-->

2 Cara Cek Bantuan PIP Siswa Secara Langsung

Kherysuryawan.id – Ada 2 langkah yang bisa di tempuh oleh siswa penerima bantuan PIP jika ingin melakukan cek data penerima bantuan PIP secara langsung dan melalui system online.

Bantuan PIP merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar dan juga bagi siswa yang belum memiliki kartu Indonesia pintar namun masuk sebagai usulan siswa yang layak untuk menerimakan bantuan PIP.

 

Memang tidak semua siswa bisa menerimakan bantuan PIP sebab bantuan PIP hanya di peruntukkan bagi siswa yang masuk dalam daftar keluarga yang kurang mampu. Meskipun saat ini banyak sekali siswa yang menerimakan bantuan PIP namun untuk mengetahui apakah anda masuk sebagai salah satu penerimanya maka anda wajib melakukan cek data penerima bantuan PIP.

 

Nominal bantuan PIP untuk setiap siswa jumlahnya berbeda-beda di setiap jenjang Pendidikan. siswa jenjang sekolah dasar mendapatkan bantuan dengan nominal yang lebih kecil dari siswa yang ada pada jenjang SMP begitu juga siswa yang berada di jenjang SMP mendapatkan bantuan PIP dengan nominal yang lebih kecil dari siswa yang duduk di bangku SMA/SMK. Intinya bahwa semakin tinggi jenjang sekolah maka semakin besar pula jumlah bantuan PIP yang akan di terimakan.

 

Bantuan PIP Merupakan bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai, dengan tujuan untuk memberikan perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Nantinya bantuan PIP yang telah di terimakan dapat dipakai untuk membeli kebutuhan sekolah dan lainnya yang tentunya bisa membantu orang tua agar tidak lagi kesulitan dalam membiayai dan memenuhi kebutuhan sekolah anaknya.

 

Dengan adanya bantuan PIP maka diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak lagi sekolah hanya karena alasan tidak memiliki biaya sekolah. Meskipun saat ini masih banyak juga anak sekolah yang beraal dari keluarga yang kurang mampu serta belum mendapatkan bantuan PIP namun dengan adanya usaha dari orang tua siswa untuk melaporkan keadaan keluarganya kepada pihak sekolah maka nantinya sekolah dapat mengusulkan siswa tersebut agar masuk sebagai calon penerima bantuan PIP.

 

Nah bagi anda yang mungkin penasaran untuk mengetahui apakah anda masuk sebagai penerima bantuan PIP di sekolah anda maka anda harus bisa dan mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cek bantuan PIP secara langsung tanpa melalui perantara.

 

Cara yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini yaitu cara mudah untuk melakukan cek nama atau data penerima PIP di setiap tahunnya dan dapat dilakukan langsung oleh siswa itu sendiri atau bisa juga di cek langsung oleh orang tua atau wali siswa yang bersangkutan.

 

Perlu di pahami bahwa untuk melakukan cek data penerima bantuan PIP ini maka anda harus memiliki data yang sesuai dengan data yang akan di butuhkan nantinya ketika anda melakukan cek bantuan PIP diantaranya yaitu anda harus memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) sebagai syarat untuk melakukan cek bantuan PIP sebab nomor KIP menjadi salah satu yang menjadi persyaratan yang harus diinputkan saat akan melakukan cek bantuan PIP.

 

Cara untuk melakukan cek bantuan PIP ini dapat anda lakukan secara online baik dengan menggunakan computer/laptop atau dapat juga anda lakukan dengan menggunakan HP android. Yang terpenting adalah anda harus terhubung dengan jaringan internet dan data yang anda masukkan harus sesuai agar valid dan terbaca oleh system.

 

Baiklah berikut ini 2 cara yang bisa anda coba untuk melakukan cek bantuan PIP secara langsung.

# CARA 1

-          Cara pertama ini anda dapat mengunjungi alamat berikut ini : https://jaga.id



-          Kemudian silahkan anda klik menu “Pendidikan”

-          Lalu pilih layanan public sebagai “Pendidikan”,

-          Pilih kategori sesuai jenjang Pendidikan (Sebagai contoh jika anda adalah siswa SMP maka pilih kategori SMP)

-          Tuliskan nama sekolah anda pada kolom nama sekolah

-          Tuliskan nama kabupaten atau kota anda pada kolom wilayah

-          Selanjutnya klik tampilkan

-          Selanjutnya akan muncul nama sekolah yang anda maksud, dan silahkan klik nama sekolah tersebut

-          Kemudian pilih menu “Program PIP”

-          Silahkan masukkan nomor KIP anda

-          Dan klik “Cari”

-          Data akan ditampilkan jika anda termasuk sebagai penerima PIP

 

#CARA 2

-          Cara kedua ini anda bisa mengunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id



-          Silahkan anda masukkan nomor NISN anda pada kolom NISN

-          Masukkan tanggal bulan dan tahun lahir anda pada kolom yang tersedia

-          Ketikkan nama ibu anda pada pada kolom nama ibu kandung

-          Klik “CARI”

-          Data akan ditampilkan jika anda termasuk sebagai penerima bantuan PIP

 

Bagi anda yang mungkin ingin mencoba untuk melakukan cek data penerima PIP secara langsung dan mudah maka anda bisa mengikuti penjelasan diatas, dan anda bisa mencoba salah satu dari cara diatas untuk bisa melakukan cek data penerima PIP dan untuk memastikan apakah di tahun ini anda masuk sebagai penerima bantuan PIP disekolah anda.

 

Demikianlah informasi kali ini, semoga apa yang bisa saya sampaikan melalui postingan ini bisa menjadi bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Jangan lupa untuk membaca postingan lainnya yang juga berhubungan dengan bantuan PIP agar anda memiliki benyak referensi dalam memahami tentang bantuan PIP.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel