-->

Cara Cek Pencairan Bantuan PIP Siswa Tahap 4 Tahun 2020

Apakah di sekolah anda memiliki siswa yang masuk dalam kategori penerima bantuan PIP ??? Jika ya, maka semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi tentang pencairan bantuan program Indonesia pintar (PIP) siswa khususnya untuk bantuan PIP tahap 4. Namun bagi sekolah yang selama tahun 2020 belum melakukan pengecekkan nama-nama penerima bantuan PIP maka perlu di ketahui bahwa saat ini tahap pencairan PIP sudah di mulai sejak tahap 1, tahap 2 dan saat ini tahap 4.

 

Masih sangat banyak siswa penerima PIP yang proses pencairan bantuan PIP nya masih dilakukan oleh pihak sekolah sehingga terkadang siswa tidak mengetahui bagaimana prosedur pencairan PIP yang sebenarnya sebab terkadang apabila sekolah yang melakukan pencairan secara kolektif maka siswa atau perwalian siswa hanya mengetahui besaran dana yang di berikan oleh sekolah kepada mereka tanpa mengetahui pencairan tersebut sebenarnya prosedurnya seperti apa dan yang dicairkan tersebut masuk dalam kategori tahap berapa.

 

 

Banyak orang tua siswa bahkan bertanya-tanya tentang bantuan PIP anaknya apalagi yang jika biasanya di tahun 2019 mereka pernah menerimakan namun ternyata di tahun 2020 kini anaknya tidak pernah lagi menerimakan apalagi hingga saat ini sudah memasuki penghujung tahun 2020 tentunya wajar jika ada orang tua yang anaknya penerima bantuan PIP dan memiliki kartu KIP namun belum mendapatkan bantuan selama tahun 2020.

 

Untuk bisa mengecek nama-nama penerima bantuan PIP khususnya di setiap tahap pencairan memang hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah atau oleh pihak dinas Pendidikan setempat. Maka tentunya ada kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perwalian siswa penerima PIP untuk bisa sering-sering menanyakan apakah sudah keluar nama – nama siswa penerima bantuan PIP di tahun 2020 ini.

 

Untuk orang tua yang mungkin juga ingin mengetahui apakah nama anaknya masuk dalam kategori penerima PIP di tahun 2020 ini maka juga bisa melakukan pengecekan melalui web sipintar dengan menggunakan data NISN, nama lengkap siswa serta nama ibu kandung. Apabila masih bingung bagaimana cara mengeceknya maka anda bisa melihat penduan lengkapnya melalui postingan yeng telah saya unggah sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara mengecek nama penerima bantuan PIP tahun 2020 oleh orang tua siswa.

 

Di kesempatan kali ini saya hanya ingin menyampaikan sekaligus memberikan informasi mengenai telah terbitnya nama-nama penerima bantuan PIP untuk tahap 4 tahun 2020. Bagi sekolah yang belum mengetahuinya maka semoga melalui artikel ini maka dapat memberikan informasi kepada sekolah sekolah agar secara cepat dapat mengecek nama-nama penerima bantuan PIP tahap 4 tahun 2020 sehingga siswa atau orang tua siswa yang Namanya termasuk sebagai penerima dapat juga segera menyiapkan syarat-syarat yang harus di penuhi untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP tahap 4.

 

Sekali lagi bahwa yang bisa melakukan pengecekan seluruh nama-nama siswa penerima bantuan PIP tahap 4 tahun 2020 ini yaitu hanya oleh pihak sekolah dan juga oleh pihak dinas Pendidikan. Jadi bagi orang tua yang ingin di cekkan nama anaknya apakah masuk sebagai penerima bantuan PIP tahap 4 ini maka bisa lansung berkoordinasi dengan pihak sekolah agar dapat di lakukan pengecekkan secepatnya.

 

Apabila di tahap 5 ini ternyata nama siswa yang memiliki kartu KIP ternyata belum masuk sebagai penerima PIP maka bisa jadi Namanya nanti akan masuk pada tahap selanjutnya. Jadi bukan berarti bahwa karena di tahap 4 ini nama siswa tidak masuk terus di vonis tidak akan menerimakan bantuan PIP di tahun 2020 ini, tapi yang benar adalah seluruh siswa yang menerimakan kartu PIP dan memenuhi syarat untuk menerimakan bantuan PIP maka dapat di pastikan akan keluar Namanya sebagai penerima bantuan PIP hanya saja di keluarkan nama-namanya secara bertahap.

 

Baiklah bagi sekolah yang mungkin belum pernah melakukan pengecekkan nama-nama pesenerima bantuan PIP khususnya untuk tahap 4 ini, maka pada postingan ini saya akan memberikan informasi tentang langkah-langkah melakukan pengecekkan nama siswa penerima bantuan PIP tahap 4 tahun 2020.

Adapun yang perlu di persiapkan ialah nomor pokok sekolah nasional (NPSN), nomor registrasi dapodik atau dapat juga menyiapkan username dan password dapodik sekolah yang nantinya akan di gunakan sebagai alat bantu login kedalam aplikasi sipintar untuk melakukan cek nama penerima PIP tahap 4.

 

Berikut ini cara mengecek nama-nama penerima bantuan PIP tahap 4 tahun 2020

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/index/summary

2.   Selanjutnya silahkan pilih menu “login”



3.   Selanjutnya silahkan pilih “login sebagai sekolah” dan pilih cara login yang anda inginkan.

Disana ada 2 pilihan yaitu bisa login menggunakan “login NPSN” atau menggunakan “login SSO Dapodik” ( dalam artikel ini saya memilih login menggunakan NPSN)



4.   Selanjutnya masukkan NPSN sekolah dan masukkan juga nomor registrasi dapodik sekolah pada kolom yang telah di sediakan lalu lanjutkan dengan klik “login”


5.   Selanjutnya klik menu “siswa”




6.   Untuk melakukan pengecekkan nama-nama siswa penerima PIP di tahap 4 tahun 2020 maka silahkan pilih tahun (2020) kemudian pilih tahap yaitu tahap 4 dan klik “SEARCH”



7.   Maka akan tampil nama-nama penerima PIP tahap 4 tahun 2020

 


Bagi anda yang Namanya masuk sebagai penerima bantuan PIP tahap 4 maka silahkan persiapkan segala sesuatunya agar nanti ketika akan melakukan proses pencairan maka semuanya dapat berlangsung dengan lancar dan bagi sekolah yang juga telah melakukan pengecekkan maka dapat dengan segera menyampaikan kepada siswa yang bersangkutan atau kepada orang tuanya agar dapat segera melakukan proses pencairan dana PIP.

 

Sekian informasi mengenai cara cek bantuan PIP tahap 4 tahun 2020, semoga informasi ini dapat bermanfaat baik bagi siswa penerima PIP maupun bagi orang tua wali penerima PIP serta tentunya bagi sekolah yang menjadi pemegang peranan dalam kelancaran proses pencairan PIP siswa di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel