Daftar Penerima PIP Tahun 2023 SD SMP SMA SMK

Kherysuryawan.id – cara melakukan cek penerima bantuan PIP tahun 2023 semua tahap secara keseluruhan.

Sahabat pendidikan, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi seputar bantuan PIP yang sudah keluar khusus untuk tahun 2023.

 

Sebagai informasi awal bahwa bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk tahun ini sudah mulai dapat untuk di cairkan sedangkan untuk mengetahui nama-nama yang masuk di tahap selanjutnya nanti akan bisa di cek kembali di laman sipintar.

 

Bagi anda khususnya pihak sekolah yang akan melihat daftar penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) baik untuk jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK maka anda bisa melakukan cek secara langsung melalui laman sipintar untuk bisa mendapatkan informasi seputar daftar nama-nama penerima bantuan PIP untuk tahun ini.

 

Seperti di ketahui bahwa penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang keluar untuk saat ini ialah mereka yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) sebab prioritas untuk penerima bantuan PIP ialajh mereka yang telah memiliki kartu KIP. Meskipun demikian bagi peserta didik yang belum memiliki kartu KIP maka bisa menyiapkan surat keterangan tidak mampu dari desa atau dinas pendidikan dan kemudian nantinya bisa diusulkan juga sebagai penerima bantuan PIP.

 

Sahabat pendidikan perlu di ketahui pula bahwa nama-nama penerima bantuan PIP yang telah masuk dalam SK penerima bantuan PIP harus benar-benar merupakan siswa yang aktif di sekolah. Jadi bagi anda yang namanya tertera sebagai penerima bantuan PIP tahun ini maka anda dapat terlebih dahulu mempersiapkan segala kelengkapan persyaratan untuk bisa melakukan pencairan PIP nantinya di bank penyalur.

 

Untuk di ketahui bahwa pencairan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun ini dapat dilakukan proses pencairannya baik secara individu maupun secara kolektif. Bagi peserta didik yang akan melakukan pencairan secara kolektif maka harus menyiapkan data-data kelengkapan untuik pencairan dan menyetorkannya kepada pihak sekolah dan selanjutnya nanti pihak sekolah yang akan melakukan pencairannya.

 

Ada beberapa persyaratan yang harus di siapkan oleh para peserta didik yang akan melakukan pencairan PIP diantaranya ialah :

1.   Surat keterangan aktif / rekomendasi dari kepala sekolah untuk pencairan bantuan PIP

2.   SK Daftar penerima bantuan PIP

3.   Kartu indonesia pintar (KIP)

4.   Fotokopi KTP orang tua (bagi siswa SD dan SMP)

5.   Fotokopi KTP/Kartu Pelajar  (bagi siswa SMA)

6.   Kartu keluarga (KK)

7.   Buku rekening (Bagi peserta didik yang telah memiliki)

8.   Dokumen lain yang masih di perlukan dan di sesuaikan dengan aturan yang ada di daerah masing-masing

 

Sesuai dengan judul postingan ini maka disini saya akan membagikan atau memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk melakukan cek daftar nama penerima bantuan PIP di tahun ini. Cara yang akan saya sampaikan ini dapat digunakan untuk melakukan cek nama-nama penerima bantuan PIP mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini langkah-langkah untuk melihat atau mengecek daftar nama penerima bantuan PIP ( hanya dapat di cek melalui operator sekolah):

1.   Silahkan buka laman sipintar atau silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.   Selanjutnya silahkan pilih login sebagai “Sekolah”



3.   Kemudian klik “login NPSN”

4.   Pada kolom  “username” masukkan nomor NPSN sekolah anda

5.   Pada kolom  “password” masukkan nomor kode registrasi dapodik sekolah anda

6.   Selanjutnya klik “LOGIN”



7.   Kemudian anda akan melihat dashboard halaman sipintar

8.   Untuk melakukan cek daftar nama penerima PIP maka silahkan anda klik menu “SISWA”



9.   Maka anda akan melihat tampilan nama-nama penerima bantuan PIP di tahun ini.

10. Untuk mendownload file nama penerima bantuan PIP tersebut maka silahkan anda klik menu “DOWNLOAD”



11. Maka anda akan mendaptkan file daftar nama-nama penerima bantuan PIP dalam bentuk Microsoft exel

12. Selesai.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan tentang cara mengetahui daftar penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP) dan untuk di ketahui bahwa cara yang saya bagikan di atas hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah yang menangani masalah bantuan PIP.

Sekian dan Semoga bermanfaat !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel