-->

√ Cara Cek PIP Siswa Tahun 2020/2021

Berikut ini cara dan penjelasan untuk orang tua siswa dan juga untuk pihak sekolah yang akan melakukan status cek PIP siswa yang masih sekolah. 

Cara orang tua cek dana Indonesia pintar (PIP) secara online untuk melihat daftar nama penerima bantuan PIP anaknya maka dapat dilakukan secara mudah sebab saat ini seluruh system dapat di akses secara online dan dapat di ketahui secara transparan.

Terkadang banyak sekali orang tua siswa yang ingin untuk bisa mengetahui apakah anaknya dapat memperoleh bantuan PIP atau dana dari pusat yang di peruntukkan bagi siswa baik siswa yang ada di sekolah SD, SMP, SMA maupun siswa SMK.


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana agar orang tua siswa yang ingin mengecek apakah anaknya merupakan salah seorang yang menerimakan bantuan PIP tersebut atau tidak menerima. Nah melalui postingan ini kiranya orang tua ataupun wali siswa yang ingin mengetahui cara dalam melakukan cek apakah anaknya menerimakan bantuan PIP dapat memiliki pengetahuan dan informasi yang dapat memberikan jawaban dari kegelisahan yang sering di alami oleh orang tua siswa.

 

Baiklah bagi orang tua yang ingin mengecek apakah anaknya sebagai penerima bantuan PIP maka silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa data yang harus anda persiapkan dalam melakukan cek siswa penerima PIP

1.   Nomor induk nasional (NISN)

2.   Tanggal, bulan dan tahun lahir siswa

3.   Nama ibu kandung

Adapun cara melakukan ceknya yaitu sebagai berikut :

1.   Silahkan kunjungi alamat : https://pip.kemdikbud.go.id/index/summary

2.   Klik menu “Cek penerima PIP”



3.   Masukkan NISN, tanggal bulan dan tahun lahir serta nama ibu kandung pada kolom yang di sediakan

4.   Untuk melihat data apakah sebagai penerima PIP maka klik “CEK DATA”

5.   Maka jika anak anda sebagai penerima PIP selanjutnya akan muncul informasi seperti di bawah ini

 


Selain orang tua dapat melakukan cek apakah anaknya menerimakan bantuan PIP maka pada postingan ini juga saya akan memberikan informasi terupdate mengenai cara untuk melakukan cek daftar nama-nama penerima PIP versi terbaru untuk tahun ajaran 2020/2021.

Jika pada sebelumnya anda pernah mengakses link pip.kemdikbud untuk melakukan cek daftar nama penerima PIP maka saat ini link tersebut sudah tidak berfungsi lagi melainkan telah di ganti dengan link yang baru.

 

Adapun cara terbaru untuk melihat daftar nama-nama penerima PIP maka melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasannya dan anda dapat mencobanya agar dapat mengetahui siapa-siapa saja siswa yang telah melakukan proses pencairan dana PIP atau melihat siapa-siapa saja siswa yang baru keluar Namanya sebagai calon penerima PIP.

 

Perlu di ketahui pula bahwa khusus untuk melakukan cek daftar nama penerima PIP maka hanya dapat dilakukan oleh pihak sekolah yang dalam hal ini operator dapodik sekolah ataupun guru yang di beri mandate dalam melakukan akses kedalam aplikasi cek PIP sekolah. Bagi anda yang tidak memiliki akses namun ingin mengatahuinya maka anda bisa meminta bantuan dari pihak sekolah ataupun operator sekolah untuk membantu dalam proses pengecekan nama-nama penerima bantuan PIP.

 

Baiklah untuk mengetahui bagaimana cara terbaru dalam melakukan cek daftar penerima bantuan PIP maka silahkan simak penjelasan di bawah ini :

1.   Silahkan anda kunjungi : https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session

2.   Selanjutnya pilih login sebagai “sekolah”

3.   Pilih ” login menggunakan SSO Dapodik”



4.   Masukkan username dan password dapodik kemudian klik “masuk”



5.   Setelah berhasil login silahkan anda klik menu “Siswa”

6.   Untuk melihat daftar siswa penerima PIP maka silahkan anda pilih tahun yang anda akan cek,

7.   Kemudian pilih tahap berapa yang akan anda cek,

8.   Pilih status pencairan yang anda butuhkan apakah status sudah cair atau status belum cair yang ingin anda cek

9.   Klik tulisan “SEARCH” untuk menampilkan nama-nama siswa penerima bantuan PIP

10. Nama-nama siswa akan muncul sesuai data yang kita telah pilih

 

Itulah cara terbaru dalam melakukan cek baik bagi orang tua siswa yang ingin mengecek status terima PIP bagi anaknya ataupun bagi pihak sekolah yang ingin melihat daftar nama-nama penerima PIP tahun 2020/2021.

Semoga dengan penjelasan yang dapat saya bagikan pada postingan ini dapat bermanfaat baik bagi orang tua siswa maupun bagi pihak sekolah dan pihak -pihak lainnya yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih, Wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel