CARA TERBARU UNTUK CEK NAMA-NAMA SISWA PENERIMA BANTUAN PIP SECARA ONLINE

kherysuryawan.id - Cara Cek bantuan PIP SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2020.
Dalam suatu sekolah pasti ada beberapa siswa yang memiliki latar belakang dari keluarga tidak mampu. Pada dasarnya siswa yang termasuk dalam keluarga yang tidak mampu memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan bantuan siswa miskin yang dapat di gunakan untuk membantu melengkapi kebutuhan sekolahnya.

Bantuan tersebut sangat membantu para orang tua yang memiliki pendapatan di bawah rata-rata, sebab dengan bantuan tersebut para orang tua tidak lagi merasa terbebani dengan urusan biaya sekolah bahkan seluruh perlengkapan sekolah anaknya pun bisa di beli menggunakan bantuan tersebut. Dengan adanya bantuan siswa miskin tersebut membuat masyarakat yang merasa tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya hanya karena persoalan biaya kini sudah tidak lagi terbebani dengan persoalan tersebut sehingga melalui bantuan ini program pemerintah dapat terealisasikan dengan baik bahwa tidak ada lagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya atau putus sekolah hanya karena persoalan biaya.

Jikalau dulu bantuan siswa miskin dari program pemerintah diberi nama BSM yang saat ini namanya sudah diganti menjadi PIP atau program Indonesia pintar. Pada dasarnya kedua nama tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan bantuan kepada siswa miskin dalam bentuk uang tunai.
PIP merupakan program pemerintah yang dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin. Program bantuan ini dapat di peroleh mulai dari jenjang SD,SMP dan SMA serta besaran yang di terima pun berbeda – beda tergantung dari tingkatan sekolah.

Berikut ini besaran dana yang dapat di peroleh melalui program PIP berdasarkan tingkatan sekolah.
1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Syarat utama seorang siswa dapat memperolah bantuan ini harus memiliki kartu Indonesia pintar atau di singkat dengan KIP. Kartu Indonesia pintar ini dikeluarkan langsung oleh pemerintah dan di tujukan kepada calon penerima bantuan siswa miskin yang telah terdata baik dari lembaga pendidikan, lembaga sosial dan juga dari pihak pemerintah daerah setempat.
Kartu KIP di berikan sebagai penanda atau identitas bahwa penerima kartu tersebut layak untuk menerima bantuan pendidikan.

Saat ini untuk bisa mengetahui nama-nama yang keluar sebagai penerima bantuan PIP sudah semakin mudah dan bahkan dapat di akses secara langsung melalui system online.
Jikalau dulu pihak sekolah bisa mengetahui nama-nama siswa yang menerima bantuan tersebut hanya dari pemberitahuan dinas pendidikan setempat namun kini pihak sekolah sudah dapat mengeceknya sendiri secara online sehingga dapat lebih mudah untuk memantau nama-nama yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP dan tidak ada alasan lagi untuk memperlambat penyaluran dana bantuan tersebut sehingga dapat segera di cairkan sesuai dengan waktunya . 

Melalui cara inipun kita bisa mengetahui nama-nama siswa yang sudah mencairkan dana tersebut atau belum mencairkan dana tersebut dari tahun ke tahun.
Cara ini hanya bisa dilakukan oleh seorang operator dapodik atau orang yang di berikan kepercayaan oleh pimpinan sekolah untuk menangani masalah penerimaan bantuan PIP di sekolah masing-masing, Karena untuk login harus menggunakan kode registrasi dapodik sekolah.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai cara untuk mengecek nama-nama siswa yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP.
Berikut ini penjelasannya :

UNTUK JENJANG SD :
Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini
http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
Untuk lebih jelas mengenai cara melihat dan mengecek nama-nama peserta didik penerima PIP jenjang SD, maka anda dapat mengetahuinya melalui alamat tersebut, namun jika anda ingin mendapatkan tutorial yang lebih jelasnya maka anda dapat membacanya melalui postingan saya sebelumnya yang mengulas masalah tersebut.

UNTUK JENJANG SMP :
Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
Kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah ini


Agar bisa login silahkan simak keterangan berikut:
  • isi kolom “username” menggunakan nomor NPSN sekolah anda
  • isi “password” menggunakan nomor registrasi aplikasi dapodik sekolah anda
  • jika semua kolom telah diisi lanjutkan dengan mengklik “sign in
Setelah berhasil login maka akan tampil menu dashboard seperti pada gambar di bawah ini


Untuk melakukan pengecekkan silahkan klik tulisan “siswa” seperti pada gambar yang saya lingkari pada tanda panah di atas, sehingga akan tampil seperti pada gambar berikut


Nah kini saatnya anda mengecek nama-nama siswa penerima bantuan PIP.
Untuk penjelasan pengisiannya berikut keterangannya.
  • pada kolom “Tahun” silahkan pilih tahun sesuai dengan tahun yang ingin kita gunakan untuk melakukan pengecekkan
  • pada kolom “Tahap” silahkan isi sesuai tahap pencairan PIP yang anda ingin cek
  • pada kolom “Status Pencairan” silahkan pilih sesuai status yang anda inginkan, dalam hal ini ada 3 jenis status yaitu : Cair, Belum Cair, atau Semua( data yang sudah cair dan yang belum cair)
Jika semua kolom telah diisi sesuai pilihan, maka untuk melihat hasil datanya silahkan klik tulisan “search” seperti pada gambar yang berisi tanda panah di atas.
Berikut ini contoh tampilan nama-nama siswa yang telah berhasil di cek ( data sengaja saya samarkan)


UNTUK JENJANG SMA :
Untuk mengetahui cara mengecek daftar nama penerima bantuan PIP jenjang SMA maka anda dapat membacanya melalui postingan yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Demikianlah tutorial mengenai cara terbaru untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP secara online, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

60 Responses to "CARA TERBARU UNTUK CEK NAMA-NAMA SISWA PENERIMA BANTUAN PIP SECARA ONLINE"

  1. Apakah hangus dana kip bulan juni yg blm sempat di ambil?

    ReplyDelete
  2. kartu kip saya blum pernah cair ke tangan siswa atau ke tangan saya sendiri mohon info bantuan nya saya siswa smu negeri 1 jonggol kabupaten bogoB

    ReplyDelete
  3. Link CEK validasi pip SMA/ SMK saya minta ya kawan aku...salam

    ReplyDelete
  4. Nama saya ibu maria baru kali ini saya cek kip anak saya mendapatkan dari sd tapi di cek bank bri saldo anak saya 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah anak ibu sebelumnya sudah pernah mendapatkan bantuan PIP tersebut ?
      dan untuk mengetahui persoalan dana yang masuk ke rekening ibu bisa berkonsultasi langsung ke pihak sekolah di tempat anak ibu maria bersekolah.
      Semoga Membantu.

      Delete
    2. Nama anak saya terdaftar di pip tp keterangannya belum.di transfer

      Delete
    3. Nama anak saya terdaftar di pip tp keterangannya belum.di transfer

      Delete
  5. Replies
    1. Dana bantuan PIP akan di kembalikan ke kas negara apabila tidak di cairkan selama batas waktu yang telah di tentukan.

      Delete
  6. Selamat siang bp saya sangat sulit untuk mengecek data anak saya dapat kip atau tidak.karna pihak bank mengatakan coba ibu cari ke bank yg lain sedangkan saya sangat gampang untuk cek status kjp anak saya mohon bantuanya bp terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengecek data KIP bukan melalui pihak bank, kecuali untuk mengecek status pencairan PIP.

      Delete
  7. Apakah anak yng sdah lulus sma tapi kuliah jurusan peternakan sdah tidak berhak menerima kip

    ReplyDelete
  8. Kalau dr pihak sekolah ga ngjrusin kip.. berarti dana kip ga bisa cair ya? Kan siswa dpt SK ny dr sekolahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dana KIP bisa keluar apabila ada surat keterangan dari pihak sekolah (kepala sekolah)

      Delete
  9. Punya anak saya kok masih belom cair ya sudah setahun ini tapi masih belum cair juga...

    ReplyDelete
  10. Apakah Memang Ada Potongan Senilai Rp.500.000 Setiap Pengambilan Dana Bantuan Yang Di Urus oleh Lembaga??

    ReplyDelete
  11. Selamat pagi..
    izin bertanya apakah pemilik KIP bisa untuk meminta bantuan dana untuk biaya kuliah di smster 7 dan 8? dan kalo boleh hal apa yg harus saya lakukan.. terimakasih..

    ReplyDelete
  12. BAGAI MANA CARA KAMI MENGETAHUI ANAK2 KAMI DARI PKBM/PAKET MENDAPATKAN PIP 2019. KASIH LING NYA ADMIN.

    ReplyDelete
  13. DATA DAPODIK KAMI ONLAINE TIDAK MEMILIKI KODE REGISTRASI. BAGAI MANA KAMI BISA MENGETAHUI NYA ADMIN.

    ReplyDelete
  14. Anak saya dpt kip tahun 2018 bisa cair di bulan oktober dengan buku tabungannya,hr ini sy dtng k sklh nanya soal kip anak sy kartunya blom d ksh sedangkan teman2 nya sudah d ksh,kata pihak sekolah dr depdikbudnya anak sy tidak dpt lg kip krn kemampuan ekonomi ortunya,sy bingung sy dr klrg ekonomi lemah anak sy udah dpt buku kip tp ga bs dpt kartu kip,pihak sklh blng yg mutusin dpt apa ga dr depdikbud...heran aja sy dr dpt kip trus berubah ga dpt kip lg?

    ReplyDelete
  15. anak saya suda tiga tahun di sma tidak perna diperintahkan pihak sekolah untuk ke bank.pada hal kartu kip anak saya ada.teman teman anak saya suda cair semua

    ReplyDelete
  16. Humana S6 bole cek mama anak saya

    ReplyDelete
  17. Ass,, pak sy mau tanya knp anak sya belum dpt dana Bsm sdngkn anak tetangga sy sdh dpt dn satu sekolah dgn anak sy

    ReplyDelete
  18. Ass,, pak sy mau tanya knp anak sya belum dpt dana Bsm sdngkn anak tetangga sy sdh dpt dn satu sekolah dgn anak sy

    ReplyDelete
  19. assalamuallaykum
    pak keponakan saya smk kls 2 dan punya kip.tp krn saya tdk bs membiayainya tpaksa dia keluar dan rencana ikut paket C lalu apa KIP nya bakal hangus klw iya gmna cara agar bisa mendapatkannya lg.

    ReplyDelete
  20. anak saya py KIP di berikan th 2015 trs akhir th 2015 cair sampai skrg blm pernah mendapatkan lg trs apa fungsinya kIP

    ReplyDelete
  21. Pak saya dr awal sampe ahir ga pernah dapet bantuan kip. Padahal saya punya

    ReplyDelete
  22. Pa anak saya yg bernama Dhea Yulia rahmawati kls 12 SMK ASY SYAH IDA CANGKOK KEC DUKU PUNTANG KAB CIREBON BLUM PERNAH DPAT PENCAIRAN DANA DARI KIP, Sedang kan kartu KIP PUNYA DARI SD, MOHON PENJELASANNYA

    ReplyDelete
  23. Pa anak saya yg bernama Dhea Yulia rahmawati kls 12 SMK ASY SYAH IDA CANGKOK KEC DUKU PUNTANG KAB CIREBON BLUM PERNAH DPAT PENCAIRAN DANA DARI KIP, Sedang kan kartu KIP PUNYA DARI SD, MOHON PENJELASANNYA

    ReplyDelete
  24. Anak sy dpt kartu kip wktu ank sy SD Sampe skrng ank sy sdh SMK tp blum bisa di cair kan itu gimn yach carany

    ReplyDelete
  25. Pak mau nayak anak sy dpt pip tp kemaren cek gak ada saldonya,terus sekarang pembagian kartu ATM nama anak saya gak ada pak,apa bener klu namanya gak ada udah gak dpt pip lg

    ReplyDelete
  26. Blm paham masalah bantuan yang tersalurkan gimana PIP KIP

    ReplyDelete
  27. Blm paham masalah bantuan yang tersalurkan gimana PIP KIP

    ReplyDelete
  28. Tolong bantu cek utk nomor KIP 3k1xne....

    ReplyDelete
  29. Maaf pak/Bu saya dapat kartu KIP dari kelas 2 SMP tp sampai sekarang kelas 3 sma saya tidak pernah dapat sama sekali. Bagaimana cara mengurus nya pak/Bu?

    ReplyDelete
  30. Cara melihat penerima KIP SMK sama rekeningnya bantu donk sebelum hangus

    ReplyDelete
  31. selamat pagi
    mohon pencerahannya
    saya Operator Dapodik SMK di sala satu sekolah di Kalimantan barat. ada kasus seorang siswa di sekolah kami ketika menyerahkan kartu KIP ke operator yang mana di kartu KIP tersebut nomor KIP nya tidak jelas. bagaimana cara mengetahui ni KIP siswa tersebut ? sementara siswa yang bersangkutan dengan status siswa sangat rentan kemiskinan
    terimakasih

    ReplyDelete
  32. Ma'af klo dana pip yg sudah cair disimpan sbg tabungan di bank yg ditunjuk,itu tdk apa2..atau harus diambil smuanya

    ReplyDelete
  33. SALAM SEJAHTERA

    Nama saya : Asnaini
    NISN : 001 283 764 1
    Keterangan : TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI
    ALAMAT : LK.PALAPARAE,KEL.SALOMALLORI,KEC.DUAPITUE,KAB.SIDENRENG RAPPANG,SULSEL

    SAYA ALUMNI DARI :
    SDN 17 TANRTUTEDONG
    SMPN 1 DUAPITUE
    SMK KESEHATAN MEDIS PENERBANGAN TECHNO TERAPAN MAKASSAR

    (JIKA ADA YANG INGIN SURVEY LOKASI TEMPAT TINGGAL SAYA,,SAYA SANGAT IZINKAN KARENA TANPA SURVEY LANGSUNG DARI PEMERINTAH,,,,MAKA KEADILAN SERING KALI DIABAIKAN OLEH OKNUM2 PEJABAT DAERAH DAN MEMANG WILAYAJ SAYA DI KAB.SIDENRENG RAPPANG/SULAWESI SELATAN......BANYAK YANG KORUPSI SERTA BANYAK PULAH MASYARAKAT JADI KORBAN MEREKA)

    KETERANGAN :
    SAYA pernah pencairan dana PIP tahun 2017 - 2018 (jenjang SMK ),pencairan dana nya menggunakan surat keterangan dari sekolah (SMK)......Tapi yg bikin saya heran adalah....kartu KIP ny dimana????
    Kenapa nama saya terdaftar terus di kasi surat keterangan 2 thn berturut2 pencairan DANA PIP.....tapi kartu KIP nya yg tidak ada.....

    Tolong infokan jika kartu saya ada....
    Dan jika memang tidak ada bagaimana cara mengusulkannya sesuai dengan keterangan saya.

    #krn saya ingin kuliah tapi tidak mampu secara ekonomi....

    #rumah baru di survei mungkin untuk program PKH

    #Di rumah saya jarang ada petugas yang mendata dan sering kali di abaikan.

    # di rumah saya semuanya memiliki KIS
    gratis. Tapi kenapa hanya saya yang
    tidak dapat?

    # dirumah saya telah di bagikan KKS

    # saya tidak pernah dibagikan KIP selama
    saya sekolah. Begitupun dengan KIS saya
    tidak pernah di data sama sekali

    # BUKANKAH KIP+KIS+KKS (DIBAGIKAN
    SECARABERSAMAAN)????

    PERTANYAAN SAYA KENAPA KARTUNYA TIDAK LENGKAP???

    PERUGAS DISINI BILANGNYA DARI PUSAT.
    JAWABAN SAYA ADALAH TIDAK MUNGKIN ADA DSRI PUSAT KALAU TIDAK ADA DATA DARI MASING2 PIHAK DAERAH....KARENA MENURUT SAYA,,,PUSAT HANYA MENUNGGU DATA2 TERKUMPUL DARI MASING2 DAERAH DI WILAYAH RI. KEMUDIAN PUSAT MEMBERI BANTUAN ATAS HASIL PROGRAM YANG TELAH DIRENCANAKAN DARI PUSAT KE MASING2 WILAYAH RI YANG DATANYA TELAH DIVERIFIKASI OLEH PUSAT.

    = SAYA INGIN BAGI PETUGAS YANG MENDATA MASYARAKAT AGAR TIDAK MENGECUALIKAN PENDUDUK RI.

    #TERIMAKASIH

    #saya harap ada yang bisa menjawab saya melalui whatsapp / email pribadi saya :

    +62 853-4639-1714 (ASNAINI)
    asnaini_kepmk.2019@yahoo.com

    #TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  34. Ass
    Saya dian dari sumbawa ntb
    Saya sudah mendapatkan kartu kip tapi saya tidak mendapatkan rekening nya seperti teman teman saya. Padahal saya sudah kumpul data dan persyarat dari saya masih smp bahkan hingga saya mau lulus smk
    Penjelansanya dong min

    ReplyDelete
  35. mau tnya, kalau di SIIP SMK ad nama penerima KIP dan masih belum mencairkan, tapi tidak ada nomor KIP nya di SIIP SMK apakah bisa tetap dicairkan ?

    ReplyDelete
  36. saya mau mendaftar bidikmisi kuliah,harus memakai NO.KIP,namun saya belom memdapat kartu kip, namun saya setiap tahun mendapat bantuan kuliah,bagaimana biar bisa mengetahui NO.KIP saya

    ReplyDelete
  37. Ko di SD dukuhlo 1 kIP belum juga cair

    ReplyDelete
  38. Saya mau tanya,katanya kip/pip bagi yg blm dapat atau merasa membutuhkan bisa mengajukan untuk mendapatkan kip/pip melalui pihak sekolah?apakah itu bisa...karena saya ibu 5 anak pengen banget jika anak saya bisa mendapatkan kip karena terus terang dengan pendapatan suami yg hanya taxi online,masih blm cukup buat sehari2...apalagi dengan biaya sekolah yg banyak..kegiatan di sekolah yg kadang mengharuskan memerlukan biaya.padahal anak saya sudah negri,,,tp ya masih ada kegiatan yg saya rasa berat masalah biaya apalagi dengan kondisi saya sekeluarga saat ini.terimakasih

    ReplyDelete
  39. As'salam mualaikum warahmatullahi,
    Saya lulusan SMA thn 2019. Saya mau minta tolong kira" bagaimana kita bisa melihat no.KIP tnpa melihat dari Kartunya.

    ReplyDelete
  40. Berapa lama dana kip sd klw tidak dicairkan akan dikembalikan ke kas Negara???

    ReplyDelete
  41. Kami dr keluarga kurang mampu.anak sy ada 2 orang di sd. Yg mau sy tnykan bgmn mendptkan kip unt kedua anak sy sedangkan kis, kks,sdh sy dapat tp kipx blm makasih

    ReplyDelete
  42. assalamu'alaikum.,
    bertanya dong pak!
    cara cek siswa yang sudah dan belum melakukan pencairan bagaimana ya pak??
    untuk jenjang SD.. yg bapa posting di atas adalah cara cek untuk jenjang SMP..

    ReplyDelete
  43. Bantuan kip saya belum cair ke atm ?

    ReplyDelete
  44. Mau tany ank sy dpt dana kip jenjang smp 750tp yg masuk cm 375rb knp y

    ReplyDelete
  45. Saya juga dapet KIP tapi kok gak keluar keluar dari Smk kls 10 sampe sekarang kls 11 belum juga dapet

    ReplyDelete
  46. Bagaimana dengan anak saya sampai sekarang suda 3thn belum juga cair dana kip nya.

    ReplyDelete
  47. Anak sy dari SD glagahwangi 2 klaten..smp kelas 6 dan mw lulus knp kip ny tdk ada, jika mencairkan sellu pke kk,ktp ortu n siswanya menggunakan buku tabungan simpel..padahal siswa yg lain sudah dpt kip n pencairannya melalui atm...padahal sejak kelas 3 SD sudah menerima PIP...bagaimana cara mengurus kip n pencairannya jika nanti akan melanjutkan ke SMP/MTS..? Dan buku tbungan simpel saat ini di pegang oleh gurunya...jadi kita pun tdk tahu brp no rek ny...mohon petunjuk...terima kasih

    ReplyDelete
  48. Sampek sekarang kok kip anak saya belum keluar...padahal di info internet sudah cair...

    ReplyDelete
  49. pa saya mau tny anak sy punya kip waktu smp sdh pernah cair semenjak msk sma knp ga cair lgisy sdh pernah tny di TU sekolah dan sdh di cek kip ny msk aktif tpi sdh 2 tahun tdk cair lgi itu gmn ya pa spy bs cair lg mohon jawabanny pa tks

    ReplyDelete
  50. Admin saya mau tanya pada tahun 2018 anak saya dpt bantuan kip tp di tahun 2019-2020 kok saya cek kosong terus lalu saya cek database,ternyata didata tsb tertera saya dianggap kategori mampu,...gimana itu bs terjadi,...apalg sdh dibikin atm baru dr pihak bank.terimakasih

    ReplyDelete
  51. Min, anak saya waktu sd, smp dapet bantuan. Sekarang smk ,buku tabungan saya cek kosong, padahal setiap buln saya bayar spp cari utangan koprasi harian, saya bayar tiap bulan biar anak2 saya semangat sekolah.ini anak2 udh kelas 11 mau ke12.anak saya smk 2 orang... Tolong dong min kasih tau solusi gimana?
    Suami kerja pemulung, hasil gak tentu, saya ibu Rumah tangga. Tolong ya min agar dapt bantu\n lagi caranya gimana. Trimakasih

    ReplyDelete
  52. Anak saya mendapatkan kartu kip kp sudah 2 tahun tudak bisa di gunakan lg mohon pencerahan

    ReplyDelete
  53. Ank z dri kls 1SD dpat tpi in sdah 3 thun tdk dpat,,mmemang ank z blum pux krtu kip atau pip tpi z punya krtu KKS,,mhon pnjelasanx

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel