-->

Siap-Siap Menggunakan Dapodik Baru Versi Pauddasmen Tahun 2020/2021

Kherysuryawan.id- Persiapan aplikasi dapodik baru yakni aplikasi dapodik pauddasmen versi 2020/2021.
Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa pada aplikasi dapodik saat ini khusus untuk jenjang Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki aplikasi dapodik yang terpisah dengan aplikasi dapodik jenjang SD,SMP dan SMA/SMK. Awalnya aplikasi dapodik untuk jenjang Pendidikan dasar juga terpisah dengan aplikasi dapodik pada Pendidikan menengah, namun dengan seiring waktu akhirnya kini kedua jenjang tersebut telah menggunakan aplikasi dapodik yang sama yang saat ini di beri nama aplikasi dapodikdasmen.

Beredar kabar terbaru bahwa ternyata aplikasi dapodik tidak lama lagi akan menjadi satu aplikasi yang tidak terpisahlan yakni mulai dari jenjang paud, jenjang Pendidikan dasar dan juga jenjang Pendidikan menengah. Ketiga jenjang Pendidikan tersebut akan menggunakan aplikasi dapodik yang sama sehingga bisa jadi nama yang akan di gunakan nantinya ialah aplikasi dapodik pauddasmen, yang artinya gabungan antara dapodik jenjang pendidikan usia dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah.

Saat ini aplikasi dapodik yang digunakan pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020 masih tetap dapat digunakan seperti biasanya baik untuk melakukan penginputan data hingga untuk melakukan sinkronisasi data namun tak lama lagi aplikasi dapodik tersebut akan segera ditutup yakni tepatnya akan berakhir pada tanggal 10 mei tahun 2020. Maksud dari penutupan aplikasi dapodik di semester 2 tahun ajaran 2020/2021 adalah agar pihak pusat khususnya pengembang aplikasi dapodik dapat melakukan proses pemantapan aplikasi dapodik versi terbaru yang nantinya bisa kembali digunakan ileh setiap sekolah.

Seperti yang telah di jelaskan pada laman beranda dapodik online dimana saat ini Organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah bergabungnya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke dalam Unit Utama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sehingga berubah menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Dengan adanya perubahan organisasi dan tata kerja ini maka Aplikasi Dapodik yang dikelola oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah harus melakukan perubahan dan penyesuaian sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Dari penjelasan di atas tentunya sudah barang jelas bahwa nantinya akan muncul apikasi dapodik versi terbaru yang merupakan aplikasi yang dapat di gunakan oleh semua jenjang dalam satu aplikasi saja. Dijelaskan pula bahwa Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah akan mengembangkan Aplikasi Dapodik versi baru untuk satuan pendidikan di semua jenjang. Selain pada aplikasi Dapodik, pengembangan dan penyesuaian juga harus dilakukan pada Manajemen Dapodik untuk Dinas Pendidikan. Melalui penjelasan itu maka sekolah di harapkan agar melakukan percepatan pengisian dan pengiriman dapodik sebab sinkronisasi pada aplikasi dapodikdasmen versi 2020 akan di tutup pada hari minggu tepatnya tanggal 10 mei pukul 23.59 waktu Indonesia barat.

Oleh sebab itu sembari menunggu aplikasi dapodik versi terbaru yang di perkirkan akan di rilis pada awal bulan juni tahun 2020 nantinya yang akan di gunakan untuk melakukan pendataan di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 mari kita persiapkan diri dengan baik khususnya dalam melakukan pendataan secepat dan seakurat mungkin agar di waktu yang tersisa ini semua pekerjaan dalam penginputan dan pengiriman di aplikasi dapodik periode semester 2 tahun 2019/2020 dapat di tuntaskan dengan baik.

Demikianlah informasi terkini yang dapat saya berikan dalam hubunganya dengan aplikasi dapodik baik untuk jenjang SD,SMP maupun SMA/SMK. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan wawasan anda dalam memahami pentingnya dalam melakukan penginputan dan pengiriman di aplikasi dapodik sesuai dengan versi yang berlaku saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel