-->

Cara Cek Pengiriman PMP Yang Benar (Sudah Terkirim atau Belum)

Kherysuryawan.id – cara cek syncronisasi pada aplikasi PMP Tahun 2019/2020.
Pengisian kuesioner pada aplikasi PMP membutuhkan waktu yang cukup lama sebab responden yang harus mengisi kuesioner tersebut bukan hanya 1 orang saja melainkan terdiri dari beberapa responden yang di antaranya adalah kepala sekolah sebanyak 1 orang, guru sebanyak 15 orang, dan komite sebanyak 3 orang.

Dalam proses pengisian PMP hal yang paling di rasa sangat melelahkan yaitu ketika kuesioner yang harus di isi memiliki jumlah pertanyaan yang sangat banyak dan pilihan jawaban yang juga memiliki option yang banyak sehingga mau tidak mau maka responden yang harus menjawab membutuhkan ketelitian dalam membaca pertanyaan yang di ajukan pada kuesioner tersebut agar tidak salah dalam memberikan jawaban.

Di tahun 2019 aplikasi PMP terdapat banyak masalah dan bahkan mau tidak mau karena masih adanya kekurangan pada salah satu standar penilaian maka aplikasi PMP akan kembali di perbaharui dan akan dilanjutkan proses pengisiannya di tahun 2020. Salah satu orang yang paling merasakan lelahnya dalam menangani aplikasi PMP di setiap satuan Pendidikan tentunya adalah operator sekolah yang di tunjuk sebagai admin dalam menangani perkembangan PMP di sekolah masing-masing.

Hal penting yang harus di ketahui oleh seornag operator sekolah khususnya yang menangani masalah PMP yakni operator harus dapat memastikan bahwa data pengisian pada aplikasi PMP yang telah dilakukan oleh seluruh responden telah benar-benar terkirim dengan baik ke server pusat sehingga seluruh data isian pada kuesioner PMP dapat tersincronisasi dengan baik dan pada akhirnya jika sekolah telah mengirim isian data PMP maka sekolah akan mendapatkan rapor mutu PMP.

Rapor mutu PMP akan di terbitkan di setiap tahun bagi sekolah yang telah berhasil mengirimkan data pengisian kueioner PMP di sekolah masing-masing. Bagi sekolah yang telah melakukan pengisian pada aplikasi PMP namun belum melakukan pengiriman data PMP atau telah mengirim namun tidak terbaca telah melakukan sincronisasi oleh server maka tidak akan memperoleh rapor PMP, jadi oleh sebab itu pengiriman PMP harus benar-benar di pastikan berhasil agar dapat memperoleh rapor mutu PMP.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengecekan sekolah yang telah berhasil melakukan pengiriman data PMP dengan baik dan benar maka pada postingan ini admin akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara yang benar untuk mengecek data pengiriman aplikasi PMP telah berhasil.
Berikut ini langkah-langkah yang benar untuk mengetahui apakah sekolah anda telah melakukan pengiriman data pengisian PMP ke system server pusat.
1.   Silahkan anda buka alamat berikut : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2.   Pilih menu “Progres Data”
3.   Selanjutnya pilih tahun pendataan yang akan di lihat hasil pengirimannya
4.   Pada menu Progres data PMP silahkan anda klik “Progres Pengiriman”
5.   Kemudian silahkan pilih wilayah provinsi anda
6.   Pilih nama kabupaten anda
7.   Pilih nama kecamatan anda
8.   Selanjutnya pilih nama sekolah anda
9.   Cek pada tulisan “status Kirim”. jika sekolah anda telah muncul tulisan “ SUDAH TERKIRIM” itu berarti sekolah anda telah berhasil melakukan pengiriman data PMP ke server pusat, namun jika pada status kirim untuk sekolah anda masih kosong maka itu artinya sekolah anda belum melakukan pengiriman data PMP ke server pusat.

Sebagai bahan informasi tambahan bahwa sebaiknya ketika anda melakukan proses pengiriman data PMP melalui tahapan syncronisasi hendaknya dilakukan lebih dari 1 kali agar data PMP yang akan di kirim dapat benar-benar terkirim ke server pusat dengan baik.
Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Salam Satu Data, Salam Sukses PMP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel