-->

13 Langkah Cara Menambahkan MAPEL Agama Non Islam Di e-Rapor

Kherysuryawan.id – Cara mengatur dan menambahkan mata pelajaran agama hindu, agama Kristen, agama katholik, agama budha, agama konghuchu di dalam aplikasi erapor.
Aplikasi e-Rapor saat ini telah banyak digunakan di masing-masing sekolah mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK. Dengan menggunakan aplikasi erapor maka proses penilaian dapat dilakukan dengan mudah dan bahkan pengerjaannya pun dapat dikerjakan secara bersama-sama oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Bagi anda yang sekolahnya telah menggunakan aplikasi erapor maka pastinya ada saja permasalahan yang kerap kali anda jumpai ketika akan melakukan proses penginputan nilai di aplikasi erapor. Salah satu kasus yang banyak menjadi pertanyaan bagi sekolah yang menggunakan aplikasi erapor ialah ketika ada sekolah yang peserta didiknya mayoritas beragama islam namun ada juga siswa yang beragama lain tetapi hanya sedikit bahkan terkadang hanya ada 2 atau 3 orang saja, sehingga sekolah tidak memasukkan guru agama non islam kedalam aplikasi dapodik dan menyebabkan mata pelajaran non islam tidak muncul pada aplikasi erapor.

Nah bagi yang sekolahnya memiliki peserta didik seperti yang saya paparkan diatas maka tentunya akan kebingungan untuk memberikan nilai agama bagi siswa yang beragama non muslim sebab di aplikasi erapor tidak terdapat jenis mata pelajaran agama lain selain agama islam. Apabila anda mengalami masalah tersebut, maka anda dapat dengan mudah mengatasinya dan membuat mata pelajaran agama non islam dapat masuk ke dalam aplikasi erapor yaitu dengan melakukan beberapa tahapan yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Pada postingan ini, saya akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk bisa menambahkan jenis mata pelajaran agama non islam (Kristen, hindu, katolik, budha, konghuchu) agar dapat masuk kedalam aplikasi erapor. Untuk bisa melakukan hal tersebut maka anda membutuhkan sedikit pengaturan pada aplikasi dapodik sekolah, sebab seluruh data yang ada di dalam aplikasi erapor tersincronisasi dengan data yang ada di dalam aplikasi dapodik.
Aplikasi dapodik menjadi sumber data didalam aplikasi erapor yang mana nantinya beberapa data yang dibutuhkan dalam proses penginputan di erapor akan ditarik langsung dari dalam aplikasi dapodik sehingga untuk memasang aplikasi erapor sebaiknya di pasang pada laptop yang juga menngunakan aplikasi dapodik agar mudah untuk di atur. Adapun data dapodik yang nanatinya di ambil untuk keperluan data di erapor antara lain data guru, data siswa, data mata pelajaran, data rombel, data ekskul dan masih banyak yang lainnya.

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk menambahkan atau mengatur mata pelajaran agama (agama islam, agama kristen, agama katolik, agama hindu, agama konghuchu)  ke dalam aplikasi erapor maka berikut ini langkah-langkahnya ;
1.   Silahkan anda masuk kedalam aplikasi dapodik
2.   Kemudian pilih menu “ Rombongan belajar” selanjutnya pilih menu “Reguler”
3.   Setelah itu silahkan anda pilih kelas yang di dalamnya terdapat siswa yang beragama lain selain agama islam lalu klik “pembelajaran”
4.   Silahkan isi untuk mata pelajaran Pendidikan agama yang ada di sekolah anda.
Misalnya jika di sekolah anda khususnya di kelas yang anda buka tersebut terdapat peserta didik yang beragama islam,Kristen,katolik,hindu,budha maka seluruh jenis mata pelajaran tersebut harus anda isikan di kelas tersebut.
Sebagai contoh jika anda ingin menambahkan mata pelajaran agama Kristen, maka Silahkan isi untuk mata pelajaran Pendidikan agama Kristen kemudian klik simpan (seperti gambar di bawah)
5.   Selanjutnya silahkan buka aplikasi erapor, kemudian login menggunakan akses admin
6.   Masuk ke menu Ambil data dari dapodik, silahkan klik sinkron semua data, tunggu sampai proses selesai
7.   Selanjutnya Masuk ke menu Data Referensi dapodik, silahkan cek data mata pelajaran Pendidikan Agama Kristennya apakah sudah muncul, jika sudah ada silahkan klik ringkas mata pelajaran untuk menyingkat nama  Mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (seperti gambar di bawah)
8.   Kemudian silahkan anda Masuk ke menu Data Referensi Lokal, silahkan pilih mapping mapel K2013, kemudian isi untuk kelompok mapelnya menjadi Mapel Wajib, dan isi nomor urut mapelnya di posisi 1, kemudian simpan
9.   Masuk ke menu data KKM per mata Pelajaran, silahkan klik input KKM mata pelajaran, dan isi KKM sesuai dengan KKM mapel Pendidikan Agama Kristen di sekolah anda (lihat gambar di bawah )
10. Selanjutnya Masuk Ke menu Bobot PH, PTS dan PAS, silahkan pilih kelasnya dan lansung klik simpan (lihat gambar)
11. Jika sudah selesai proses  di atas di level admin, silahkan login guru bidang agama nya ke aplikasi erapor
12. Silahkan guru bidang Agama login menggunakan akses login guru dan lakukan seperti mata pelajaran agama Islam, mulai dari mapping KD sampai memasukan nilainya.
13. Selesai.
Apabila seluruh langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar, maka anda dapat dengan mudah menambahkan mata pelajaran agama lain selain agama islam kedalam aplikasi erapor. Semoga dengan penjelasan diatas akan sangat membantu para operator yang menjadi admin erapor di sekolah masing-masing sehingga masalah yang sama seperti pada postingan ini dapat teratasi dengan baik.
Akhir kata semoga anda dapat melakukan proses penginputan nilai di aplikasi erapor dengan baik dan terimakasih telah berkenan membaca artikel ini.
Demikian semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel