudah bukan dalam mengatur page layout menjadi berbentuk portrait dan landscape dalam satu halaman atau dalam satu file, semoga melalui beberapa langkah yang telah saya jelaskan di atas dapat membantu anda dalam membuat 1 halaman pada MS word menjadi berbentuk landscape dan portrait.

Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang membaca artikel ini, dan saya ucapkan terimakasih kepada anda yang telah membaca postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel