-->

PANDUAN MENGERJAKAN APLIKASI AKREDITASI SISPENA TAHUN 2019

kherysuryawan.id - Aplikasi sispena merupakan aplikasi yang di gunakan untuk melakukan pengisian data – data sekolah dengan tujuan untuk melakukan proses akreditasi sekolah. Kegiatan dan proses akreditasi biasanya dilakukan oleh setiap sekolah ataupun perguruan tinggi yang belum pernah melakukan atau belum memiliki status akreditasi.

Selain sekolah atau perguruan tinggi yang belum pernah memiliki akreditasi biasanya kegiatan atau proses akreditasi juga di lakukan oleh sekolah atau perguruan tinggi yang sudah terakreditasi sebelumnya namun status akreditasinya sudah kadaluarsa atau harus di update kembali.

Jangka waktu yang berlaku dalam akreditasi yaitu berlaku selama 5 tahun yang artinya bahwa apabila status akreditasi baik sekolah maupun perguruan tinggi telah kadaluarsa maka sekolah atau perguruan tinggi tersebut wajib melakukan proses akreditasi ulang.

Nilai atau peringkat pada akreditasi setiap sekolah berbeda-beda tergantung pada hasil visitasi asesor atau kelengkapan data yang di miliki oleh masing-masing sekolah.
Peringkat pada akreditasi dapat berupa akreditasi A, akreditasi B,akreditasi C atau bahkan tidak terakreditasi. Penyebab atau masalah yang sering terjadi pada sekolah yang tidak terakreditasi di sebabkan oleh kurangnya kelengkapan data yang di miliki oleh sekolah tersebut sehingga standar nilai yang di perolah tidak memenuhi kriteria kelayakan untuk terakreditasi.

Pada postingan saya kali ini saya akan memberikan penjelasan dan panduan mengenai cara mengerjakan dan mengisi aplikasi sispena tahun 2019 untuk kegiatan akreditasi sekolah.
Dengan melihat dan memahami panduan cara mengerjakan aplikasi sispena ini di harapkan dapat memberi kemudahan dan pemahaman tentang cara mengisi aplikasi sispena yang benar dan sesuai dengan aturan yang di tetapkan.
Berikut ini penjelasan mengenai panduan cara mengisi aplikasi sispena untuk kegiatan akreditasi.

1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.
2. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.
3. Selanjutnya  masukka user  (NPSN dan  password  yan dimiliki.
Untuk password default adalah NPSN juga
4. Masukkan kode pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya, dan klik tulisan “di sini” untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.
5. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik “login”
6. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkajendela 
form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dardata dapodik/EMIS.
7. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.
8. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi. Setelah terisi selanjutnya klik “SUBMIT”
9. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.

10. Langkah awal pengisian DIA klik menu pernyataan kepala sekolah, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini :
11. Klik  tombol  download  (unduh format apabila  belu memilikformat pernyataan kepala sekolah/madrasah, lalu Save (Simpan).
12. Isilah format pernyataan kepala sekolah yang telah didownload. Seperti pada gambar di bawah ini :
13. Setelah   format   tersebut    diisi ditandatangan   da distempel,
selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) lalu tekan tombol Simpan.
14. apabila file sudah terkirim ke dalam system, maka akan muncul tombol sudah terunggah, seperti pada gambar di bawah ini :

Untuk Langkah selanjutnya agar lebih jelasnya mengenai panduan mengerjakan aplikasi sispena untuk akreditasi maka silahkan anda download pada buku panduan penggunaan sispena di bawah ini :
  • Buku Panduan Penggunaan Sispena (disini)
Demikianlah penjelasan mengenai cara mengerjakan aplikasi sispena untuk akreditasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel