Contoh Laporan Guru BK Format Word Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Contoh Laporan Guru BK SD, SMP, SMA/SMK Kurikulum Merdeka sebagai bukti dukung kinerja di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang salah satu tugas dan kegiatan bagi guru Bimbingan Konseling (BK) selama melaksanakan aktivitas bimbingan di sekolah baik itu disekolah SD, SMP maupun di SMA/SMK.

 


Seperti kita ketahui bahwa Guru BK tidak memberikan pembelajaran seperti guru mata pelajaran lainnya selama disekolah melainkan guru BK diberi tugas dan tanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan juga melakukan konseling kepada seluruh peserta didik khususnya kepada peserta didik yang mengalami masalah atau terlibat dalam tindakan negatif.

 

Program Bimbingan dan Konseling sangat diperlukan sekali dalam dunia pendidikan. Program Bimbingan dan Konseling dibuat agar dapat mencegah masalah-masalah yang akan terjadi kepada siswa dan supaya siswa                                                 di berikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan perkembangan usianya.

 

Disekolah peserta didik memerlukan layanan Bimbingan dan Konseling karena mereka masih kurang memiliki pemahaman atau wawasan tentang dirinya. Perkembangan peserta didik tidak lepas dari pengaruh lingkungan, baik fisik, psikis maupun sosial. Sifat yang melekat pada lingkungan adalah perubahan.  Apabila perubahan yang terjadi itu sulit diprediksi, atau di luar jangkauan kemampuan, maka akan melahirkan kesenjangan perkembangan perilaku peserta didik, seperti terjadinya stagnasi (kemandegan) perkembangan, masalah-masalah pribadi atau penyimpangan perilaku. Upaya menangkal dan mencegah perilaku-perilaku yang tidak diharapkan tersebut dapat ditempuh dengan cara mengembangkan potensi peserta didik dan memfasilitasi mereka secara sistematik dan terprogram untuk mencapai standar kompetensi kemandirian. Hal tersebut senada dengan tujuan Bimbingan dan Konseling secara umum, yakni membantu peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya secara optimal.

 

Sebagai Guru BK maka tentunya untuk mengetahui kapasitas dan tanggung jawabnya selama melakukan bimbingan disekolah maka diperlukan sebuah bukti fisik yaitu berupa dokumen laporan hasil kerja sebagai guru BK.

 

Adapun Tujuan Pelaporan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling tersebut yaitu, 

  • Guru BK mampu mengevaluasi Program Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh
  • Guru BK perlu mengembangkan Instrumen Evaluasi terhadap proses dan hasil Layanan
  • Guru BK menentukan kegiatan tindak lanjut hasil Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling.

 

Nah, jika anda adalah seorang guru BK dan ingin membuat sebuah laporan kerja, namun anda tidak tau bagaimana model pembuatan laporan sebagai Guru BK, maka tenang saja sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi file contoh laporan kegiatan Guru BK yang dapat di jadikan sebagai referensi dalam membuat dan menyusun program kerja sebagai Guru BK.

 

Sebagai informasi bahwa contoh laporan Guru BK yang akan admin kherysuryawan bagikan telah disimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan bahkan jika anda ingin menggunakan file ini serta ingin melakukan pengeditan maka anda bisa melakukannya dengan sangat mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah dibawah ini contoh laporan sebagai Guru BK yang telah disiapkan dalam format word :

  • Laporan Guru BK Model 1 - (DISINI
  • Laporan Guru BK Model 1 - (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini mengenai contoh pembuatan laporan Guru Bimbingan Konseling. Semoga informasi ini senantiasa bermanfaat bagi para Guru BK dimanapun berada dan bisa menjadi sebuah referensi dalam menyusun dan membuat laporan kerja bagi Guru BK disekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel