-->

Kapan Bantuan PIP Cair Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Jadwal pencairan dana PIP tahap 1 dan tahap 4 tahun 2021.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, postingan kali ini saya akan membagikan informasi tentang bagaimana cara untuk mengecek jadwal pencairan dana PIP kemendikbud tahun 2021 jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA maupun jenjang SMK.


Bagi para penerima PIP anda harus memahami tentang jumlah uang yang nantinya akan di terima oleh setiap peserta didik. Adapun jumlah besaran uang yang akan di terima oleh masing-masing peserta didik penerima bantuan PIP berbeda-beda sesuai jenjang pendidikannya. Untuk mengetahui jumlah besarannya berikut ini detailnya sesuai jenjang pendidikan :

  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan uang sebesar Rp450.000,00/tahun.
  2. Peserta Didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan uang sebesar Rp750.000,00/tahun.

  3. Peserta Didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan uang sebesar Rp1.000.000,00/tahun

 

Kita ketahui Bersama bahwa untuk bantuan PIP tahun 2021 saat ini telah keluar khususnya untuk bantuan dana PIP tahap 1 dan juga Tahap 4. Banyak para pelajar yang Namanya muncul sebagai penerima bantuan PIP dan juga orang tua atau wali siswa penerima PIP menanyakan bahwa bagaimana cara untuk bisa mengetahui kapan bantuan PIP tersebut bisa di cairkan.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara mudah untuk mengetahui kapan bantuan dana PIP tahun 2021 tersebut bisa di cairkan dan bagaimana cara mengetahui apakah dananya sudah masuk kedalam rekening atau belum. Untuk bisa mengetahui dana PIP telah masuk kedalam rekening penerima maka pastikan terlebih dahulu bahwa peserta didik yang telah mendapatkan bantuan PIP telah terlebih dahulu melakukan aktivasi rekening.

 

Apabila siswa penerima bantuan PIP belum melakukan aktivasi rekening maka dana PIP tentunya tidak akan bisa di cairkan. Berbeda halnya dengan siswa penerima PIP yang telah memiliki rekening simple PIP sebelumnya maka secara otomatis bantuan PIP akan langsung masuk kerekening penerima dan dapat langsung di cairkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

 

Apabila anda adalah seorang penerima bantuan PIP dan belum melakukan aktivasi rekening, maka anda bisa melakukan aktivasi rekening terlebih dahulu dengan cara membawa berkas nama penerima PIP, nomor rekekening sesuai yang ada di SK dan juga berkas pengantar dari sekolah serta SK penerima PIP dan selanjutnya berkas tersebut di serahkan kepada pihak bank untuk di aktivasi dan dibuatkan rekening.

 

Untuk anda yang sudah memiliki rekening PIP dan namannya muncul sebagai penerima bantuan PIP maka anda bisa melihat jadwal pencairan PIP yang ada pada SK penerima bantuan PIP dan biasanya SK tersebut hanya dapat di peroleh dari pihak sekolah yang menangani masalah bantuan PIP atau melalui pihak dinas Pendidikan setempat.

 

Meskipun nama anda sudah masuk sebagai calon penerima bantuan PIP namun bukan berarti bahwa anda sudah bisa langsung melakukan pencairan bantuan PIP melainkan anda harus melihat jadwal untuk bisa mengecek apakah dana sudah masuk kedalam rekening dan apakah sudah bisa melakukan pencairan PIP.

 

Banyak pertanyaan yang muncul bagaimana sih caranya mengetahui kapan bantuan PIP tahun 2021 ini bisa di cairkan ????

Nah untuk menjawab  pertanyaan tersebut maka anda bisa melakukan Langkah-langkah berikut ini :

Penjelasan berikut ini adalah contoh untuk melihat jadwal pencairan PIP khusus untuk tahap 1 dan tahap 4 tahun 2021.

1.   Silahkan login ke laman sipintar dengan mengunjungi link berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.   Pilih login sebagai sekolah

3.   Selanjutnya pilih login menggunakan NPSN

4.   Masukkan username menggunakan nomor NPSN

5.   Masukkan password menggunakan kode registrasi dapodik

6.   Klik “login”

7.   Pilih menu siswa

8.   Pilih tahun pengecekkan PIP ( Tahun 2021, untuk saat ini)

9.   Setelah nama-nama siswa penerima PIP muncul maka silahkan download filenya

10. Untuk melihat jadwal pencairan PIP maka silahkan buka file hasil download tadi

11. Selanjutnya lihat pada bagian “KETERANGAN PENCAIRAN” disitu akan terlihat jadwal pencairan PIP yang bias di lakukan oleh penerima PIP.(SEPERTI TAMPAK PADA GAMBAR DI BAWAH INI)



12. Selesai.

 

Demikianlah cara untuk mengetahui jadwal pencairan PIP tahun 2021. Hanya saja untuk artikel ini pembahasan tentang jadwal pencairan PIP tahun 2021 hanya dikhususkan untuk penerima PIP tahap 1 dan tahap 4 sedangkan untuk mengetahui jadwal pencairan tahap lainnya maka anda bisa mengetahuinya dengan cara yang sama sesuai dengan penjelasan yang telah saya sampaikan diatas.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel