-->

Cara Cetak Kartu NRG dan kartu NUPTK dengan MS Word


Kherysuryawan.id – Aplikasi cetak kartu NUPTK dan kartu NRG terbaru dengan menggunakan Microsoft word.
Sahabat GTK yang berbahagia dimanapun berada, pada kesempatan kali ini, saya akan menulis mengenai cara mudah dalam melakukan cetak kartu NRG dan kartu NUPTK hanya dalam beberapa menit saja dan anda dapat langsung mencetaknya dengan mudah. Selain itu cara yang akan saya sampaikan disini sangatlah mudah untuk di lakukan karena anda hanya cukup memasukkan data sesuai data anda dan juga proses pengerjaannya pun sangat simpel karena di lakukan dengan menggunakan Microsoft office word.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan cetak kartu NRG dan kartu NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan maka alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih jelas mengenai apa itu NRG dan apa itu NUPTK serta memahami apa manfaat memiliki nomor tersebut.
NUPTK merupakan singkatan dari nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang mana NUPTK hanya di berikan kepada seluruh Guru dan juga kepada tenaga kependidikan yang aktif melaksanakan tugasnya di satuan Pendidikan baik GTK PNS maupun GTK non PNS yang telah memenuhi persyaratan dapat mengusulkan dan memiliki nomor NUPTK.

Nomor NUPTK menjadi sebuah identitas yang resmi yang kemudian dengan memiliki NUPTK maka guru dapat dengan mudah mengikuti berbagai macam kegiatan Pendidikan yang di selenggarakan oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Sangat penting seorang GTK memiliki NUPTK sebab selain bisa mengikuti berbagai kegiatan Pendidikan maka dengan memiliki NUPTK seorang GTK dapat memperoleh tunjangan yang dapat meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan sehingga GTK dapat semakin berkembang dan kreatif serta dapat saling berbagi ilmu pengetahuan antara yang satu dengan yang lainnya.
NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.
GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodik paud dasmen sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Berbeda lagi dengan NRG yang mana NRG merupakan singkatan dari nomor registrasi guru yang hanya di berikan untuk guru saja. Selain itu tidak semua guru bisa memiliki NRG melainkan untuk bisa mendapatkan NRG maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh seorang guru agar bisa mendapatkan NRG. Salah satu tahapan penting yang harus dilalui adalah dengan mengikuti pelatihan profesi guru serta bisa dinyatakan lulus agar dapat memiliki NRG.
Bagi guru yang sudah menyandang gelar sebagai guru professional dan memiliki sertifikat pendidik maka ia sudah layak untuk bisa mendapatkan NRG dan sebaliknya apabila seorang guru belum memiliki sertifikat pendidik maka ia belum bisa mendapatkan NRG.

Setelah anda memahami tentang NRG dan NUPTK bagi seorang guru dan tenaga kependidikan, maka kali ini kita masuk dalam topik yang sesuai dengan judul pada postingan ini, yaitu mengenai cara untuk bisa membuat dan mencetak kartu NRG dan kartu NUPTK.
Tidak semua guru memiliki kartu NRG dan kartu NUPTK, sehingga postingan ini saya buat untuk bisa membantu guru dan tenaga kependidikan yang sekiranya membutuhkan untuk bisa melakukan pencetakan kartu NRG dan kartu NUPTK secara manual dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Pada postingan ini saya telah menyediakan format kartu NUPTK dan format kartu NRG yang dapat di manfaatkan bagi guru dan tenaga kependidikan yang ingin melakukan cetak kartu NUPTK dan kartu NRG. Adapun format kartu yang akan saya berikan disini yaitu dalam bentuk Microsoft word sehingga anda akan sangat mudah untuk menggunakannya sebab anda hanya tinggal memasukkan biodata anda dan langsung bisa mencetak kedua kartu tersebut dengan mudah dan simple.
Jika di luar sana banyak aplikasi yang menyediakan cetak kartu NUPTK dan kartu NRG dengan system berbayar dan juga menggunakan watermark yang dirasa sangat mengganggu serta proses pembuatannya yang juga cukup lama dan berbelit-belit, maka dengan menggunakan format yang akan saya bagikan ini saya yakin anda akan dengan mudah melakukan cetak kartu NUPTK dan kartu NRG.

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pencetakan kartu NRG dan kartu NUPTK dengan menggunakan format word.
Pertama silahkan anda ambil file format cetak kartu NRG dan NUPTK dalam bentuk word yang akan saya bagikan di bawah ini :
  • Format Cetak Kartu NRG (disini)
  • Format Cetak Kartu NUPTK (disini

Dan untuk penggunaannya sangatlah simple, yaitu hanya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:
PADA KARTU NRG YANG PERLU DIISI ADALAH :
1.   Masukkan foto anda
2.   Silahkan anda input nama anda
3.   Tulis NIP anda
4.   Tulis nomor NUPTK anda
5.   Tulis nomor peserta sertifikasi anda
6.   Tulis nomor NRG anda
7.   Lakukan pencetakan
PADA KARTU NUPTK YANG PERLU DIISI ADALAH :
1.   Masukkan foto anda
2.   Isi nomor NUPTK anda
3.   Isi nama anda
4.   Isi tanggal lahir anda
5.   Isi tempat lahir anda
6.   Isi jenis kelamin anda
7.   Lakukan pencetakan

Adapun model dan hasil dari cetakan kartu NUPTK dan kartu NRG, maka anda bisa melihatnya pada gambar yang saya tampilkan di postingan atas.
Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan cetak kartu NUPTK dan kartu NRG dengan menggunakan versi word, semoga postingan ini bisa bermanfaat buat bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan dimanapun berada.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel