-->

Cara Munculkan Nama Siswa di eRapor Pada Mapel Agama


Kherysuryawan.id – Langkah-langkah untuk menampilkan atau memunculkan nama siswa di aplikasi erapor saat menginput nilai pada mata pelajaran pendidikan agama non islam ( agama katolik, agama hindu, agama budha, agama protestan).
Dalam proses penginputan nilai di aplikasi erapor sering terdapat kendala yang terkadang menyusahkan para guru maupun para admin dalam melakukan penyetingan dan penginputan nilai di aplikasi erapor.

Salah satu kendala yang sering di hadapi oleh guru maupun admin erapor yaitu ketika di sekolah yang siswanya memiliki berbagai macam agama dan ketika akan menginput nilai kedalam aplikasi erapor tiba-tiba nama ataupun mata pelajaran agamanya tidak muncul pada aplikasi erapor.
Nah masalah ini sudah banyak sekali yang mengalaminya, sehingga pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan untuk bisa memberikan solusi atas permasalahan ini.

Sebagai contoh di sekolah yang seluruh siswanya beragama islam, mungkin saja tidak ada kendala dalam aplikasi erapornya baik ketika saat melakukan penginputan nilai maupun dalam memunculkan nama siswa di dalam mata pelajaran tersebut, namun di sisi lain pada sekolah yang siswanya mayoritas beragama islam namun ada juga beberapa orang yang beragama non islam maka terkadang terdapat kendala di aplikasi erapor. Kendalanya ialah nama mata pelajaran non islam tidak muncul di aplikasi erapor ketika akan mengisi nilai, atau sebaliknya nama mata pelajaran agama non islam muncul namun nama siswa tidak muncul di mata pelajaran agama tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka pihak yang harus bertanggungjawab dalam hal ini ialah operator dapodik dan juga admin erapor. Mengapa demikian ?? sebab tugas admin erapor ialah melakukan penyetelan nama mata pelajaran serta menambahkan nama siswa kedalam kelompok mata pelajaran sesuai yang ada pada data sebenarnya. Hal ini harus juga di koordinasikan kepada operator dapodik sekolah sebab data pada erapor di ambil dari data yang ada pada aplikasi dapodik.

Ada beberapa kasus di sekolahnya yang mengeluhkan bahwa pada aplikasi erapor tidak ada pilihan mata pelajaran agama Kristen sehingga seluruh siswa baik yang beragama islam maupun beragama Kristen di erapornya yang muncul hanya agama islam saja.
Nah, dari kasus di atas, maka disini saya akan memberikan solusi tentang bagaimana cara untuk bisa menampilkan nama mata pelajaran agama Kristen di erapor serta menampilkan nama-nama siswa yang beragama Kristen pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di dalam aplikasi erapor.
Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan untuk bisa menampilkan mata pelajaran agama non islam ( agama Kristen) dan nama – nama siswa di mapel tersebut :
1.   Pastikan bahwa nama siswa yang beragama Kristen telah diinputkan pada data pilihan ‘agama dan kepercayaan’ pada pengisian di dapodik. (seperti terlihat pada gambar di bawah ini)
2.   Jika langkah nomor 1 telah anda lakukan, maka langkah selanjutnya ialah pada aplikasi dapodik silahkan anda pilih menu “rombongan belajar” kemudian pilih “regular” pilih kelas yang di dalamnya ada siswa yang beragama Kristen tersebut Kemudian lanjut klik pembelajaran dan pada pilihan mata pelajaran agama Kristen dan budi pekerti silahkan anda pilih seorang guru yang akan mengajarkannya.
3.   Jika langlah 1 dan 2 sudah di kerjakan maka silahkan anda lakukan syncron dapodik. Tujuannya agar nantinya data tersebut dapat di Tarik ke dalam aplikasi erapor.
4.   Selanjutnya pada erapor, admin harus melakukan beberapa penyetelan. Diantarnya yaitu dengan cara mengecek apakah nama mata pelajaran sudah muncul di menu referensi dapodik. Selanjutnya admin melakukan maping mapel k13 dengan memasukkan mata pelajaran agama Kristen sebagai mapel wajib dan menyimpan nomor urut mapelnya pada nomor 1.
5.   Kemudian input nilai KKM mapel agama Kristen sesuai dengan KKM yang telah di tentukan sekolah.
6.   Untuk melihat nama mapel agama Kristen di erapor maka guru yang telah dijadikan sebagai pengajar agama Kristen dapat melakukan login kedalam aplikasi erapor dan nantinya di kelas yang ada siswa beragam Kristen maka mapel agama Kristen pasti akan muncul beserta dengan nama-nama siswanya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk memunculkan nama siswa yang beragama Kristen dan juga memunculkan mata pelajaran agama Kristen di dalam aplikasi erapor.
Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi admin erapor dan juga bagi guru yang akan melakukan penginputan nilai agama pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel