CARA CEK BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) / PIP SD,SMP,SMA TAHUN 2020

Kherysuryawan.id - Cek Bantuan BSM/PIP Terbaru anda tahun 2020.
Dari tahun ke tahun pemerintah terus mengeluarkan terobosan baru terutama dalam memberikan bantuan pendidikan berupa uang tunai untuk peserta didik mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah telah banyak memberikan batuan pendidikan yang di beri nama BSM atau bantuan siswa miskin maka saat ini bantuan tersebut semakin berkembang dengan perubahan nama menjadi PIP atau program indonesia pintar.
PIP merupakan program yang di keluarkan oleh pemerintah dengan tujuan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa atau peserta didik yang berasal dari keluarga miskin dan bantuan tersebut di berikan dalam bentuk uang tunai.
Sasaran utama yang dapat memperolah bantuan PIP yaitu seluruh peserta didik mulai dari tingkat atau jenjang SD, SMP, SMA/SMK yang telah memiliki kartu indonesia pintar (KIP).

Bagi peserta didik yang telah memiliki kartu KIP dan tidak memenuhi persyaratan maka peserta didik tersebut tidak akan bisa menerimakan bantuan PIP tersebut sebab peserta didik pemegang kartu KIP harus memenuhi persyaratan untuk bisa menerimakan bantuan PIP tersebut.

Beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh peserta didik pemegang kartu KIP baik peserta didik dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK yaitu pesert didik harus terdaftar di lembaga pendidikan formal, kemudian pemegang kartu KIP harus melakukan pendaftaran kartu KIP melalui aplikasi dapodik di satuan pendidikan sesuai jenjang yang di duduki oleh peserta didik (SD,SMP,SMA/SMK). 

Tujuan dari program PIP adalah untuk membantu biaya pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yang masih aktif dan terdaftar di suatu lembaga pendidikan baik SD,SMP, hingga SMA/SMK.
Biaya pendidikan tersebut di berikan dengan tujuan :
  • Membeli buku dan alat tulis sekolah;
  • Membeli pakaian seragam sekolah/praktek dan perlengkapan sekolah, diantaranya meliputi : sepatu, tas, dan sejenisnya; 
  • Membiayai transportasi peserta didik dari rumah tempat asal hingga tiba di sekolah;
  • Sebagai uang saku peserta didik di sekolah;
  • Membiayai kursus/les tambahan peserta didik untuk meningkatkan pendidikan.
Adapun besaran dana yang dapat di peroleh bagi siswa yang mendapatkan bantuan PIP maka Berikut ini penjabaran mengenai besaran dana yang dapat di peroleh bagi peserta didik melalui program PIP berdasarkan tingkatan jenjang sekolah.
  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 225.000,- per semester atau Rp450.000,-/tahun;
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp 375.000,- per semester atau Rp750.000,-/tahun;
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp 500.000,- per semester atau  Rp1.000.000,-/tahun.
Selanjutnya Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan atau mengecek nama sekolah dan nama peserta didik yang menerimakan bantuan siswa miskin atau penerima program indonesia pintar tahun 2020 mulai dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka akan di jelaskan melalui artikel ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai cara untuk mengecek nama-nama siswa yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK.
Berikut ini penjelasannya :

UNTUK SD :
Untuk sekolah dasar (SD) yang akan melakukan pengecekan penerima bantuan PIP maka dapat melakukannya dengan mengunjungi alamat  http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
dan setelah anda login maka anda dapat mengecek atau melihat nama penerima bantuan PIP di sekolah tersebut.

UNTUK SMP :
Untuk sekolah menengah pertama (SMP) yang akan melakukan pengecekan nama-nama penerima bantuan PIP maka silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/ dan setelah itu ikuti petunjuknya maka anda dapat melakukan pengecekan PIP untuk siswa pada jenjang sekolah tersebut.

UNTUK SMA :
Bagi sekolah menengah atas (SMA) Untuk mengetahui informasi sekolah penerima PIP pada jenjang SMA serta mengetahui nama-nama penerima bantuan program indonesia pintar (PIP) maka dapat mengunjungi link alamat berikut ini :http://pip.psma.kemdikbud.go.id/.
Di dalam link yang anda kunjungi pada masing-masing satuan pendidikan tersebut maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam melakukan pengecekan nama penerima bantuan PIP.

Demikianlah tutorial mengenai cara terbaru untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP secara online, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

53 Responses to "CARA CEK BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) / PIP SD,SMP,SMA TAHUN 2020"

  1. Apakah sekolah berhak memotong BSM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada aturan yang memperbolehkan sekolah memotong BSM, namun jika ada kesepakatan antara sekolah dengan penerima BSM dan tidak ada yang di rugikan maka boleh2 saja selama itu di putuskan melalui rapat komite.

      Delete
  2. Apa benar yg mengajukan sekolah dana diambil sekolah padahal anak saya sudah tidak sekolah disitu

    ReplyDelete
  3. Tiap thn yg mendapatkan PIP apa ganti2 siswa nya...

    ReplyDelete
  4. Anak saya di beritahukan mendapat pip tapi pas pencairan guru telat memberi inpormasi kepada saya jadi kata bu guru sudah ga bisa di cair kan kenapa bisa begitu,padahal kesalahan bukan dari pihak murid guru di sekolah telat ngasih informasi

    ReplyDelete
  5. tahun ini pip smk masih bisa cair apa tidak ya ?

    ReplyDelete
  6. Bantuan kip anak saya gak pernah cair lg padahal dulu sudah terdaftar.dan masih tetap status murid di sekolah situ.

    ReplyDelete
  7. Anak saya sekolah di Sleman kok belum cair ya, tapi yang sekolah di Klaten udah cair 2x itu gimana ya?

    ReplyDelete
  8. apakah dr pihak sekolah diperbolehkan memotong dana PIP sebesar20%

    ReplyDelete
  9. Kapan pencarian dana pop tahun ini?

    ReplyDelete
  10. Kapan dana pip tahun ini bisa dicair kan

    ReplyDelete
  11. kapan pip cair pak? punya saya belum huhu

    ReplyDelete
  12. Anak saya belum turun kip SD,saya cek malah saldo berkurang,tolong informasi yg detail

    ReplyDelete
  13. Pip keluarnya brp bln skli ya..pertama anak saya kls 2 bln desember cair 200rb dan bln januari kluar 450rb.apakah stiap bln sm seperti kjp

    ReplyDelete
  14. Anak saya dapat tp otomatis masuk rekening anak saya tiap setahun sekali

    ReplyDelete
  15. dana kip tahun ini kapan cair yah, dan apakah alumni masih bisa dapat? kan berlaku sampai 2022

    ReplyDelete
  16. BSM anak saya di stop di tengah jalan ya terpaksa spp,dan biaya lainnya ngutang nggak bisa bayar

    ReplyDelete
  17. Anak saya 2 tahun yg lalu dpt bantuan PIP,dari pihak sekolah saya d suruh mengurus langsung k bank,to dari pihak bank menyuruh guru ny yg mengurus,karna baru pertama kali itu anak saya dapat,lalu saya berikan semua berkas kode grup ny,setelah bnr hari saya tanya kpd guru ny,kata ny dia coba menghubungi pihak bank yg bersangkutan tidak ada respon,tp sampai sekarang SDH 2 tahun ini bantuan anak saya tidak ada kabar ny
    Yang mau saya tanya kn,
    Apakah bantuan anak saya setelah 2 tahun ini masih ada apa sudah hangus?
    Dan apakah masih dapat ?
    Karena tidak ada kesungguhan dari guru ny buat ngurus bantuan anak saya itu.
    Terimakasih


    Novi(Lampung)

    ReplyDelete
  18. tahun ini kapan keluarnya ya? ☹️ biasanya bulan januari udah keluar ini ko belum sampe sekarang 😭

    ReplyDelete
  19. Anak saya siswa SD..THN 2019 sudah dapat dana PIP nya...apakah untuk THN 2020 ini akan cair lgi??mohon klarifikasinya...

    ReplyDelete
  20. Dulu waktu SMP dana KIP saya sering keluar. Knp pas SMK ini jarang keluar mohon infonya.

    ReplyDelete
  21. Dana pip tingkat smp kapan cair pak.. Mohon info nya

    ReplyDelete
  22. Untuk anak sd dari kelas berapa,dapat pip??

    ReplyDelete
  23. Bsm keluar 1 tahun brapa kali yah, kok 2020 ini dana bsm blum keluar juga

    ReplyDelete
  24. Kenapa bantuannya keluar saat semster 2 saja dan jumlahnya pun hanya separuh

    ReplyDelete
  25. Kenapa bantuannya keluar saat semster 2 saja dan jumlahnya pun hanya separuh

    ReplyDelete
  26. 2020 kapan cair pak pip nya saya butuh banget buat bayar sekolahan

    ReplyDelete
  27. pak saya mau tanya,apakah lulusan sma masih mendapatkan pip dari smp? pas waktu kelas 11 aja masih dapat apakah kelas 12 masih dapat?

    ReplyDelete
  28. Kapan dana kip tingkat SD dan smp tahun 2020 cair pak ?

    ReplyDelete
  29. Kok sekaranbg gk dapat bsm lg pdahal taun kemaren masih dapet knp y

    ReplyDelete
  30. Saya punya anak kls 5 sd udh 2x ngumpulin persyaratan tp sampe sekarang belum dapat juga untuk pencairan thn 2020..dn saya juga punya anak smp kls 3 dari kls 1 - kls 3 blum pernah dapat bantuan sama sekali..apa guna nya punya kip kalau ga dapat bantuan..mksh

    ReplyDelete
  31. Sdn Tegallega Bogor kapan ya keluar kip nya yg lain sudapah pada keluar.

    ReplyDelete
  32. Apa kip anak sd sudah cair. Tolong info nya

    ReplyDelete
  33. Sya penerima kip tapi di cek k bank g ada saldonya mohon penjelasanya klo begitu. Sya g ngerti

    ReplyDelete
  34. Sd bandungharjo jepara jg blm kluar pak.trus ank sya klo dapat sya dngang di potong 150 sedng kn dpat ny 450.

    ReplyDelete
  35. Selamat siang pak.saya mendapat pip bulan juli 2019 tapi saya baru tahu bulan Desember 2019.setelah saya urus ternyata uangnya sudah ditatik balik.apakah saya masih bisa mendapatkan pip lagi pak?sedangkan kesalahan pada pihak sekolah yang terlambat memberi informasi.

    ReplyDelete
  36. Pak
    Saya ada kartu kip tak tak pernah cair

    ReplyDelete
  37. Pak saya mendapatkan pip 2020
    Tetapi sekali di cek saldo nya rp:0

    Saya ngecek lewat aplikasi SIPINTAR
    bagaimana itu pak
    Apakah ada kesalahan

    ReplyDelete
  38. Ngecek nya di atm ...saya tau dari aplikasi si pintar bahwa saya dapat di tahun 2020

    ReplyDelete
  39. kenapa padahal jumlah sk ada 71 tapi yang dapet cuma 14

    ReplyDelete
  40. Gimana amin cara daftar anak sd

    ReplyDelete
  41. Anak saya dpt kartu PIP namun hingga sekarang blm juga dpt bantuan apapun. Tlg bgmana cara pengaduannya

    ReplyDelete
  42. pak..sy baca di internet KIP SMP udah cair tgl 9 April 2020,tapi sy cek ke bank tgl 4 Mei belum ad juga sLdonya..gmn itu pa?

    ReplyDelete
  43. Kpan sd kumpay1 kabupaten subang pencairan kip atau pip 2020

    ReplyDelete
  44. bagaiman menegtahui nama2 penerima pip untuk program kesetaraan paket a,b dan c?

    ReplyDelete
  45. Knapa Kna sya tidak terdaftar lgi sbagai sbagai penerima PIP waktu SD dapt SMP g gmna caranya agar dapt lgi no virtual dan tabungan nya msih ada

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum pak admin saya mau tanya anak saya mendapat BSM di kelas 5 SD saat itu mendapat 450 rb rupiah dan langsung dicairkan ke bank BRI setempat .. pertanyaan saya sampai saat ini anak saya sudah di kelas 10 SMK , dan tidak pernah lagi ada kelanjutan atau info msh dapat atau tdk .. mohon pencerahannya saya harus kemana untuk mengetahui anak saya masih dapat atau tidak jika sudah lulus sekolah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->