Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Keteraturan Suasana Kelas di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik Observasi Guru Fokus Perilaku Keteraturan Suasana Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Admin ucapkan selamat dating dan selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini.

 


Pembahasan kali ini yaitu mengenai tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM. Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi di kelas.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Keteraturan Suasana Kelas, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan fokus perilaku yang ingin di kembangkan oleh guru saat pelaksanaan observasi pembelajaran di kelas.

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen observasi fokus perilaku guru pada indicator keteraturan suasan kelas. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indicator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik observasi fokus perilaku guru pada indikator keteraturan suasan kelas maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Keteraturan suasana kelas berfokus pada upaya guru dalam membangun suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar dengan meminimalisir gangguan yang bisa mengalihkan perhatian siswa dari aktivitas belajar

 

Dalam prakteknya, guru dapat memilih fokus perilaku yang akan dipraktekkan dan dinilai oleh  atasan antara lain melakukan komunikasi positif untuk membangun suasana kelas yang kondusif. Guru juga bisa melakukan strategi pengelompokan untuk mengaktifkan keterlibatan siswa dalam belajar, dan mengingatkan akan kesepakatan kelas /aturan yang disepakati.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator keteraturan suasan kelas, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Keteraturan Suasan Kelas – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Keteraturan Suasan Kelas – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator keteraturan suasan kelas, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel