-->

Contoh SPTJM Untuk Pencairan Dana PIP Kolektif

Kherysuryawan.id – Format surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) untuk pencairan bantuan dana program Indonesia pintar (PIP) secara kolektif oleh sekolah.

Sahabat Pendidikan, seperti kita ketahui bahwa untuk siswa yang tergolong dalam kategori siswa miskin dan memiliki kartu KIP maka ia akan menerimakan bantuan program Indonesia pintar (PIP) yang akan di berikan dalam bentuk uang tunai dan di salurkan melalui masing-masing rekening penerima PIP.

 


Dengan adanya bantuan PIP maka akan sangat menolong sekali bagi siswa yang saat akan bersekolah tidak bisa membeli peralatan sekolah karena orang tuanya tidak mampu untuk membelikannya. Nah kini dengan adanya bantuan PIP tersebut maka siswa penerima bantuan PIP dapat menggunakan uangnya untuk membeli keperluan dan kebutuhan sekolah serta untuk pembiayaan sekolah.

 

Sahabat Pendidikan perlu di pahami bahwa dalam melakukan pencairan bantuan PIP maka seorang penerima PIP dapat menggunakan 2 cara untuk melakukan pencairannya yaitu dengan melakukan pencairan secara langsung secara individu maupun melakukan pencairan secara kolektif melalui pihak sekolah.

 

Jika pencairan bantuan PIP di lakukan secara kolektif maka pihak sekolah harus membuat dan menyediakan surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) yang menjadi salah satu syarat bagi pihak sekolah yang akan melakukan pencairan dana PIP kolektif. Surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) tersebut nantinya harus di tandatangani oleh kepala sekolah di atas materai.

 

Di dalam surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) yang akan di buat tersebut maka kepala sekolah harus siap untuk memberikan pernyataan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.   Mengajukan permohonan pencetakan buku tabungan maupun pencairan dana PIP secara kolektif dengan alasan Jauh dari Kantor Bank ….

2.   Bertanggung jawab sepenuhnya untuk mencairkan dana PIP Tahun 20… secara kolektif dari siswa-siswa di sekolah saya.

3.   Bertanggung jawab penuh untuk menyalurkan dana beserta buku tabungan kepada siswa penerima Dana PIP Tahun 20… dalam waktu paling lambat 5 hari kerja setelah pencairan kolektif di lakukan

4.   Akan menyampaikan laporan pencairan kolektif ke Dinas pendidikan Kabupaten/Kota dalam waktu paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pencairan kolektif dilakukan.

5.   Apabila di kemudian hari terjadi tuntutan hukum baik pidana maupun perdata terkait dengan pencairan bantuan PIP 20… secara kolektif ini, maka saya siap untuk bertanggung jawab penuh.

Bagi anda yang akan melakukan pencairan dana bantuan PIP secara kolektif namun belum memiliki file surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) untuk digunakan sebagai salah satu persyaratan pencairan dana PIP secara kolektif maka melalui postingan ini anda bisa mendapatkan filenya secara gratis dan mudah sebab disini saya akan membagikannya untuk anda.

 

Selain itu file surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) yang akan saya bagikan melalui postingan ini tersimpan dalam format word sehingga mudah untuk di edit dan di gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Salah satu hal yang penting untuk di persiapkan dalam membuat SPTJM yaitu materai sebab untuk keabsahan surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) maka harus di bubuhi materai.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan file contoh surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) untuk pencairan bantuan dana PIP siswa SD/SMP/SMA/SMK maka anda bisa mendapatkan filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :


  • Contoh SPTJM Untuk Pencairan PIP Kolektif (DISINI)
 

File contoh surat pertanggung jawaban mutlak (SPTJM) yang telah saya bagikan tersebut diatas dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk pencairan PIP baik di Bank BRI maupun di Bank BNI. Semoga file contoh SPTJM tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel