-->

Cara Cek Status Bantuan PIP Sudah Cair Atau Belum


Kherysuryawan.id – langkah-langkah cara untuk mengecek apakah bantuan dana PIP tahun ini sudah cair atau belum.
Blog kherysuryawan.id merupakan blog Pendidikan yang banyak membahas mengenai persoalan serta solusi dalam memberikan informasi seputar bantuan dana Pendidikan dalam bentuk program Indonesia pintar. Program PIP dapat dirasakan oleh peserta didik mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA/SMK hingga jenjang Kuliah.

Program Indonesia pintar hanya di peruntukkan bagi siswa yang kurang mampu dan dibuktikan dengan memiliki kartu Indonesia pintar (KIP). Apabila anda memiliki kartu Indonesia pintar maka dapat di pastikan bahwa anda akan mendapatkan bantuan PIP dengan catatan bahwa anda aktif bersekolah dan telah mendaftarkan kartu serta nomor KIP anda kepada pihak sekolah. Apabila anda memiliki kartu KIP namun anda tidak melakukan pendaftaran kartu dan nomor KIP anda di sekolah maka anda tidak akan bisa terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP.

Sahabat dan pengunjung blog kherysuryawan.id yang berbahagia, dalam program indonesia pintar perlu anda ketahui bahwa seluruh bantuan yang disalurkan dalam bentuk uang tunai melalui setiap rekening penerima maka uang tersebut hanya di peruntukkan dalam membeli setiap kebutuhan sekolah ataupun sebagai biaya transportasi siswa dari rumah menuju ke sekolah.
Tidak semua peserta didik yang berasal dari keluarga miskin di beri kesempatan untuk mendapatkan kartu KIP dan mendapatkan bantuan PIP sehingga bagi anda yang termasuk sebagai siswa yang menerimakan bantuan PIP maka diharapkan untuk benar-benar menggunakan uang bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dalam proses pencairan bantuan dana PIP di sekolah ada istilah yang di namakan sebagai status sudah di cairkan atau belum di cairkan. Status tersebut sangat penting untuk penerima bantuan PIP sebab dengan status tersebut maka anda dapat mengetahui apakah nama anda sudah berada pada status sebagi “sudah di cairkan” atau “belum cair”.
Untuk anda yang namanya telah masuk sebagai calon penerima bantuan PIP maka anda patut bersyukur karena anda akan mendapatkan bantuan PIP dalam bentuk uang tunai dengan besaran yang telah di tentukan sesuai SK penetapan pencairan PIP.

Untuk besaran dana PIP masing-masing jenjang berbeda-beda. Antara jenjang SD, SMP, SMA/SMK nilai nominal uang yang akan di terima masing-masing jenjang memiliki selisih 250 ribu, dan dana PIP yang paling besar di berikan kepada siswa jenjang SMA/SMK karena pada jenjang tersebut nilai kebutuhan sekolah lebih banyak di bandingkan dengan jenjang SD dan SMP.
Khusus untuk mahasiswa jenjang kuliah maka bentuan yang di berikan juga berbeda dan nominalnya pun lebih besar dari jenjang SMA/SMK.

Pada postingan kali ini saya akan membahas dan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa mengetahui status pencairan dana PIP siswa. Apakah siswa penerima bantuan PIP berada pada status sudah di cairkan bantuan PIP nya atau belum di cairkan. Nah untuk mengetahui status tersebut maka terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan informasi tersebut.
Pada postingan ini saya akan memberi contoh mengenai cara mengecek status pencairan apakah sudah cair atau belum pada jejang Sekolah SMP.
Baiklah bagi anda yang ingin melakukan pengecekan dan ingin mengetahui status data anda apakah sudah cair atau belum cair, maka berikut ini tahapannya.

1.   Silahkan anda masuk(login) ke dalam aplikasi PIP SMP
2.   Setelah itu klik menu “siswa”
3.   Selanjutnya untuk melihat status bahwa bantuan PIP siswa sudah cair atau belum maka silahkan anda klik menu “status pencairan”
4.   Untuk mengetahui status penerima bantuan PIP yang sudah cair, maka silahkan anda pilih pilahan “CAIR” maka nantinya akan terlihat nama-nama siswa yang telah berada pada status tersebut
5.   Untuk mengetahui status penerima bantuan PIP yang belum cair, maka silahkan anda pilih pilahan “BELUM CAIR” maka nantinya akan terlihat nama-nama siswa yang berada pada status tersebut

Itulah penjelasan yang bisa saya bagikan kepada anda sekalian mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengecekan status pencairan bantuan PIP Siswa, kiranya melalui informasi tersebut senantiasa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Demikianlah postingan untuk pembahasan mengenai status pencairan PIP bagi siswa penerima bantuan PIP dan apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar bantuan PIP baik untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan Bantuan PIP kuliah maka anda dapat langsung mendapatkan informasi lengkapnya di blog kherysuryawan.id
Sekian informasi kali ini, Terimakasih atas Perhatian Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel