2 Cara Input KKM di Aplikasi Erapor Tahun 2019/2020


KKM merupakan singkatan dari kriteria ketuntasan minimal. KKM wajib di buat oleh setiap guru mata pelajaran sebagai pedoman untuk mengetahui tingkat keberhasilan setiap peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan setiap kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik dalam mencapai ambang batas ketuntasan.

Pada dasarnya seorang guru akan membuat atau menetapkan KKM di setiap awal tahun pelajaran. KKM biasanya di tetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang di dasarkan pada hasil musyawarah oleh setiap guru mata pelajaran baik melalui kegiatan MGMP maupun oleh rekan guru sejawat.
Adapun nilai KKM biasanya dinyatakan dalam bentuk angka yakni berkisar antara 0 hingga 100. KKM menunjukkan persentase dari tingkat pencapaian kompetensi yang di peroleh masing-masing peserta didik.

Bagi peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM maka dinyatakan tidak berhasil atau tidak lulus sehingga harus mengikuti program remedial untuk bisa memperbaiki nilai yang masih di bawah nilai batas KKM sedangkan bagi peserta didik yang telah mencapai nilai ambang batas KKM maka tentunya dinyatakan telah tuntas atau berhasil sehingga tidak perlu lagi mengikuti kegiatan remedial karena telah dianggap tuntas namun peserta didik anjurkan untuk mengikuti kegiatan pengayaan untuk dapat memperkuat pemahaman dari materi yang dipelajari dan materi selanjutnya.

Dalam proses pengisian erapor penginputan nilai KKM menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagi sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor maka hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang admin dalam mengatur alur kerja penilaian pada aplikasi erapor adalah melakukan penginputan nilai KKM sehingga nantinya nilai KKM tersebut dapat menjadi dasar dalam menentukan ketuntasan pada setiap kompetensi dasar.

Pada artikel ini saya sebagai admin akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara menambah nilai KKM di aplikasi erapor atau cara melakukan input nilai KKM kedalam aplikasi erapor. Untuk melakukan input nilai KKM kedalam aplikasi erapor maka dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara yakni dapat dilakukan dengan cara input secara langsung kedalam aplikasi erapor atau dengan cara mengunduh format pengisian nilai KKM kemudian nantinya format tersebut di isi dan hasilnya di import kedalam aplikasi erapor.

Perlu di ingat bahwa cara untuk menginput nilai KKM kedalam aplikasi erapor hanya bisa dilakukan oleh seorang admin erapor sehingga sebelum melakukan penginputan nilai KKM maka admin erapor wajib meminta nilai KKM untuk masing-masing mata pelajaran kepada bagian kurikulum dan kemudian nantinya nilai KKM tersebut diinputkan oleh admin erapor kedalam aplikasi erapor.

Berikut ini 2 cara untuk melakukan input nilai KKM kedalam aplikasi erapor.
1.   Dengan menginput langsung kedalam aplikasi erapor 
Cara ini dapat anda lakukan yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama silahkan anda buka aplikasi erapor, kemudian pilih menu “Data Referensi Lokal” dan pilih “KKM Mapel” selanjutnya pilih tulisan “ + Input KKM Mata Pelajaran
Setelah itu silahkan anda pilih nama mata pelajaran, kelas, dan inputkan nilai KKM  sesuai dengan nilai KKM setiap mata pelajaran, dan lakukan untuk seluruh mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah anda.

2.   Dengan melakukan import KKM mata pelajaran
Cara ini dapat anda lakukan yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama silahkan anda klik menu “Import KKM mata pelajaran” selanjutnya silahkan anda klik “Download format import” kemudian silahkan anda isi format yang telah anda download tadi dengan memasukkan nilai KKM sesuai dengan jenis mata pelajaran dan setelah itu silahkan anda upload format data KKM yang telah di isi tersebut maka secara otomatis nilai KKM yang ada pada aplikasi erapor akan muncul sesuai dengan jenis mata pelajaran yang ada.

Perlu anda ketahui bahwa nilai KKM menjadi acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar pada mata pelajaran yang diikuti. Selain itu KKM juga menjadi acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri untuk mengikuti penilaian mata pelajaran sehingga nilai KKM sangat penting bagi pendidik dan peserta didik dalam mengetahui tingkat ketuntasan materi dan keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan juga semoga dapat menambah wawasan anda dalam memahami pentingnya membuat, memperhatikan dan melakukan penginputan nilai KKM pada aplikasi erapor agar proses penilaian di dalam aplikasi erapor dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

0 Response to "2 Cara Input KKM di Aplikasi Erapor Tahun 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel