Cara Cek Penerima Kartu KIP Secara Online Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Cara melihat kartu KIP secara mandiri sekaligus mengecek penerima bantuan PIP secara mandiri.

Halo sobat PIP dimanapun berada, berbicara mengenai bantuan program Indonesia pintar maka sangat erat hubungannya dengan pemilik kartu Indonesia pintar.

 

Bagi anda yang belum memngetahui apa itu PIP dan apa itu KIP maka berikut ini penjelasannya :

PIP (Program Indonesia Pintar) merupakan bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada siswa SD, SMP hingga SMA-SMK dan diperuntukkan bagi siswa-siswi yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk biaya pendidikan. Adapun mereka yang diprioritaskan sebagai penerima PIP ialah yang memiliki kartu KIP, PKH, KKS serta siswa miskin yang di usulkan oleh pihak sekolah.

Sedangkan KIP Merupakan Kartu Indonesia Pintar yang di salurkan oleh pemerintah dengan berdasar pada data yang telah di padankan dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang diberikan kepada siswa sebagai dasar dalam mendapatkan bantuan PIP. Nantinya siwa-siswi yang memiliki kartu KIP maka akan menjadi priorotas untuk bisa mendapatkan bantuan PIP yang akan di salurkan dalam bentuk uang tunai untuk membantu memenuhi kebutuhan pendidikan.

 

Saat ini telah banyak sekali siswa-siswi di seluruh Indonesia yang telah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) mulai dari siswa SD, siswa SMP, siswa SMA hingga siswa SMK. Perlu diketahui pula bahwa tidak semua siswa dapat memiliki kartu KIP sebab kartu KIP merupakan sebuah program dari pemerintah yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang terdata di kementerian sosial.

 

Sering sekali banyak orang tua yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kartu KIP sebab banyak dari antara mereka yang tidak mengetahui apakah anaknya mendapatkan kartu KIP atau tidak. Sebenarnya banyak sekali kartu KIP yang telah disalurkan di tiap-tiap daerah namun banyak juga kartu KIP yang tidak tersalurkan sehingga siswa yang seharusnya memiliki atau menerima kartu KIP akhirnya tidak bisa mendapatkan akibat dari tidak tersakurkannya dengan baik kartu KIP tersebut.

 

Bagi bapak/ibu atau para siswa yang mungkin pernah mendengar tentang bantuan PIP maka hal itu sangat erat hubungannya dengan pemilik kartu KIP. Apabila anak bapak/ibu yang saat ini sedang duduk di bangku sekolah SD, SMP, SMA-SMK dan pernah mendapatkan bantuan PIP dari sekolahnya maka bisa jadi anak tersebut sebenarnya telah memiliki kartu KIP.

 

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui apakah siswa-siswi yang ada di sekolah memiliki atau mendapatkan kartu KIP ???

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mudah untuk bisa mengecek penerima kartu KIP secara mandiri dan secara online sehingga bagi siswa yang tidak mendapatkan kartu KIP selama ini namun pernah mendapatkan bantuan PIP disekolah, bisa melihat apakah siswa tersebut merupakan penerima kartu KIP atau bukan.

 

Sebenarnya untuk melihat daftar siswa penerima kartu KIP yang telah di keluarkan oleh pemerintah dapat di lihat oleh pihak satuan pendidikan melalui laman sipintar, namun apabila para siswa ingin melihatnya secara mandiri maka hal itu pun bisa dilakukan dengan mudah sebab saat ini kita bisa mengecek nama penerima kartu KIP secara online.

 

# CARA CEK KARTU KIP SECARA MANDIRI DAN ONLINE

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana sih cara melihat apakah saya (siswa) memiliki kartu KIP atau tidak, maka anda bisa mengeceknya secara mandiri dan hanya butuh paket data untuk bisa mengeceknya sebab hal itu hanya dapat dilakukan secara online.

 

Jika selama ini anda tidak pernah mendapatkan kartu KIP namun sebenarnya anda merupakan pemilik kartu KIP, maka admin menyarankan agar anda mengecek data diri anda apakah masuk sebagai penerima kartu KIP atau bukan penerima. Apabila anda merupakan penerima kartu KIP maka anda seharusnya merupakan orang yang berhak untuk bisa memperoleh bantuan PIP dari pemerintah yang akan di berikan dalam bentuk uang tunai.

 

Baiklah berikut ini cara cek penerima kartu KIP secara online :

1.     Pertama silahkan anda kunjungi alamat di bawah ini :

https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1/cek_nisn

2.     Jika telah berhasil membuka alamat diatas maka akan tampil seperti tampak pada gambar di bawah ini :



3.     Untuk bisa mengetahui apakah anda merupakan pemilik kartu KIP atau bukan maka silahkan isikan kolom sesuai permintaan:

·         Kolom pertama, isikan dengan nomor NISN siswa

·         Kolom kedua, isikan dengan nomor NIK siswa

·         Kolom ketiga, tuliskan hasil perhitungan sesuai petujuk kolom yang ada di atasnya

·         Terakhir silahkan klik “Cek Penerima PIP”

4.     Apabila anda merupakan pemilik/penerima kartu KIP maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :



5.     Apabila anda bukan pemilik/penerima kartu KIP maka akan muncul seperti tampak pada gambar di bawah ini :


6.     Selesai.

 

Nah, itulah diatas penjelasan tentang bagaimana cara mudah untuk mengecek apakah anda pemilik atau penerima kartu KIP atau bukan penerima kartu KIP. Dengan anda memeriksa kepemilikan kartu KIP secara mandiri maka akan dapat memuaskan keninginan anda untuk melihat data kepemilikan kartu KIP yang mungkin selama ini ingin untuk anda ketahui.

 

Postingan ini admin sengaja buat agar bisa menjadi pengetahuan yang berguna baik bagi siswa-siswi di sekolah maupun bagi para orang tua/wali murid sehingga dapat mengetahui dengan jelas tentang cara melihat kepemilikan kartu KIP siswa di sekolah.

Demikianlah informasi ini admin buat, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel