-->

2 Contoh Surat Keterangan Kehilangan Buku Tabungan PIP Siswa SD SMP SMA SMK

Kherysuryawan.id – Berikut ini 2 jenis contoh surat kehilangan buku tabungan simple PIP SD, SMP, SMA/SMK dan kehilangan KIP ATM PIP terbaru.

Sahabat Pendidikan, seperti kita ketahui bahwasannya untuk bisa mendapatkan bantuan program Indonesia pintar (PIP) maka calon penerima PIP harus melakukan aktivasi nomor rekening dan membuat sebuah rekening yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk menyimpan dana bantuan PIP yang akan disalurkan oleh pihak pusat.

 


Dengan memiliki buku rekening maka peserta didik bisa dengan mudah melakukan pencairan bantuan PIP. Dana yang akan di terima akan secara otomatis masuk kedalam rekening penerima bantuan PIP dan nantinya dana yang telah masuk tersebut akan mudah untuk di cairkan sesuai dengan jumlah yang ada di dalam buku rekening.

 

Lantas bagaimana jika ternyata buku tabungan PIP atau KIP ATM siswa yang sudah pernah ada ternyata hilang ????

Nah, pada kesepatan kali ini saya akan memberikan sebuah solusi untuk anda yang mungkin sedang mengalami masalah dimana buku tabungan PIP anda hilang. Di banyak kasus sering terjadi apabila seseorang mengalami masalah dimana buku tabungannya hilang maka ia akan merasa panik dan bingung harus berbuat apa.

 

Salah satu solusi yang harus di lakukan untuk bisa mengatasi masalah buku rekening PIP siswa yang hilang yaitu dengan membuat surat keterangan hilang. Apabila anda baru pertama kali mengalami masalah ini dan belum mengetahui bagaimana cara untuk membuat surat keterangan hilang buku tabungan PIP maka melalui postingan ini saya akan membagikan 2 format contoh surat keterangan hilang buku tabungan simple PIP siswa.

 

Sebelum saya membagikan 2 format contoh surat keterangan kehilangan buku tabungan PIP atau KIP ATM siswa, maka saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu surat keterangan kehilangan, apa fungsi dari surat keterangan hilang tersebut serta apa manfaat yang bisa di peroleh dengan membuat surat keterangan kehilangan buku tabungan tersebut.

 

Apabila yang mengalami kehilangan buku tabungan ialah siswa maka siswa tersebut harus melakukan pemberitahuan informasi kehilangan terlebih dahulu kepada pihak sekolah agar nantinya pihak sekolah bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Surat keterangan kehilangan bisa didefinisikan sebagai sebuah surat yang menerangkan adanya kehilangan suatu barang atau benda yang dimiliki seseorang.

 

Perlu di ketahui bahwa Surat keterangan kehilangan buku tabungan siswa ini tidak sembarang pihak yang bisa mengeluarkannya karena pada umumnya ini hanya dibuat dan dikeluarkan oleh lembaga atau instansi resmi (formal) saja. Oleh sebab itu untuk bisa membuat surat keterangan hilang buku tabungan siswa maka harus di lakukan sesuai dengan prosedur yang benar.

 

Sehungan  dengan akan dibuatnya surat keterangan kehilangan dari sekolah, maka fungsi surat keterangan hilang yaitu untuk memberikan keterangan kepada pihak bank bahwa siswa di sekolah tersebut benar-benar kehilangan buku tabungannya (misalnya buku tabungan program indonesia pintar/ PIP), maka dengan itu siswa/ orangtuanya bisa diberi keringanan oleh pihak bank sehingga dana bantuannya bisa dicairkan meski tabungannya hilang. Selain itu, fungsi lain dari surat keterngan hilang tersebut adalah sebagai sebuah permohonan kepada pihak bank agar bisa menggantikan buku tabungan yang telah hilang dengan buku rekening yang baru.

 

Apabila nantinya buku rekening yang baru sudah di terbitkan sebagai pengganti buku rekening lama yang telah hilang tersebut maka siswa penerima bantuan PIP dapat melakukan pencairan dana bantuan PIP nya dengan menggunakan buku rekening baru yang sudah di buatkan.

Adapun Manfaat dibuatnya surat keterangan kehilangan buku rekening PIP siswa bagi sekolah yaitu sebagai administrasi atau arsip, sedangkan manfaatnya bagi orangtua/ wali siswa yaitu surat ini akan sangat bermanfaat sekali karena dapat membantu mencairkan dana(uang PIP) meski buku tabungan yang menjadi syarat pencairannya tidak ada atau hilang.

 

Sebagai informasi pula bahwa untuk bisa membuat surat keterangan hilang buku tabungan siswa PIP maka yang bersangkutan tentunya juga harus mempersiapkan dan memberikan beberapa persyaratan yang menjadi dasar atau identitas bagi sekolah untuk bisa menerbitkan surat keterangan hilang buku tabungan PIP siswa tersebut.

 

Pada contoh format surat keterangan hilang buku tabungan PIP siswa yang akan saya bagikan pada postingan ini yaitu surat keterangan hilang yang di buat oleh pihak sekolah. Untuk siswa yang akan di buatkan surat keterangan hilang buku tabungan PIP dari sekolah maka harus menyiapkan beberapa identitas penting berikut ini :

1.   Nama lengkap siswa

2.   Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

3.   Tempat dan tanggal lahir

4.   Jenis kelamin

5.   Kelas/tingkatan

6.   Nomor rekening PIP siswa

7.   Tanda tangan siswa

 

Contoh surat keterangan kehilangan buku tabungan PIP siswa yang akan saya bagikan ini bisa digunakan oleh siswa jenjang SD, siswa jenjang SMP, siswa jenjang SMA maupun siswa jenjang SMK yang mengalami masalah kehilangan buku tabungan PIP nya. Jadi bagi anda yang akan menggunakannya mak anada bisa menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan format contoh surat keterangan kehilangan buku tabungan PIP siswa, maka berikut ini saya akan membagikan 2 contoh surat keterangan kehilangan buku tabungan PIP siswa yang bisa anda miliki filenya di bawah ini:

  • Format Surat Kehilangan Tabungan PIP Versi 1 - (DISINI)
  • Format Surat Kehilangan Tabungan PIP Versi 2 - (DISINI)  

 

Kedua file contoh surat keterangan kehilangan buku tabungan PIP siswa SD, SMP, SMA/SMK yang telah saya bagikan diatas tersimpan dalam bentuk word sehingga bagi anda yang ingin melakukan pengeditan maka dapat melakukannya dan menggunakannya dengan sangat mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

Demikianlah informasi ini bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel