Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Umpan Balik Konstruktif di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Umpan Balik Konstruktif Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 

Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Umpan Balik Konstruktif, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Umpan Balik Konstruktif”

1. Guru memberikan umpan balik spesifik dan berorientasi tujuan

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memberi umpan balik dengan menyebut spesifik bagian yang dinilai bagus atau perlu perbaikan
  • Guru memberikan umpan balik dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
  • Guru menggunakan pertanyaan untuk membantu peserta didik memunculkan ide perbaikan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru memberi umpan balik dengan kata-kata yang terlalu umum
  • Guru memberi umpan balik negatif tanpa membantu peserta didik menemukan ide perbaikan
  • Guru memberikan umpan balik dengan menggunakan Bahasa yang terlalu  sulit

 

2. Guru memberikan umpan balik yang fokus pada proses atau usahapeserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memberi umpan balik focus pada usaha peserta didik untuk refleksi dan perbaikan
  • Guru menjelaskan keterkaitan usaha dengan hasil yang mungkin dicapai
  • Guru membantu peserta didik melakukan refleksi terhadap usaha yang dilakukan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyampaikan umpan balik yang hanya focus pada hasil akhir
  • Guru tidak menyediakan kesempatan pada peserta didik melakukan perbaikan
  • Guru menggunakan pandangan subyektif dalam memberi umpan balik

 

3. Guru menunjukan kesediaan mendiskusikan umpan balik dengan peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru membuka komunikasi untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut
  • Guru mendengarkan secara aktif tanggapan peserta didik terhadap umpan balik yang diterimanya
  • Guru menyediakan waktu mendiskusikan umpan balik selama atau setelah kelas

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menolak berdiskusi dengan peserta didik tentang umpan balik yang diberikan
  • Guru mengabaikan pertanyaan atau kehawatiran peserta didik
  • Guru terburu-buru menjelaskan umpan balik sehingga tidak sempat berdiskusi

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Umpan Balik Konstruktif. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Umpan Balik Konstruktif maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Umpan Balik Konstruktif untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Umpan Balik Konstruktif – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Umpan Balik Konstruktif – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Umpan Balik Konstruktif, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel