Panduan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026
Kherysuryawan.id – Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2025/2026.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan
memberikan informasi tentang buku panduan yang akan di gunakan oleh satuan
pendidikan sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan di masa pengenalan
lingkungan sekolah.
Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini sekolah sudah
memasuki tahun ajaran baru dan tentunya ada 2 tahapan yang akan di laksanakan
yakni melakukan sistem penerimaan murid baru (SPMB) dan selanjutnya melakukan
masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Dalam pelaksanaan MPLS tentunya
sekolah harus memiliki dasar untuk kegiatan yang akan di lakukan nantinya
sehingga semuanya dapat di laksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang
telah di tetapkan.
Di tahun ajaran baru ini bagi sekolah yang akan
melaksanakan MPLS maka dapat melihat rincian kegiatan yang akan di lakukan
melalui Buku Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang
telah di rilis dan di keluarkan oleh pihak kementerian sebagai acuan bagi
sekolah dalam pelaksanaan MPLS di sekolah masing-masing.
Mengapa MPLS sangat penting dan wajib untuk di laksanakan
di sekolah ?
Sebagai informasi bahwa Pengenalan Lingkungan Satuan
Pendidikan adalah kegiatan awal saat murid pertama kali masuk ke jenjang
pendidikan baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program sekolah,
sarana dan prasarana, cara belajar, serta membangun karakter dan budaya positif
sejak hari pertama. Kegiatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi momen penting
yang membentuk kesan awal murid terhadap sekolah. Ini juga menjadi kesempatan
guru untuk mulai mengenali karakter dan kebutuhan murid sehingga dapat menyusun
pembelajaran yang tepat, menggembirakan, dan memotivasi anak untuk aktif
belajar. Masa transisi ini penting karena murid perlu menyesuaikan diri secara
sosial, emosional, dan akademik.
Pengalaman pertama murid di sekolah sangat memengaruhi
pandangannya terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu, Masa Pengenalan
Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) harus dirancang agar menggembirakan,
mendukung kesiapan belajar, dan memberi rasa aman dan nyaman. Kegiatan MPLS
harus membantu murid merasa diterima, bersemangat belajar, dan membentuk
karakter positif. MPLS juga mendorong pembelajaran yang berkesadaran (mindful),
bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful). Kegiatan seperti Gerakan
Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), Pertemuan Pagi Ceria, dan
pembiasaan hidup bersih sehat, menjadi bagian penting dari proses ini. Lebih
jauh, MPLS diharapkan membangun ekosistem pendidikan yang melibatkan empat
pusat pendidikan: sekolah, keluarga, masyarakat, dan media. Kolaborasi ini
sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang murid secara menyeluruh.
Pada tahun ajaran 2025/2026, tema kegiatan MPLS adalah
MPLS Ramah. Hal ini bermakna bahwa kegiatan MPLS Ramah dirancang dan
dilaksanakan dengan memuliakan, menghormati hak anak, dan menjunjung tinggi
nilai karakter untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan
menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran,
bermakna, dan menggembirakan. Agar pelaksanaan MPLS Ramah berjalan efektif dan
terhindar dari praktik yang tidak mendidik, maka perlu disusun Panduan
Pelaksanaan MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026 untuk jenjang PAUD, SD, SMP,
hingga SMA/SMK termasuk untuk Sekolah Luar Biasa. Panduan ini akan menjadi
acuan bagi semua pihak dalam menyelenggarakan MPLS Ramah yang aman, nyaman, dan
menggembirakan.
Bagi anda yang membutuhkan file Buku Panduan Pelaksanaan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), maka silahkan dapatkan filenya di
bawah ini :
👉👉Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
(MPLS) Tahun Ajaran 2025/2026 – (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Buku Panduan Pelaksanaan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2025/2026. Semoga buku
panduan tersebut dapat menjadi dasar dan acuan bagi setiap sekolah dalam
melaksanakan kegiatan MPLS di sekolah masing-masing.