Cara Cek Penerima PIP Secara Mandiri Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Cara mengecek penerima bantuan PIP secara mandiri oleh siswa melalui sipintar.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada blog pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan. Pada postingan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan ulasan dan pembahasan seputar bantuan program Indonesia pintar atau yang biasa di sebut dengan PIP.

 

Bagi anda yang merupakan siswa tak mampu atau siswa yang berasal dari keluarga rentan miskin maka anda seharusnya memiliki hak untuk bisa mendapatkan bantuan PIP sebab perlu untuk di ketahui bahwa bantuan PIP merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk uang tunai yang di peruntukkan bagi setiap siswa yang berasal dari keluarga miskin atau yang keluarganya telah terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

 

Pada postingan-postingan sebelumnya admin kherysuryawan telah banyak sekali membagikan informasi seputar bantuan PIP dan juga penerima KIP. Biasanya siswa yang memiliki kartu KIP secara otomatis akan mendapatkan bantuan PIP namun dengan catatan bahwa data siswa pemilik KIP telah di input secara benar di aplikasi dapodik sekolah sebab untuk mendapatkan bantuan PIP maka harus terdaftar dalam aplikasi dapodik sekolah.

 

Apa saja tujuan dari di berikannya bantuan PIP, berikut ini pejelasannya :

 

# TUJUAN PIP

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung

 

Apakah semua siswa yang telah memiliki kartu KIP akan menerimakan PIP ? Jawabannya adalah tidak semua dapat memperoleh bantuan PIP apabila ada persyaratan yang tidak dipenuhi.

Salah satu juga penyebab siswa sering tidak mendapatkan bantuan PIP meskipun telah memiliki kartu KIP yaitu ada kesalahan data yang terjadi antara data yang ada di dapodik sekolah tidak sesuai dengan data yang ada di kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil). Apabila ada data siswa yang dinyatakan tidak valid antara data di dapodik dan data yang ada di dukcapil maka akan menjadi salah satu penyebab siswa tidak bisa menerimakan bentuan PIP meskipun siswa tersebut telah memiliki kartu KIP.

 

# SYARAT PENERIMA BANTUAN PIP

Apa saja sih prosedur untuk dapat menerimakan bantuan PIP, berikut ini syarat bagi penerima bantuan PIP :

·         Peserta Didik pemegang KIP

·         Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

-        Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

-        Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan

-        Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera

-        Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan

-        Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam

-        Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah

-        Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah

-        Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

 

Siswa penerima bantuan PIP merupakan siswa aktif yang masih dinyatakan bersekolah di satuan pendidikan seperti di sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK. Secara umum untuk mengetahui daftar nama-nama penerima bantuan PIP maka dapat di ketahui melalui pihak sekolah. Namun sebenarnya untuk bisa mengetahui nama penerima bantuan PIP secara perorangan maka dapat dilihat sendiri tanpa harus menunggu informasi dari pihak sekolah.

 

Mengapa kita perlu untuk melakukan cek penerima bantuan PIP secara mandiri ? biasanya ada saja sekolah yang telat memberikan informasi tentang nama-nama penerima bantuan PIP sehingga terkadang ditakutkan jika daftar penerima bantuan PIP terlambat melakukan pencairan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan di dalam SK penerima bantuan PIP maka dana bantuan PIP tersebut dinyatakan hangus atau di kembalikan kepusat olehnya itu sangat penting untuk di ketahui tentang bagaimana cara melakukan pengecekan tentang status penerimaan bantuan PIP secara mandiri.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan berusaha untuk membantu para siswa ataupun wali murid yang ingin mengetahui tentang bagaimana melakukan cek status pencairan PIP secara mandiri. Sebagai informasi tambahan bahwa bagi siapapun yang ingin melakukan cek penerima bantuan PIP secara mandiri maka dapat dilakukan dengan cara online yaitu dengan menggunakan jaringan internet sehingga sangat disarankan agar siapapun yang akan melakukan pengecekan bantuan PIP untuk bisa menyiapkan data internetnya.

 

Dengan mengetahui daftar penerima bantuan PIP secara mandiri maka tentunya akan sangat menguntungkan sebab dapat mengetahui informasi yang valid tentang status dirinya apakah masuk sebagai penerima bantuan PIP atau tidak masuk.

 

Adapun informasi yang akan dapatkan saat melakukan cek penerima bantuan PIP secara mandiri ini yaitu anda akan melihat data penerima bantuan PIP dari tahun yang lama atau tahun-tahun sebelumnya hingga tahun sekarang ini yang sedang berjalan. Data penerima PIP akan selalu di update sesuai dengan SK penetapan penerima PIP dan anda dapat mengeceknya secara mandiri.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa melakukan cek penerima bantuan PIP secara mandiri :

 

# CARA CEK PENERIMA BANTUAN PIP SECARA MANDIRI OLEH SISWA SECARA ONLINE

·       Langkah pertama silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1



·       Selanjutnya pada bagian “Cari Penerima PIP” silahkan Isikan NISN dan NIK, lalu isikan Hasil yang diminta sistem, lalu klik Cek Penerima PIP. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:



·       Apabila seluruh data telah dimasukkan dengan benar maka bisa diketahui apakah termasuk penerima PIP atau bukan. Termasuk sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar atau bukan. Jika tercatat sebagai penerima PIP, (Tampak seperti gambar dibawah ini). Jika anda merupakan penerima PIP maka silahkan konfirmasikan ke sekolah untuk dibuatkan Surat rekomendasi Penerima PIP dari sekolah agar bisa melakukan pencairan bantuan PIP tersebut.

 


Bagaimana sangat mudah bukan untuk melakukan pengecekan data penerima PIP secara mandiri, perlu untuk di ketahui bahwa cara yang telah admin kherysuryawan sampaikan diatas dapat dilakukan apabila data siswa yang akan di cek merupakan data siswa yang aktif bersekolah baik itu yang sementara bersekolah di sekolah SD, SMP, SMA maupun di SMK.

 

Demikianlah informasi ini admin sampaikan, semoga bisa membantu para siswa ataupun para wali murid yang ingin mengetahui cara melakukan penecekkan data penerima bantuan PIP secara mandiri.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel