-->

Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2020


Kherysuryawan.id – Informasi jadwal tanggal pengumuman kelulusan untuk siswa siswi jenjang SD, SMP, SMA/SMK tahun 2020.
Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa di tahun 2020 ini seluruh peserta didik yang berada pada kelas tingkat akhir baik jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas semuanya tidak melakukan ujian nasional. Hal tersebut di sebabkan karena adanya masalah yang menyangkut keamanan serta kesehatan setiap peserta didik di seluruh Indonesia.

Meskipun siswa kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK tidak lagi mengadakan ujian nasional namun urusan kelulusan masih tetap di adakan pada jenjang sekolah tersebut. Adapun syarat untuk menentukan kelulusan siswa yaitu syarat penentu kelulusan siswa bisa dengan mengadakan ujian sekolah (US), dengan syarat Ujian sekolah tidak mengumpulkan siswa secara fisik atau Ujian sekolah bisa dilakukan secara daring. Jika sekolah tidak siap mengadakan Ujian sekolah daring, Ujian sekolah dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Selain itu apabila ada sekolah yang memang tidak bisa untuk melakukan ujian sekolah, maka terdapat beberapa syarat yang bisa di lakukan oleh sekolah dalam menentuka kelulusan siswa pada jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Berikut ini beberapa ketentuan yang harus di penuhi agar siswa dapat dinyatakan lulus.
-        Kelulusan SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, 5, dan 6 semester gasal), sementara nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.
-        Kelulusan SMP/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 9 dapat dijadikan sebagai tambahan nilai kelulusan.
-        Kelulusan SMA/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 12 dapat dijadikan sebagai tambahan nilai kelulusan.
-        Kelulusan SMK/sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio, dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Kemudian nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Bagi anda siswa kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK apabila anda merasa bahwa nilai anda pada semester-semester sebelumnya memiliki nilai yang baik dan anda tidak memiliki masalah di sekolah, maka dapat di pastikan anda akan memperoleh informasi hasil kelulusan yang sesuai dengan harapan. Semoga anda yang termasuk sebagai siswa siswi Angkatan tahun ini dapat lulus semuanya dan tentunya akan menjadi sejarah yang tidak akan terlupakan bahwa anda merupakan lulusan tanpa melakukan ujian nasinal untuk pertama kalinya di Indonesia.

Bagi anda yang nantinya akan melihat jadwal kelulusan di tahun 2020 ini, maka melalui postingan ini anda dapat mengetahui jadwal tersebut sebab disini saya akan memberikan informasi lengkap mengenai jadwal tanggal pengumuman kelulusan untuk siswa siswi kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK di tahun 2020 ini.
Pengumuman kelulusan tentunya menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap peserta didik tingkat akhir pada masing – masing jenjang Pendidikan, sebab momen itulah yang menjadi hal terindah yang akan memberikan informasi mengenai hasil yang akan di peroleh siswa apakah ia di nyatakan lulus atau tidak lulus.

Baiklah untuk mengetahui jadwal pengumuman kelulusa siswa tingkat akhir kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK maka berikut ini jadwal lengkapnya yang telah di sesuaikan dengan masing-masing jenjang sekolah.
Tanggal kelulusan SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, SMALB, Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, atau sederajat ditetapkan secara nasional sebagai berikut:
-        Kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni 2020.
-        Kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan  tanggal 5 Juni 2020.
-        Kelulusan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 2 Mei 2020.

Adapun untuk Ketentuan tanggal kelulusan diatas juga berlaku untuk sekolah Indonesia di luar negeri (SILN) dan satuan Pendidikan kerja sama (SPK).
Penyampaian kelulusan siswa dapat di sampaikan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat yang berwenang. Intinya bahwa kelulusan tahun 2020 ini sama halnya dengan kelulusan pada tahun-tahun sebelumnya, hanya saja yang membedakan yaitu tahun 2020 ini siswa di luluskan meskipun tanpa melakukan ujian nasional.

Demikianlah informasi mengenai jadwal tanggal kelulusan untuk siswa-siswi kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK pada tahun 2020, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih atas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel