-->

CARA TERBARU UNTUK CEK NAMA-NAMA SISWA PENERIMA BANTUAN PIP SECARA ONLINE

kherysuryawan.id - Cara Cek bantuan PIP SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2020.
Dalam suatu sekolah pasti ada beberapa siswa yang memiliki latar belakang dari keluarga tidak mampu. Pada dasarnya siswa yang termasuk dalam keluarga yang tidak mampu memiliki peluang besar untuk bisa mendapatkan bantuan siswa miskin yang dapat di gunakan untuk membantu melengkapi kebutuhan sekolahnya.

Bantuan tersebut sangat membantu para orang tua yang memiliki pendapatan di bawah rata-rata, sebab dengan bantuan tersebut para orang tua tidak lagi merasa terbebani dengan urusan biaya sekolah bahkan seluruh perlengkapan sekolah anaknya pun bisa di beli menggunakan bantuan tersebut. Dengan adanya bantuan siswa miskin tersebut membuat masyarakat yang merasa tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya hanya karena persoalan biaya kini sudah tidak lagi terbebani dengan persoalan tersebut sehingga melalui bantuan ini program pemerintah dapat terealisasikan dengan baik bahwa tidak ada lagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya atau putus sekolah hanya karena persoalan biaya.

Jikalau dulu bantuan siswa miskin dari program pemerintah diberi nama BSM yang saat ini namanya sudah diganti menjadi PIP atau program Indonesia pintar. Pada dasarnya kedua nama tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan bantuan kepada siswa miskin dalam bentuk uang tunai.
PIP merupakan program pemerintah yang dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin. Program bantuan ini dapat di peroleh mulai dari jenjang SD,SMP dan SMA serta besaran yang di terima pun berbeda – beda tergantung dari tingkatan sekolah.

Berikut ini besaran dana yang dapat di peroleh melalui program PIP berdasarkan tingkatan sekolah.
1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Syarat utama seorang siswa dapat memperolah bantuan ini harus memiliki kartu Indonesia pintar atau di singkat dengan KIP. Kartu Indonesia pintar ini dikeluarkan langsung oleh pemerintah dan di tujukan kepada calon penerima bantuan siswa miskin yang telah terdata baik dari lembaga pendidikan, lembaga sosial dan juga dari pihak pemerintah daerah setempat.
Kartu KIP di berikan sebagai penanda atau identitas bahwa penerima kartu tersebut layak untuk menerima bantuan pendidikan.

Saat ini untuk bisa mengetahui nama-nama yang keluar sebagai penerima bantuan PIP sudah semakin mudah dan bahkan dapat di akses secara langsung melalui system online.
Jikalau dulu pihak sekolah bisa mengetahui nama-nama siswa yang menerima bantuan tersebut hanya dari pemberitahuan dinas pendidikan setempat namun kini pihak sekolah sudah dapat mengeceknya sendiri secara online sehingga dapat lebih mudah untuk memantau nama-nama yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP dan tidak ada alasan lagi untuk memperlambat penyaluran dana bantuan tersebut sehingga dapat segera di cairkan sesuai dengan waktunya . 

Melalui cara inipun kita bisa mengetahui nama-nama siswa yang sudah mencairkan dana tersebut atau belum mencairkan dana tersebut dari tahun ke tahun.
Cara ini hanya bisa dilakukan oleh seorang operator dapodik atau orang yang di berikan kepercayaan oleh pimpinan sekolah untuk menangani masalah penerimaan bantuan PIP di sekolah masing-masing, Karena untuk login harus menggunakan kode registrasi dapodik sekolah.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai cara untuk mengecek nama-nama siswa yang keluar sebagai penerima bantuan pendidikan PIP.
Berikut ini penjelasannya :

UNTUK JENJANG SD :
Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini
http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
Untuk lebih jelas mengenai cara melihat dan mengecek nama-nama peserta didik penerima PIP jenjang SD, maka anda dapat mengetahuinya melalui alamat tersebut, namun jika anda ingin mendapatkan tutorial yang lebih jelasnya maka anda dapat membacanya melalui postingan saya sebelumnya yang mengulas masalah tersebut.

UNTUK JENJANG SMP :
Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
Kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah ini


Agar bisa login silahkan simak keterangan berikut:
  • isi kolom “username” menggunakan nomor NPSN sekolah anda
  • isi “password” menggunakan nomor registrasi aplikasi dapodik sekolah anda
  • jika semua kolom telah diisi lanjutkan dengan mengklik “sign in
Setelah berhasil login maka akan tampil menu dashboard seperti pada gambar di bawah ini


Untuk melakukan pengecekkan silahkan klik tulisan “siswa” seperti pada gambar yang saya lingkari pada tanda panah di atas, sehingga akan tampil seperti pada gambar berikut


Nah kini saatnya anda mengecek nama-nama siswa penerima bantuan PIP.
Untuk penjelasan pengisiannya berikut keterangannya.
  • pada kolom “Tahun” silahkan pilih tahun sesuai dengan tahun yang ingin kita gunakan untuk melakukan pengecekkan
  • pada kolom “Tahap” silahkan isi sesuai tahap pencairan PIP yang anda ingin cek
  • pada kolom “Status Pencairan” silahkan pilih sesuai status yang anda inginkan, dalam hal ini ada 3 jenis status yaitu : Cair, Belum Cair, atau Semua( data yang sudah cair dan yang belum cair)
Jika semua kolom telah diisi sesuai pilihan, maka untuk melihat hasil datanya silahkan klik tulisan “search” seperti pada gambar yang berisi tanda panah di atas.
Berikut ini contoh tampilan nama-nama siswa yang telah berhasil di cek ( data sengaja saya samarkan)


UNTUK JENJANG SMA :
Untuk mengetahui cara mengecek daftar nama penerima bantuan PIP jenjang SMA maka anda dapat membacanya melalui postingan yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Demikianlah tutorial mengenai cara terbaru untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP secara online, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel