-->

CARA CEK BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) / PIP SD,SMP,SMA TAHUN 2020

Kherysuryawan.id - Cek Bantuan BSM/PIP Terbaru anda tahun 2020.
Dari tahun ke tahun pemerintah terus mengeluarkan terobosan baru terutama dalam memberikan bantuan pendidikan berupa uang tunai untuk peserta didik mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah telah banyak memberikan batuan pendidikan yang di beri nama BSM atau bantuan siswa miskin maka saat ini bantuan tersebut semakin berkembang dengan perubahan nama menjadi PIP atau program indonesia pintar.
PIP merupakan program yang di keluarkan oleh pemerintah dengan tujuan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa atau peserta didik yang berasal dari keluarga miskin dan bantuan tersebut di berikan dalam bentuk uang tunai.
Sasaran utama yang dapat memperolah bantuan PIP yaitu seluruh peserta didik mulai dari tingkat atau jenjang SD, SMP, SMA/SMK yang telah memiliki kartu indonesia pintar (KIP).

Bagi peserta didik yang telah memiliki kartu KIP dan tidak memenuhi persyaratan maka peserta didik tersebut tidak akan bisa menerimakan bantuan PIP tersebut sebab peserta didik pemegang kartu KIP harus memenuhi persyaratan untuk bisa menerimakan bantuan PIP tersebut.

Beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh peserta didik pemegang kartu KIP baik peserta didik dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK yaitu pesert didik harus terdaftar di lembaga pendidikan formal, kemudian pemegang kartu KIP harus melakukan pendaftaran kartu KIP melalui aplikasi dapodik di satuan pendidikan sesuai jenjang yang di duduki oleh peserta didik (SD,SMP,SMA/SMK). 

Tujuan dari program PIP adalah untuk membantu biaya pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yang masih aktif dan terdaftar di suatu lembaga pendidikan baik SD,SMP, hingga SMA/SMK.
Biaya pendidikan tersebut di berikan dengan tujuan :
  • Membeli buku dan alat tulis sekolah;
  • Membeli pakaian seragam sekolah/praktek dan perlengkapan sekolah, diantaranya meliputi : sepatu, tas, dan sejenisnya; 
  • Membiayai transportasi peserta didik dari rumah tempat asal hingga tiba di sekolah;
  • Sebagai uang saku peserta didik di sekolah;
  • Membiayai kursus/les tambahan peserta didik untuk meningkatkan pendidikan.
Adapun besaran dana yang dapat di peroleh bagi siswa yang mendapatkan bantuan PIP maka Berikut ini penjabaran mengenai besaran dana yang dapat di peroleh bagi peserta didik melalui program PIP berdasarkan tingkatan jenjang sekolah.
  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 225.000,- per semester atau Rp450.000,-/tahun;
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp 375.000,- per semester atau Rp750.000,-/tahun;
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp 500.000,- per semester atau  Rp1.000.000,-/tahun.
Selanjutnya Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan atau mengecek nama sekolah dan nama peserta didik yang menerimakan bantuan siswa miskin atau penerima program indonesia pintar tahun 2020 mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka akan di jelaskan melalui artikel ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai cara untuk mengecek nama-nama siswa yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK.
Berikut ini penjelasannya :

UNTUK SD :
Untuk sekolah dasar (SD) yang akan melakukan pengecekan penerima bantuan PIP maka dapat melakukannya dengan mengunjungi alamat  http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
dan setelah anda login maka anda dapat mengecek atau melihat nama penerima bantuan PIP di sekolah tersebut.

UNTUK SMP :
Untuk sekolah menengah pertama (SMP) yang akan melakukan pengecekan nama-nama penerima bantuan PIP maka silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/ dan setelah itu ikuti petunjuknya maka anda dapat melakukan pengecekan PIP untuk siswa pada jenjang sekolah tersebut.

UNTUK SMA :
Bagi sekolah menengah atas (SMA) Untuk mengetahui informasi sekolah penerima PIP pada jenjang SMA serta mengetahui nama-nama penerima bantuan program indonesia pintar (PIP) maka dapat mengunjungi link alamat berikut ini :http://pip.psma.kemdikbud.go.id/.
Di dalam link yang anda kunjungi pada masing-masing satuan pendidikan tersebut maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam melakukan pengecekan nama penerima bantuan PIP.

Demikianlah tutorial mengenai cara terbaru untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP secara online, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel