Materi Pelajaran Pendidikan Agama Katolik K13 Kelas 8 Semester 1&2


Kherysuryawan.id – Kumpulan materi pelajaran Pendidikan agama katolik kelas 8 semester 1 dan semester 2 edisi revisi terbaru.
Sahabat pendidik dimanapun berada, buku merupakan sebuah bacaan yang tentunya memuat materi yang sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembacanya. Di sekolah buku pelajaran merupakan sebuah sarana yang sangat penting baik bagi guru maupun bagi peserta didik untuk memudahkan dan memperlancara proses pembelajaran.

Saat ini buku pelajaran sudah sangat mudah untuk di dapatkan sebab hampir semua sekolah telah menyediakan buku paket pelajaran yang bisa di miliki khusus untuk siswa dan juga khusus untuk guru. Pada kurikulum 2013 kita mengenal ada 2 jenis buku yang di prioritaskan oleh sekolah untuk di sediakan di sekolah yaitu buku panduan untuk guru yang di sebut dengan buku guru dan buku panduan untuk siswa yang di sebuat sebagai buku siswa.

Hampir semua mata pelajaran memiliki buku guru dan juga buku paket pada pembelajaran kurikulum 2013. Salah satu buku paket yang di siapkan di sekolah ialah buku paket untuk mata pelajaran Pendidikan agama katolik kurikulum 2013.
Meskipun sekolah yang ada di seluruh Indonesia memiliki siswa yang mayoritas agamanya yaitu beragama islam namun pada kennyataannya banyak juga siswa yang beragama katolik yang terdapat di beberapa sekolah sehingga buku paket agama katolik seharusnya menjadi buku wajib yang juga harus di siapkan dan di sediakan di sekolah.

Pada postingan ini saya akan memberikan gambaran lengkap mengenai materi pelajaran yang ada di buku paket pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 SMP kurikulum 2013. Untuk materi yang ada di buku paket agama katolik kelas 8 kurikulum 2013 terdapat beberapa jenis materi pelajaran dan di dalam buku tersebut materinya sudah memuat pelajaran untuk semester 1 dan juga semester 2.
Adapun susunan materi pelajaran yang ada di buku k13 pendidikan agama katolik kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2 yang akan saya jabarkan melalui postingan ini yaitu berasal dari buku guru dan buku siswa k13 pendidikan agama katolik kelas 8 SMP revisi 2017 sebab hingga saat ini buku peket k13 untuk mapel Pendidikan agama katolik kelas 8 masih menggunakan revisi 2017 sehingga buku ini masih merupakan buku revisi terbaru hingga saat ini.

Postingan ini akan memberikan penjelasan mengenai susunan materi yang ada di dalam buku paket k13 pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 SMP mulai dari materi semester 1 dan materi semester 2 sehingga di jamin lengkap dan sesuai dengan materi yang ada di dalam buku kurikulum 2013 revisi terbaru.
Adapun jumlah BAB yang ada di dalam pelajaran Pendidikan agama katolik kelas 8 SMP ini yaitu terdiri dari 8 BAB dan dari kedelapan BAB tersebut sudah memuat materi semester 1 hingga semester 2.

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai susunan materi pelajaran yang ada di dalam buku k13 pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 SMP semester 1 dan semester  2, maka berikut ini susunan lengkapnya :

MATERI SEMESTER 1
Bab I  Pribadi Yesus Kristus
-          Yesus Pemenuhan Janji Allah
-          Kemanusiaan dan Ke-Allahan Yesus
Bab II  Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
-          Kerajaan Allah sebagai Pokok Pewartaan Yesus
-          Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Perumpamaan
-          Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Tindakan dan  Mukjizat 
Bab III  Panggilan dan Perutusan Murid Yesus
-          Panggilan Para Murid Yesus
-          Cara Hidup Murid Yesus
-          Melaksanakan Tugas Perutusan sebagai Murid Yesus
Bab IV  Konsekuensi Pewartaan Yesus
-          Berbagai Tanggapan terhadap Pewartaan Yesus 
-          Sengsara dan Wafat Yesus sebagai Penolakan Manusia 
-          Kebangkitan Yesus sebagai Tanda Penerimaan Bapa

MATERI SEMESTER 2
Bab V  Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus 
-          Yesus Mengutus Roh Kudus 
-          Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan 
-          Mengikuti Bimbingan Roh Kudus 
Bab VI  Gereja sebagai Paguyuban Orang Beriman 
-          Gereja sebagai Paguyuban 
-          Ciri Gereja sebagai Paguyuban
-          Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban 
Bab VII  Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan 
-          Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia
-          Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan Manusia 
Bab VIII  Sakramen–Sakramen Gereja 
-          Sakramen Baptis 
-          Sakramen Ekaristi 
-          Sakramen Penguatan/Krisma 
-          Sakramen Tobat 
-          Sakramen Pengurapan Orang Sakit

Demikianlah penjelasan mengenai susunan materi pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2 sesuai buku kurikulum 2013 revisi terbaru, semoga postingan ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel