-->

Format Dokumen Pencairan PIP Tahun 2020


Kherysuryawan.id – beberapa format yang di butuhkan untuk melakukan pencairan dana bantuan PIP baik secara kolektif maupun secara mandiri.
Bagi siswa calon penerima bantuan PIP sebelum akan melakukan proses pencairan maka tentunya harus menyiapkan beberapa persyaratan yang menjadi sebuah kewajiban agar nantinya dapat dengan mudah dan lancar dalam melakukan proses pencairan dana bantuan PIP.

Seperti yang telah saya jelaskan di postingan sebelumnya bahwa untuk melakukan proses pencairan bantuan PIP maka ada 2 pilihan yang bisa di pilih yaitu mencairkan dana PIP secara kolektif atau ingin mencairkan bantuan PIP secara langsung/mndiri. Bagi siswa yang akan melakukan pencairan bantuan PIP secara kolektif atau mandiri maka ada beberapa persyaratan yang harus di lengkapi ketika akan melakukan pencairan.
Pihak bank sebagai penyalur bantuan PIP tidak akan memberikan atau melakukan pencairan apabila nasabah atau yang dalam hal ini penerima PIP tidak membawa surat-surat yang menjadi syarat dalam melakukan pencairan PIP.

Persyaratan yang harus di bawa ketika akan melakukan pencairan bantuan PIP secara kolektif lebih banyak di bandingkan dengan persyaratan ketika akan melakukan pencairan secara mandiri. Intinya penerima PIP wajib membawa berkas pelengkap untuk bisa melakukan proses pencairan sehingga pihak bank dapat dengan mudah membantu dalam melakukan proses pencairan PIP.
Ada beberapa bank yang biasanya di pilih sebagai partner dalam melakukan pencairan bantuan PIP diantaranya bank BRI, bank BNI, bank mandiri dan mungkin masih ada lagi bank lainnya yang telah di tentukan sebagai bank penyalur bantuan PIP.

Pada postingan ini saya akan memberikan file format yang di butuhkan dalam melakukan proses pencairan PIP baik secara kolektif maupun secara mandiri. Sebelum melengkapi persayaratn atau berkas pencairan PIP maka tentunya hal utama yang harus di persiapkan yaitu SK penetapan nama-nama penerima bantuan PIP yang mana nantinya surat keputusan (SK) tersebut dapat menjadi dasar dalam pembuatan format berkas pencairan PIP.

Bagi calon penerima bantuan PIP yang masih baru maka harus memahami mekanisme dalam pengambilan dana PIP yang mana ada beberapa dokumen serta persyaratan yang harus di penuhi, adapun mekanisme dokumen yang harus di siapkan yaitu antara lain :
1.   Siswa penerima bantuan PIP harus membuka Tabungan Pelajar (Simpel) PIP atas nama siswa penerima yang bersangkutan atau Kartu KIP ATM atas nama siswa penerima yang bersankutan
2.   Siswa/ Wali siswa yang akan melakukan pencairan harus menyiapkan Salah satu identitas diri penerima berupa KTP/KIP/Kartu Pelajar atau Surat Keterangan Kependudukan yang sah dari desa/kelurahan yang masih berlaku
3.   Mengisi dan menandatangani Slip Penarikan Dana (disediakan oleh bank). 

Selain melalui teller bank Pencairan/pengambilan dana juga dapat langsung dilakukan dengan menggunakan KIP ATM yang dimiliki siswa di layanan mesin ATM yang tersedia. Apabila Buku Tabungan atau KIP ATM hilang atau belum pernah diberikan oleh bank, maka dapat menggunakan Surat Keterangan Kehilangan dari kepala sekolah.

Selain itu dalam melakukan aktivasi rekening untuk melakukan pencairan PIP, maka ada beberapa persyaratan yang harus di siapkan oleh calon penerima PIP diantaranya yaitu :
1.   Membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah (tanda tangan dan stempel basah, asli).  Surat keterangan ini dibuat per siswa penerima atau dapat untuk beberapa siswa sekaligus yang akan melakukan aktivasi rekening/pencairan dana
2.   Salah satu identitas siswa penerima, seperti: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Pelajar atau Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali siswa penerima atau surat keterangan diri dari lurah/kepala desa
3.   Mengisi dan menandatangani Formulir Aktivasi Rekening (disediakan oleh bank)
4.   Mengisi dan menandatangani Slip Penarikan Dana. Lembar ini diperlukan apabila akan langsung melakukan pencairan/pengambilan dana PIP (disediakan oleh bank). 

Bagi siswa atau wali siswa yang akan melakukan pengambilan/pencairan bantuan PIP secara langsung atau mandiri maka harus menyiapkan beberapa dokumen yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1.   Membawa rekening atau buku tabungan SIMPEL PIP
2.   Membawa surat keterangan dari kepala sekolah
3.   Membawa identitas diri siswa sebagai penerima PIP
4.   Mengisi dan menandatangani slip penarikan dana.

Sedangkan, Bagi siswa yang akan melakukan pengambilan/pencairan bantuan PIP secara kolektif yang biasanya dilakukan pencairannya oleh kepala sekolah atau oleh bendahara sekolah, maka harus menyiapkan beberapa dokumen yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1.   Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) dari kepala sekolah
2.   Surat Kuasa dari siswa penerima PIP
3.   Surat Keterangan Kepala Sekolah (tanda tangan dan stempel basah, asli)
4.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kepala Sekolah/Ketua Lembaga atau Bendaharawan Sekolah dan menunjukkan aslinya
5.   Fotocopy Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah/Ketua Lembaga atau Bendaharawan Sekolah yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya
6.   Slip penarikan dana yang ditandatangani oleh setiap siswa penerima dan kepala sekolah (disediakan oleh bank).

Baiklah di bawah ini saya akan membagikan beberapa file penting dalam bentuk format yang nantinya bisa digunakan sebagai pelengkap dalam melakukan proses pencairan bantuan PIP.
Adapun file format yang akan saya bagikan di bawah ini antara lain, format surat keterangan kehilangan buku tabungan, surat keterangan dari kepala sekolah, SPTJM, surat kuasa.
Untuk anda yang membutuhkan file dari format yang telah saya sebutkan di atas, maka silahkan anda ambil filenya di bawah ini :
  • Format surat kehilangan buku tabungan PIP (disini)
  • Format surat keterangan kepala sekolah (disini)
  • Format surat pertanggungjawaban mutlak (disini)
  • Format surat kuasa perorangan (disini)
  • Format surat kuasa kolektif (disini)

Demikianlah postingan kali ini, semoga file format untuk melengkapi berkas pencairan PIP dapat senantiasa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Seluruh file yang telah saya bagikan di atas tersimpan dalam format word sehingga mudah untuk anda edit sesuai kebutuhan.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel