Soal dan Jawaban Seleksi PPPK Seni Budaya Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Soal latihan seleksi ASN PPPK untuk guru seni budaya lengkap dengan kunci jawaban jenjang SMP, SMA dan SMK tahun 2023.

Sahabat pendidikan, seleksi penerimaan PPPK akan segera dimulai olehnya itu untuk anda yang berprofesi sebagai guru dan ingin mendaftar seleksi penerimaan ASN PPPK maka anda wajib untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi seleksi ASN PPPK yang akan dating.

 


Adapun soal-soal latihan seleksi ASN PPPK yang akan saya bagikan pada postingan ini ialah soal latihan PPPK untuk maple seni budaya jenjang SMP dan SMA/SMK. Selain itu di setiap soal yang di sajikan juga sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga bagi anda yang ingin menggunakan soal latihan ini sebagai bahan ajar maka anda akan sangat mudah menggunakannya karena di setiap soal sudah di sediakan kunci jawabannya.

 

Pada soal seleksi PPPK seni budaya yang akan saya bagikan disini yaitu meliputi 3 aspek yakni:

1.   Soal PPPK seni rupa yang berjumlah 30 soal

2.   Soal PPPK seni tari yang berjumlah 20 soal

3.   Soal PPPK seni musik yang berjumlah 30 soal

Dari semua soal yang ada pada masing-masing aspek diatas semuanya telah di lengkapi dengan kunci jawabannya.

 

Postingan ini sengaja saya buat dengan tujuan agar bisa membantu para guru honorer yang mengajar mata pelajaran seni budaya untuk bisa belajar soal-soal PPPK sebagai bahan persiapan ketika akan menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya. Dengan sejak dini mempersipkan kemampuan akademik maka tentunya akan menjadi bekal yang baik saat akan menghadapi seleksi nantinya.

 

Semua soal latihan PPPK seni budaya ini merupakan soal prediksi yang mungkin sebagian akan sangat membantu para calon ASN PPPK dalam belajar mandiri sehingga jika menemukan soal yang serupa maka sudah dapat mengetahui jawabannya. Dengan adanya kunci jawaban pada setiap soal PPPK seni budaya yang ada pada postingan ini maka akan lebih memudahkan dalam menggunakannya untuk belajar mandiri.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya tentang soal-soal apa saja yang disajikan pada postingan ini seputar soal prediksi PPPK mapel seni budaya, maka silahkan anda simak dan pelajari selengkapnya di bawah ini :

 

1. Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik dengan mengandalkan asepek filosofis dari ilmu pengetahuan formatif yang terdapat pada ...

a. Estetika

b. Etika

c. Logika

d. Karakter

KUNCI JAWABAN : a. Estetika

 

2. Mempelajari kesenian mancanegara dalam pembelajaran seni budaya bertujuan untuk..

a. Pengembangan  apresiasi

b. Membina kepekaan  estetik

c. Membandingkan ragam  budaya

d. Mentranfer budaya  asing

KUNCI JAWABAN : a. Pengembangan  apresiasi

 

3. Pendekatan Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik menjadi manusia yang .............

a. Rasionalis

b. Empiris

c. Filosofis

d. Humanistis

KUNCI JAWABAN : d. Humanistis

 

4. Pada standar kompetensi pembelajaran seni budaya, siswa diminta untuk mengidentifikasi karya seni, kegiatan tersebut mengarah pda pengembangan aspek..

a. Kreasi

b. Apresiasi

c. Ekspresi

d. Meneliti

KUNCI JAWABAN : b. Apresiasi

 

5. Sifat mata pelajaran seni budaya memiliki muatan pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi yang berorientasi pada tiga pendekatan, seperti pada butir-butir jawaban ini, kecuali .......

a. Multidimensional

b. Multitalenta

c. Multiligual

d. Multikultural.

KUNCI JAWABAN : b. Multitalenta

 

6. Konsep pembelajaran seni mengaitkan faktor pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi dengan memadukan unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika, terdapat pada pendekatan….

a.Multilingual

b.Multidimensional

c. Multikultural

d.Multitalenta

KUNCI JAWABAN : b.Multidimensional

 

7. Pengamatan yang mendalam saat mengapresiasi karya seni rupa pada pandangan pertama, dan menyiapkan diri untuk merasa suka disebut sikap...

a. Simpati

b. Kreasi

c. Empati

d. Eksplorasi

KUNCI JAWABAN : c. Empati

 

8. Berbagai jenis kesenian yang berkembang di Indonesia pada pembelajaran seni budaya, masuk pada konteks..

a. Budaya asli

b. Budaya bangsa

c. Seni Nusantara

d. Budaya Nusantara

KUNCI JAWABAN : c. Seni Nusantara

 

9. Dalam menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran terlebih dahulu perlu dibuat rancangan penyusunan karya dengan memperhatikan ……. pada tata letaknya.

a. Irama

b. Keseimbangan

c. Harga

d. Komposisi

KUNCI JAWABAN : d. Komposisi

 

10. Hasil pembelajaran seni budaya dapat diukur berdasarkan produk atau prosesnya. Salah satu indikator dalam menilai proses adalah...

a. Keaktifan siswa

b. Pekerjaan rumah siswa

c. Hasil karya yang dibuat  cepat

d.Karyanya bervariasi

KUNCI JAWABAN : a. Keaktifan siswa

 

11. Susunan dari unsur rupa yang perulangannya direncanakan dalam perulangan sejenis disebut irama...

a. Alternatif

b. Repetitif

c. Progresif

d. Serasi

 KUNCI JAWABAN : b. Repetitif

 

12. Komposisi yang harmonis dengan adanya kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi dan fokus, akan terjadi bila perupa saat menata menggunakan..

a. Prinsip seni rupa

b. Elemen seni rupa

c. Medium seni rupa

d. Unsur seni rupa

 KUNCI JAWABAN : a. Prinsip seni rupa

 

13. Mengukur kepekaan estetik dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan memaknai , menghasilkan .....

a. Unsur estetik

b. Nilai estetik

c. Moment estetik

d. Unsur estetik

KUNCI JAWABAN : b. Nilai estetik

 

14. Bila Anda meraba permukaan benda akan terasa lembut, halus atau kasar, maka Anda sedang berhadapan dengan ....

a. Jenis tekstur

b. Kualitas tekstur

c. Bahan tekstur

c. Corak tekstur

KUNCI JAWABAN : b. Kualitas tekstur

 

15. Kurator melakukan kurasi, mengkolaborasi antarperupa dengan menggabungkan gagasan dalam pameran dan utamanya adalah membangun wacana dan mempresentasikan ide dan wacana yang dibuat, karena itu kurator disebut sebagai..

a. Birokrator

b. Kolektor

c. Kreator pameran

d. Kolekdol

 KUNCI JAWABAN : c. Kreator pameran

 

16. Konsep pembelajaran seni rupa terdiri dari materi pemahaman tentang Seni Rupa, komposisi, dan aktivitas dengan tiga kategori yang terdiri dari butir jawaban soal ini, kecuali ...

a. Aktivitas apresiasi

b. Aktivitas membelia

c. Aktivitas ekspresi diri

d. Aktivitas pengamatan

 KUNCI JAWABAN : b. Aktivitas membelia

 

17. Secara garis besar yang mengurusi seluk beluk dan konsep produksi, pameran, dan pemasaran serta merencanakan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan mengembangkan berbagai produksi seni disebut sebagai....

a. manajemen seni

b. manager seni

c. broker seni

d. kolektor seni

 KUNCI JAWABAN : a. manajemen seni

 

18. Dengan segenap daya seseorang meciptakan karya seni dengan kemampuan mencipta kombinasi, menuangkan keunikan gagasan dan nilai kebaruan dari bentuk ekspresi suatu karya seni. Kemampuan tersebut terdapat pada...

a. Orsinalitas

b. Spontanitas

c. Sensitivitas

d. Kreativitas

 KUNCI JAWABAN : d. Kreativitas

 

19. Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan, mengandung muatan yang bertujuan pada keterampilan personal, social, vokasional, dan akademik. Aspek-aspek keterampilan tersebut khususnya terdapat pada pembelajaran....

a.Seni Rupa

b.Seni Kerajinan

c. Seni Tari

d.Seni Musik

KUNCI JAWABAN : b.Seni Kerajinan

 

20. Secara hierarkhi pembuatan karya seni hias tradisional tidak terlepas dari Motif, Pola, Ornamen dan Ragam Hias. Karya sejenis ini termasuk pada karya.....

a. Seni dekoratif

b. Seni rupa lama

c. Seni rakyat

d. Seni primitive

KUNCI JAWABAN : a. Seni dekoratif

 

21. Salah satu Konsep Keterampilan Kerajinan yang sangat diharapkan menjadi bidang penting dalam pelestarian seni kriya berperan penting di dalam ...

a. Konservasi Seni Budaya Nusantara

b. Komersialisasi Budaya

c. Pendidikan Budaya

d. Persaingan Budaya

 KUNCI JAWABAN : a. Konservasi Seni Budaya Nusantara

 

22. Pada saat siswa berolah seni secara langsung ia pun melibatkan pengalaman dan intelektualnya, hal ini disebut sebagai proses……

a. Dekorasi

b. Apresiasi

c. Ekspresi

d. Eksplorasi

 KUNCI JAWABAN : b. Apresiasi

 

23. Bila hasil belajar seni dapat mengembangkan kemampuan belajar di bidang ilmu lainnya dan

seni rupa berperan sebagai media atau sarana, maka strategi  pembelajaran ini disebut....

a. Belajar Melalui Seni

b. Belajar dari Seni

c. Belajar tentang Seni

d. Belajar dengan Seni

KUNCI JAWABAN : a. Belajar Melalui Seni

 

24. Fungsi Hias Benda Kerajinan sebagai karya seni rupa tradisional yang banyak ditemukan dan dilakukan pelestarian sebagai peninggalan budaya, disebut sebagai...

a. Warisan

b. Cendramata

c. Ragam hias

d. Artefak

KUNCI JAWABAN : d. Artefak

 

25. Karya seni rupa yang tidak berkaitan dengan fungsi pakai disebut seni murni, sebagai contoh adalah .....

a. Lukisan

b. Keris

c. Batik

d. Tekstil

KUNCI JAWABAN : a. Lukisan

 

26. Fungsi motif dan ragam hias benda seni kerajinan pada kainan tenunan dan ukiran kayu atau batu, biasanya orang menganggap bahwa seni hias dibuat untuk dimaknakan sebagai simbol yang dipercayai membawa .....

a.Tujuan keindahan.

b. Kepercayaan

c. Keberuntungan

d. Identitas

KUNCI JAWABAN : c. Keberuntungan

 

27. Penilaian terhadap proses sebagai representasi belajar penguasaan teknis, eksplorasi media dan demonstrasi serta penyajian proses kreatif disebut sebagai penilaian...

a. penilaian konsep

b. penilaian portofolio

c. penilaian produk

d. Penilaian Kinerja

 KUNCI JAWABAN : d. Penilaian Kinerja

 

28. Dalam pembelajaran seni terpadu Guru memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa, kegiatan yang dipilih bertolak dari minat dan keinginan siswa, sehingga pembelajaran menjadi bermakna, pendekatan ini disebut pendekatan...

a. Tematik

b. Pembelajaran Kontekstual

c. PembelajaraAktif

d. CBSA

KUNCI JAWABAN : b. Pembelajaran Kontekstual

 

29. Beragamnya jenis kerajinan di Indonesia merupakan kondisi positif, hal ini mendorong guru untuk memberikan materi pelajaran secara elaborasi. Pendekatan ini akan behasil bila guru..

a. Menggunakan video

b. Mendatangkan perajin ke sekolah

c. Studi Wisata

d. Membaca buku

KUNCI JAWABAN : a. Menggunakan video

 

30. Seni Batik menjadi pelajaran yang banyak dipilih guru untuk diajarkan di Sekolah. Teknik batik yaang sesuai dan tepat diajarkan di SMP adalah...

a.Teknik Celup ikat

b.Teknik batik printing

c. Teknik batik cap

d.Teknik batik lukis

 KUNCI JAWABAN : a.Teknik Celup ikat

 

SOAL PPPK SENI TARI

1. Tari yang memiliki pola garapan sederhana adalah :

a. Tari Klasik/Istana

b. Tari Modern

c. Tari Rakyat

d. Tari Kreasi Baru

KUNCI JAWABAN : c. Tari Rakyat

 

2. Menirukan gerak binatang dan dilakukan sebelum perburuan sebagai tarian upacara dari suku tertentu termasuk kedalam jenis tari :

a. Tari Primitif

b. Tari rakyat

c. Tari Kreasi Baru

d. tari Klasik/Istana

KUNCI JAWABAN : a. Tari Primitif

 

3. Social Dance lebih mengutamakan :

a. Partisipasi dan komunikasi dari masyarakat dengan tarian

b. Pola garapan dan mengikuti aturan secara turun temurun

c. Ekspresi dan spektakuler penggarapan

d. Ritual dan upacara

KUNCI JAWABAN : a. Partisipasi dan komunikasi dari masyarakat dengan tarian

 

4. Mengamati suatu karya tari secara mendalam sampai kepada isinya serta memberikan penilaian atau penghargaan terhadap karya tersebut, disebut juga dengan :

a. Konsepsi

b. Ekspresi

c. Apresiasi

d. Imajinasi

KUNCI JAWABAN : c. Apresiasi

 

5. Mengkombinasi ide, membuat motif gerak baru, menemukan gerak sesuai dengan tema tari merupakan beberapa kegiatan hasil apresiasi. Pada tahap apakah kegiatan ini ditemukan :

a. Pengetahuan

b. Analisa

c. Persepsi

d. Produksi

KUNCI JAWABAN : d. Produksi

 

6. Hasil apresiasi tari dapat menghasilkan :

a. Sesuatu produk yang inovatif dan kreatif.

b. Mendapatkan pengalaman, wawasan dan kekaguman terhadap karya seni (tari)

c. Menimbulkan rasa percaya diri dan status sosial yang tinggi karena dapat menilai karya seni (tari)

d. Kebosanan, kejenuhan dan ketidaktertarikan terhadap karya seni (tari)

KUNCI JAWABAN : a. Sesuatu produk yang inovatif dan kreatif

 

7. Metode pendekatan apresiasi terdiri dari :

a. Aplikatif, Imitatif, Representatif

b. Aplikatif, Representatif, Problematik

c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik

d. Aplikatif, Kesejarahan, Representatif

KUNCI JAWABAN : c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik

 

8. Pendekatan problematik mengapresiasi tari dengan cara :

a. Melakukan sendiri macam-macam kegiatan seni

b. Mencipta sendiri macam-macam kegiatan seni

c. Memahami permasalahan di dalam seni

d. Mencermati isi dalam karya seni

 KUNCI JAWABAN : c. Memahami permasalahan di dalam seni

 

9. Gerak pribadi dapat diciptakan seseorang melalui :

a. Eksplorasi dan imitasi

b. Eksplorasi dan improvisasi

c. Imitasi dan Improvisasi

d. Eksplorasi dan Eliminasi

KUNCI JAWABAN : b. Eksplorasi dan improvisasi

 

10. Desain lantai (floor) dalam komposisi tari disebut juga :

a. Pola gerak

b. Dramatik

c. Pola lantai

d. Desain gerak

KUNCI JAWABAN : c. Pola lantai

 

11. Dramatik dalam tari dapat diungkapkan melalui :

a. Tema

b. Busana

c. Pola lantai

d. Rias

KUNCI JAWABAN : a. Tema

 

12. Gerak-gerak yang dihasilkan pada saat seorang penata tari

bereksplorasi, selanjutnya dipilih dan dirangkai. Kegiatan

merangkai gerak tersebut dalam komposisi tari disebut juga :

a. Improvisasi

b. Forming

c. Imajinasi

d. Spontanitas

KUNCI JAWABAN : b. Forming

 

13. Proses penciptaan tari dimulai dari.....

a. Eksplorasi, kreativitas, apresiasi

b. Improvisasi,apresiasi, kreativitas

c. Eksplorasi, improvisasi, forming

d. Kreativitas, forming, apresiasi

KUNCI JAWABAN : c. Eksplorasi, improvisasi, forming

 

14. Selain judul dan tema, hal-hal pokok yang ditulis dalam konsep garapan adalah sebagai berikut, kecuali ……

a. Tipe tari dan mode tari

b. tata rias dan busana

c. Bentuk tari dan tata teknik pentas

d. Hitungan dan ragam gerak

KUNCI JAWABAN : d. Hitungan dan ragam gerak

 

15. Dalam pemakaian rias dan busana sebaiknya adalah :

a. Tidak mengganggu gerak penari

b. Harus gemerlap

c. Kelihatan mewah

d. Kelihatan cantik

KUNCI JAWABAN : a. Tidak mengganggu gerak penari

 

16. Procenium adalah tata pentas panggung yang bisanya terdapat di :

a. Gedung aula sekolah

b. Ruang kelas

c. Gedung pertunjukan

d. Arena Terbuka

KUNCI JAWABAN : c. Gedung pertunjukan

 

17. Pengklasifikasian organisasi seni pertunjukan untuk kepentingan manajemen dapat dilihat dari aspek…………

a. Tujuan manajemen

b. Fungsional manajemen

c. Efektivitas manajemen

d. Karakteristik manajemen

KUNCI JAWABAN : a. Tujuan manajemen

 

18. Organisasi seni pertunjukan berkeinginan agar karya seni yang dihasilkan juga dinikmati oleh masyarakat, maka perlu diperhatikan ………..

a. kebutuhaan dan minat masyarakat

b. tingkat apresiasi dan minat masyarakat

c. kebutuhan dan tingkat apresiasi

d. tingkat apresiasi dan daya beli masyarakat

KUNCI JAWABAN : b. tingkat apresiasi dan minat masyarakat

 

19. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi kondisi dan perkembangan seni pertunjukan yang kemudian

berpengaruh pada kondisi dan perkembangan organisasi seni pertunjukan adalah faktor ……….

a. penyelenggara, penonton dan materi karya seni

b. penonton, sponsor, organisasi seni pertunjukan

c. faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi.

d. Semua benar

KUNCI JAWABAN : c. faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi

 

20. Karya seni yang dipergelarkan dapat memberikan nilainilai ajaran atau pendidikan kepada warga masyarakat yang menontonnya merupakan fungsi………..

a. prestasi

b. apresiasi

c. edukasi

d. rekreasi

KUNCI JAWABAN : c. edukasi

 

SOAL PPPK SENI MUSIK

1. Nama garis tegak lurus (hanya 1) dalam notasi balok adalah:

a. Garis Birama

b. Garis Penutup

c. Garis Ulang

d. Garis Awal

KUNCI JAWABAN : a. Garis Birama

 

2. Dalam notasi balok, untuk meletakkan not-not balok

dipergunakan:

a. Sukat

b. Bar

c. Paranada

d. Pugar

KUNCI JAWABAN : c. Paranada

 

3. Dalam vokal untuk anak-anak mempunyai wilayah suara :

a. (c’ – d”)

b. (c – d )

c. (a – d”)

d. (a’ – d”)

KUNCI JAWABAN : a. (c’ – d”)

 

4. Salah satu tehnik pernafasan dalam vokal yang paling baik dipergunakan adalah:

a. dada

b. perut

c. diagframa

d. Falset

KUNCI JAWABAN : c. diagframa

 

5. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu diantaranya adalah:

a. Metronom Maeezel

b. Bright

c. Melodi

d. Interval

KUNCI JAWABAN : c. Melodi

 

6. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin cepat dipergunakan tanda tempo:

a. Rittardando

b. Accelerando

c. Crescendo

d. Decrescendo

KUNCI JAWABAN : b. Accelerando

 

7. Salah satu diantara nama-nama ini bukan Tanda Dinamik dalam musik,

a. piano

b. forte

c. Andante

d. Mezzopiano

KUNCI JAWABAN : c. Andante

 

8. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda Kromatik, untuk menaikkan ½ Nada dipergunakan tanda:

a. palang

b. mol

c. pugar

d. Desimal

KUNCI JAWABAN : a. palang

 

9. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada (2 . . 0) adalah:

a. 1 ketukan

b. 2 ketukan

c. 3 ketukan

d. 4 ketukan

KUNCI JAWABAN : c. 3 ketukan

 

10. Nama not pada spasi ke 2 notasi balok berkunci G adalah:

a. (a’)

b. ( A)

c. (a)

d. (a”)

KUNCI JAWABAN : a. (a’)

 

11. Tinggi rendahnya sebuah bunyi dibunyikan disebut:

a. Irama

b.Harmoni

c. Melodi

d. Bentuk/Struktur

KUNCI JAWABAN : c. Melodi

 

12. Mata pelajaran seni rupa,seni musik, seni tari dan seni

teater tercakup dalam pelajaran

a. Seni Budaya

b. Kebudayaan

c. Filsafat

d. Sosiologi

 KUNCI JAWABAN : a. Seni Budaya

 

13. Dalam mengajar matapelajaran Seni Budaya, pembelajaran yang sangat sesuai adalah

a.Pembelajaran Kognitif

b.Pembelajaran Terpadu

c. Pembelajaran Motorik

d. Pembelajaran Problem Solving

KUNCI JAWABAN : b.Pembelajaran Terpadu

 

14. Model Pembelajaran Seni Budaya yang sesuai dengan KTSP selalu harus menentukan

a. Tema

b. Unsur Tari

c. Unsur musik

d. Unsur Rupa.

KUNCI JAWABAN : c. Unsur musik

 

15. Dalam 4 unsur seni musik, salah satu diantaranya adalah:

a. Pulsa – Durasi

b. Attack – Relase

c. Harmoni – Bentuk/Struktur

d. Duol – Triol

KUNCI JAWABAN : a. Pulsa – Durasi

 

16. Marcia termasuk tanda musik:

a. Tempo

b. Harmoni

c. Dinamik

d. Motif

KUNCI JAWABAN : a. Tempo

 

17. Panjang pendeknya bunyi yang dibunyikan disebut

a. Irama

b. Harmoni

c. Melodi

d. Motif

KUNCI JAWABAN : b. Harmoni

 

18. Dalam bernyanyi pernafasan yang sebaiknya jangan

digunakan sebaiknya pernafasan:

a. Dada

b. Perut

c. Diafragma

d. Mulut

KUNCI JAWABAN : c. Diafragma

 

19. Suara manusia dihasilkan dari ............ yang bergetar karena udara.

a. Tenggorokan

b. Pita Suara

c. Kepala

d. Rongga Mulut

KUNCI JAWABAN : c. Kepala

 

20. Melalui bernyanyi seorang anak dapat memiliki:

a. penghasilan

b. kesibukan sehari-hari

c. Percaya Diri

d. Terkenal

 KUNCI JAWABAN : a. penghasilan

 

21. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu diantaranya adalah:

a. Metronom Maeezel

b. Bright

c. Irama

d. Interval

 KUNCI JAWABAN : a. Metronom Maeezel

 

22. Salah satu yang bukan tehnik pernafasan dalam vokal adalah:

a. dada

b. perut

c. diagframa

d. falset

KUNCI JAWABAN : b. perut

 

23. Dalam vokal untuk Sopran/Wanita tinggi mempunyai wilayah suara:

a. (c’ – a”)

b. (c – a )

c. (a – d”)

d. (a’ – d”)

 KUNCI JAWABAN : a. (c’ – a”)

 

24. Dalam notasi balok, untuk mengetahui lagu/musik berapa ketukan dipergunakan:

a. Tanda Sukat

b. Bar

c. Paranada

d. Tanda Pugar

KUNCI JAWABAN : b. Bar

 

25. Nama 2 (dua)garis tegak lurus dalam notasi balok adalah:

a. Garis Birama

b. Garis Penutup

c. Garis Ulang

d. Garis Awal

 KUNCI JAWABAN : c. Garis Ulang

 

26. Nama not pada garis ke 2 notasi balok berkunci G adalah:

a. (g’)

b. (G)

c. (g)

d. (g”)

KUNCI JAWABAN : a. (g’)

 

27. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada (2

000) adalah:

a. 1 ketukan

b. 2 ketukan

c. 3 ketukan

d. 4 ketukan

KUNCI JAWABAN : d. 4 ketukan

 

28. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda Kromatik, untuk menurunkan ½ Nada dipergunakan tanda:

a. palang

b. mol

c. pugar

d. desimal

KUNCI JAWABAN : d. desimal

 

29. Salah satu diantara nama-nama ini adalah Tanda tempo dalam musik,

a. piano

b. forte

c. andante

d. Mezzopiano

 KUNCI JAWABAN : a. piano

 

30. Untuk membawakan lagu agar makin lama makin lambat dipergunakan tanda tempo:

a. Rittardando

b. Accelerando

c. Crescendo

d. Decrescendo

KUNCI JAWABAN : a. Rittardando


==> 50 SOAL DAN JAWABAN PPPK SENI BUDAYA BERIKUTNYA (DISINI)


Demikianlah soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran seni budaya semoga soal-soal latihan PPPk yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban tersebut bisa membantu para calon guru untuk melakukan proses belajar mandiri sebagai persiapan dalam menghadapi seleksi ASN PPPk yang akan datang.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel