-->

Cara Cek Saldo KIP/PIP SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2020


Kherysuryawan.id – apakah anda ingin melihat saldo bantuan PIP anda ???
Bantuan PIP merupakan bantuan yang di berikan oleh pemerintah pusat yang penyalurannya dilakukan secara langsung ke rekening masing-masing penerima yang dalam hal ini adalah peserta didik yang memiliki kartu KIP atau peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu dan atau peserta didik yang berada di daerah rawan konflik dan bencana.

Bantuan PIP sangat membantu peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu, sebab banyak orang tua yang tidak bisa menyekolahkan anaknya hanya karena persoalan tidak memiliki biaya untuk membayar uang sekolah anaknya. Saat ini dengan adanya bantuan Pendidikan dalam bentuk beasiswa ataupun bantuan program Indonesia pintar maka tentunya sangat membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan sekolah anaknya.

Peserta didik penerima PIP tentunya harus memenuhi beberapa syarat agar bisa mendapatkan sekaligus mencairkan bantuan PIP di sekolahnya. Salah satu syarat untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP yaitu masing-masing peserta didik penerima PIP harus membuat atau memiliki rekening yang akan di gunakan sebagai alat untuk menerima penyaluran bantuan PIP dari pusat.
Bantuan PIP yang nantinya akan di terima oleh masing-masing penerima PIP di salurkan dalam bentuk uang tunai sehingga nantinya uang tersebut langsung di salurkan melalui rekening masing-masing penerima dengan jumlah besaran yang mungkin saja berbeda-beda.

Pada postingan saya sebelumnya saya telah menyampaikan perbedaan besaran uang yang akan di terima oleh masing-masing penerima bantuan PIP mulai dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga sekolah menengah kejuruan.
Mengapa jumlah bantuan dana PIP berbeda-beda untuk setiap jenjang, sebab kebutuhan yang di perlukan untuk masing-masing peserta didik di setiap jenjang Pendidikan juga berbeda-beda. Logikanya adalah semakin tinggi jenjang Pendidikan pastinya jumlah kebutuhan yang di perlukan juga akan semakin meningkat sehingga jumlah bantuan dana PIP untuk jenjang SMA/SMK tentunya akan berbeda dengan jumlah bantuan dana PIP jenjang SMP dan SD.

Bagi peserta didik yang sudah pernah menerimakan bantuan PIP maka tentunya sudah mengetahui berapa besaran saldo yang terdapat di dalam rekening tabungan yang di jadikan sebagai alat untuk menyalurkan bantuan PIP nya. Penyaluran bantuan PIP akan di berikan kepada setiap peserta didik penerima PIP dalam beberapa tahap. Intinya bahwa jumlah bantuan PIP dalam bentuk uang tunai akan di berikan secara penuh sesuai aturan dan dapat di terima oleh setiap peserta didik yang memnuhi syarat serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di kesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa mengetahui jumlah saldo penerima PIP pada jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan SMK.
Setiap penerima PIP memiliki rekening masing-masing, sehingga nantinya saldo dari bantuan PIP akan dapat di ketahui melalui rekening yang bersangkutan. Apabila penerima PIP tidak segera melakukan pencairan hingga batas waktu yang telah di tentukan maka saldo tersebut akan di kembalikan ke KAS negara, jadi diharapkan bagi calon penerima PIP yang Namanya telah keluar sebagai penerima bantuan PIP agar segera melakukan validasi dan konfirmasi bahwa siap untuk melakukan pencairan dana PIP dengan melengkapi seluruh persyaratan penciran bantuan PIP.

Bagi anda yang ingin mengetahui jumlah saldo dari bantuan PIP yang akan anda terima maka anda hanya dapat melihatnya apabila SK penetapan nama – nama yang masuk sebagai calon penerima bantuan PIP telah keluar. Untuk bisa melihat SK Tersebut, maka anda bisa meminta bantuan kepada pihak sekolah untuk mengetahui berapa besaran saldo yang terdapat di rekening anda untuk bisa di cairkan pada proses pencairan PIP.
Intinya bahwa jumlah uang yang akan di terima pada masing-masing penerima bantuan PIP bisa saja tidak sama meskipun ia berada pada jenjang satuan Pendidikan yang sama. Besaran dana yang di berikan biasanya di sesuaikan dengan tingkatan kelas dan SK tahap pencairan.

Demikianlah yang bisa saya informasikan pada kesempatan kali ini, semoga anda yang menjadi calon penerima bantuan PIP dapat terbantu dengan informasi ini, serta dapat selalu aktif dalam mencari informasi tentang bantuan PIP pada sekolah masing-masing agar saldo yang akan anda terima tidak hangus akibat dari tidak melakukan pencairan karena tidak adanya informasi yang jelas mengenai proses dan jadwal pencairan.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel