-->

Cara Munculkan Menu Syncronisasi Pada Dapodik Versi 2022


Kherysuryawan.id – Solusi untuk menampilkan menu syncronisasi pada aplikasi dapodik versi 2022.
Salam satu data,
Sahabat operator dapodik sekolah dimanapun berada bagaimana kabar anda hari ini ????
Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita semua masih bisa melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang sangat besar yaitu sebagai jantung sekolah.

Tugas sebagai operator dapodik tidaklah mudah namun jika benar-benar dilakukan dengan baik dan penuh dengan keikhlasan serta mau untuk selalu belajar dan mencari informasi maka tentunya pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan baik. Suka duka menjadi seorang operator dapodik tentunya akanmenjadi sebuah cerita yang takkan pernah untuk dilupakan ketika bertemu dangan sahabat-sahabat operator dapodik lainnya.

Saya pun awalnya ketika menjadi seorang operator dapodik sangatlah kebingungan sebab belum memiliki pengalaman sedikitpun dalam menjalankan aplikasi dapodik namun dengan usaha yang besar untuk terus belajar dan tekun mengandalkan Tuhan dalam setiap pekerjaan maka pastinya kesusahan itu akan bisa terlalui dengan baik.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas seputar aplikasi dapodik versi terbaru yang digunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2022. Ada banyak kendala yang di hadapi oleh para operator dapodik dalam menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru ini mulai dari persoalan terjadinya clenshing akun PTK serta adanya beberapa bentuk perubahan khususya dalam hal melakukan proses syncronisasi data dapodik.

Di aplikasi dapodik versi 2022 ini ada 2 jenis metode metode atau proses pengiriman data, yaitu :
1.   Tarik data
Tarik data adalah proses satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang ada di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server.
2.   Sinkronisasi
Sinkronisasi adalah proses dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirinkan data yang menglami perubahan dilokal ke server.

Saat ini banyak sekali operator yang masih bingung sebab terkadang ketika akan melakukan proses sinkronisasi namun tiba-tiba menu sinkronisasi tidak muncul padahal sudah dilakukan sesuai dengan prosedur. Tentunya hal ini akan membuat strees bagi para OPS yang tidak bisa melakukan sinkronisasi karena tidak menemukan menu syncronisasi di beranda dapodik.

Untuk melakukan sinkronisasi tentunya harus di pahami terlebih dahulu, yakni hanya bisa dilakukan apabila kita mengakses menggunakan akun kepala sekolah saja. Artinya bahwa jika anda membuka aplikasi dapodik menggunakan akun operator dapodik maka anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi.

Lantas bagaimana jika kita sudah login menggunakan akun kepala sekolah dan ingin melakukan sinkronisasi namun menu sinkronisasi tidak muncul ????
penampakannya seperti pada gambar di bawah ini :


Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu anda ketahui bahwa pada aplikasi dapodik 2022 ada tahapan baru atau cara baru agar bisa menampilkan menu sinkronisasi ketika sudah melakukan tukar akses ke akun kepala sekolah.

Baiklah berikut ini cara untuk menampilkan menu sinkronisasi pada dapodik versi 2022 :

1. Silahkan login ke aplikasi dapodik versi 2022 menggunakan akun operator dapodik sekolah

2. Selanjutnya pada beranda dapodik klik menu "pengaturan"



3. Kemudian klik menu “manajemen pengguna”

4. Masukkan nomor kode registrasi dapodik, dan klik OK



5. Selanjutnya silahkan pilih akun kepala sekolah

6. Klik menu “tambah”



7. Silahkan pilih peran sebagai “kepala sekolah “

8. Terakhir klik “simpan”

Jika tahapan diatas sudah anda lakukan maka untuk memunculkan menu sinkronisasi di aplikasi dapodik 2022, silahkan anda login dapodik dengan melakukan tukar pengguna dan login menggunakan akun kepala sekolah. Apabila anda telah melihat menu sinkronisasi muncul seperti pada gambar di bawah ini maka itu artinya anda telah berhasil memunculkan menu sinkronisasi, dan silahkan anda lakukan sinkronisasi dapodik anda.



Sebelum melakukan sinkronisasi perhatikan bahwa pada menu validasi pastikan sudah tidak ada data yang invalid sebab jika masih ada data yang invalid maka anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi dapodik.

Demikianlah yang bisa saya informasikan pada kesempaan kali ini, lebih dan kurangnya mohon di maafkan dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengalami masalah dalam memunculkan menu sinkronisasi pada aplikasi dapodik versi terbaru ini.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel