-->

Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021


Kherysuryawan.id – Cara mengatasi akun tidak terverifikasi di dapodik versi 2021.
Sahabat operator dapodik dimanapun berada di tahun pelajaran 2020/2021 ini kita kembali di hadapkan dengan tugas rutinitas sebagai seorang operator yaitu melakukan proses penginputan data kedalam aplikasi dapodik. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini aplikasi dapodik yang akan di gunakan di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 adalah aplikasi dapodik versi 2021 yang mungkin juga kedepannya akan terus di revisi sehingga akan ada pembaharuan aplikasi dapodik versi terbaru.

Bagi anda para operator dapodik apabila anda telah melakukan proses penginstalan aplikasi dapodik versi 2021 maka anda akan melihat sebuah tampilan yang sedikit berbeda muncul pada dashboard dapodik versi 2021 yang jika di bandingkan dengan apikasi dapodik sebelumnya tentunya sangat berbeda sekali. Adapun hal baru yang saya maksud ialah akan muncul sebuah peringatan yang bertuliskan akun admin dapodik tidak terverifikasi.

Hal ini sebenarnya bukanlah sebuah masalah besar sebab dapat di selesaikan dengan baik apabila anda telah membaca panduan dengan baik serta mengikuti langkah-langkah melakukan verifikasi akun dapodik. Baik di blog maupun di youtube sebenarnya sudah banyak sekali yang membahas tentang masalah ini serta memberikan solusi dari masalah ini.

Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya pun akan membahas serta memberikan panduan kepada anda semua yang sedang membaca postingan ini mengenai bagaimana cara untuk bisa melakukan verifikasi akun dapodik pada aplikasi dapodik versi 2021.
Namun sebelum saya memberikan penjelasan mengenai cara melakukan verifikasi akun dapodik yang akun nya tidak terverifikasi maka saya akan memberikan pula sedikit informasi mengenai masalah yang juga sering terjadi dan di alami oleh beberapa operator dapodik ketika akan melakukan download prefill dapodik namun langkah untuk melakukan download tersebut tidak berhasil.

Bagi anda yang mengalami masalah ketika akan melakukan download prefill dapodik dan muncul peringatan bahwa sekolah anda belum membuat akun kepala sekolah maka itu artinya akun kepala sekolah anda belum aktif pada aplikasi dapodik sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka anda bisa melakukan pengaktifan atau pembuatan akun kepala sekolah yang baru.
Apabila anda telah berhasil membuat akun kepala sekolah maka di pastikan ketika anda akan melakukan download prefill dapodik maka anda akan berhasil melakukannya.

Baiklah kembali kepada pokok pembahasan sesuai judul dimana saya akan memberikan beberapa panduan tentang cara melakukan aktivasi akun admin dapodik sehingga akun terverifikasi.
Untuk mengetahuinya maka berikut ini langkah-langkah untuk melakukan verifikasi akun dapodik.
1.   Silahkan buka aplikasi dapodik versi 2021 di laptop anda
2.   Jika akun belum terverifikasi maka akan muncul seperti gambar di bawah ini

3.   Untuk membuat akun tersebut bisa terverifikasi maka silahkan anda buka alamat berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
4.   Selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini, dan pilih “Login menggunakan SSO”

5.   Kemudian silahkan masukkan username dan password dapodik anda kemudian klik “masuk”
6.   Setelah itu klik menu “Akun”

7.   Selanjutnya klik “Daftar akun” dan pada pilihan jenis akun maka silahkan anda pilih “Admin” kemudian klik “Tampilkan”

8.   Selanjutnya silahkan anda pilih salah satu nama admin dan klik icon pensil yang terdapat pada pojok kanan
9.   Selanjutnya akan muncul perintah untuk memasukkan username dan password maka untuk langkah ini silahkan anda isikan sesuai username dan password anda masing-masing dan Apabila sudah selesai maka langkah terakhir silahkan klik tombol “update”

10. Jika anda telah berhasil melakukan update maka silahkan anda logout dan lakukan login kembali ke alamat yang telah saya jelaskan pada nomor 3 di atas untuk bisa melakukan verifikasi akun dapodik
11. Selanjutnya anda klik menu "Verifikasi akun"
12. Kemudian silahkan cek kode verifikasi akun yang akan dikirimkan ke email yang di daftarkan sebagai email dapodik.
13. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang telah anda dapatkan tersebut.
14. Selanjutnya klik "lanjutkan" agar verifikasi akun berhasil.
15. Selanjutnya anda tinggal melakukan syncronisasi aplikasi dapodik agar akun dapat berhasil terverifikasi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara untuk melakukan verifikasi akun dapodik pada aplikasi dapodik versi 2021. Semoga postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tutorial atau informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa melakukan aktivasi atau verifikasi akun dapodik.
Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel