Cara Cek Pencairan Bantuan PIP Siswa Terbaru

Apakah di sekolah anda memiliki siswa yang masuk dalam kategori penerima bantuan PIP ??? Jika ya, maka semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi tentang pencairan bantuan program Indonesia pintar (PIP) siswa khususnya untuk bantuan PIP untuk jenjang SD, SMP, SMA,SMK. Namun bagi sekolah yang selama ini belum melakukan pengecekkan nama-nama penerima bantuan PIP maka perlu di ketahui bahwa saat ini tahap pencairan PIP sudah dapat di cek oleh pihak sekolah melalui laman sipintar.

Masih sangat banyak siswa penerima PIP yang proses pencairan bantuan PIP nya masih dilakukan oleh pihak sekolah sehingga terkadang siswa tidak mengetahui bagaimana prosedur pencairan PIP yang sebenarnya sebab terkadang apabila sekolah yang melakukan pencairan secara kolektif maka siswa atau perwalian siswa hanya mengetahui besaran dana yang di berikan oleh sekolah kepada mereka tanpa mengetahui pencairan tersebut sebenarnya prosedurnya seperti apa dan yang dicairkan tersebut masuk dalam kategori tahap berapa.

 

 

Banyak orang tua siswa bahkan bertanya-tanya tentang bantuan PIP anaknya apalagi yang jika biasanya di tahun sebelumnya mereka pernah menerimakan namun ternyata di tahun ini anaknya tidak pernah lagi menerimakan apalagi . Tentunya wajar jika ada orang tua yang anaknya penerima bantuan PIP dan memiliki kartu KIP namun belum mendapatkan bantuan di tahun ini.

 

Untuk bisa mengecek nama-nama penerima bantuan PIP khususnya di setiap tahap pencairan memang hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah atau oleh pihak dinas Pendidikan setempat. Maka tentunya ada kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perwalian siswa penerima PIP untuk bisa sering-sering menanyakan apakah sudah keluar nama – nama siswa penerima bantuan PIP di tahun ini.

 

Untuk orang tua yang mungkin juga ingin mengetahui apakah nama anaknya masuk dalam kategori penerima PIP di tahun ini maka juga bisa melakukan pengecekan melalui web sipintar dengan menggunakan data NISN, nama lengkap siswa serta nama ibu kandung. Apabila masih bingung bagaimana cara mengeceknya maka anda bisa melihat penduan lengkapnya melalui postingan yang telah saya unggah sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara mengecek nama penerima bantuan PIP secara mendiri oleh orang tua siswa.

 

Di kesempatan kali ini saya hanya ingin menyampaikan sekaligus memberikan informasi mengenai telah terbitnya nama-nama penerima bantuan PIP di tahun ini. Bagi sekolah yang belum mengetahuinya maka semoga melalui artikel ini maka dapat memberikan informasi kepada sekolah sekolah agar secara cepat dapat mengecek nama-nama penerima bantuan PIP sehingga siswa atau orang tua siswa yang Namanya termasuk sebagai penerima dapat juga segera menyiapkan syarat-syarat yang harus di penuhi untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP nya.

 

Sekali lagi bahwa yang bisa melakukan pengecekan seluruh nama-nama siswa penerima bantuan PIP ini yaitu hanya oleh pihak sekolah dan juga oleh pihak dinas Pendidikan. Jadi bagi orang tua yang ingin di cekkan nama anaknya apakah masuk sebagai penerima bantuan PIP, maka bisa lansung berkoordinasi dengan pihak sekolah agar dapat di lakukan pengecekkan secepatnya.

 

Apabila ternyata nama siswa yang memiliki kartu KIP ternyata belum masuk sebagai penerima PIP maka bisa jadi namanya nanti akan masuk pada tahap selanjutnya. Jadi bukan berarti bahwa karena disaat ini nama siswa tidak masuk terus di vonis tidak akan menerimakan bantuan PIP di tahun ini, tapi yang benar adalah seluruh siswa yang menerimakan kartu KIP dan memenuhi syarat untuk menerimakan bantuan PIP maka dapat di pastikan akan keluar Namanya sebagai penerima bantuan PIP hanya saja di keluarkan nama-namanya secara bertahap.

 

Baiklah bagi sekolah yang mungkin belum pernah melakukan pengecekkan nama-nama penerima bantuan PIP, maka pada postingan ini saya akan memberikan informasi tentang langkah-langkah melakukan pengecekkan nama siswa penerima bantuan PIP.

Adapun yang perlu di persiapkan ialah nomor pokok sekolah nasional (NPSN), nomor registrasi dapodik atau dapat juga menyiapkan username dan password dapodik sekolah yang nantinya akan di gunakan sebagai alat bantu login kedalam aplikasi sipintar untuk melakukan cek nama penerima PIP. 

Berikut ini cara mengecek nama-nama penerima bantuan PIP.

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.   Selanjutnya silahkan pilih menu “login”



3.   Selanjutnya silahkan pilih “login sebagai sekolah” dan pilih cara login yang anda inginkan.

Disana ada 2 pilihan yaitu bisa login menggunakan “login NPSN” atau menggunakan “login SSO Dapodik” ( dalam artikel ini saya memilih login menggunakan NPSN)



4.   Selanjutnya masukkan NPSN sekolah dan masukkan juga nomor registrasi dapodik sekolah pada kolom yang telah di sediakan lalu lanjutkan dengan klik “login”


5.   Selanjutnya klik menu “Siswa SK Pemberian”


6.   Untuk melakukan pengecekkan nama-nama siswa penerima PIP, maka silahkan pilih tahun (saat ini) dan klik “SEARCH”


7.   Maka akan tampil nama-nama penerima PIP sesuai tahap yang telah keluar

 


Bagi anda yang namanya masuk sebagai penerima bantuan PIP ditahap ini maka silahkan persiapkan segala sesuatunya agar nanti ketika akan melakukan proses pencairan maka semuanya dapat berlangsung dengan lancar dan bagi sekolah yang juga telah melakukan pengecekkan maka dapat dengan segera menyampaikan kepada siswa yang bersangkutan atau kepada orang tuanya agar dapat segera melakukan proses pencairan dana PIP.

 

Sekian informasi mengenai cara cek bantuan PIP secara mudah, semoga informasi ini dapat bermanfaat baik bagi siswa penerima PIP maupun bagi orang tua wali penerima PIP serta tentunya bagi sekolah yang menjadi pemegang peranan dalam kelancaran proses pencairan PIP siswa di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel